37 Perusahaan Kripto yang Lakukan PHK Massal 2022

Nabiila Putri Caesari

5th December, 2022

Berbagai masalah di tahun 2022 ini menjadi tantangan berat bagi industri kripto. Dimulai dari penurunan harga Bitcoin, runtuhnya beberapa perusahaan kripto, hingga kondisi crypto winter yang melanda.

Kondisi tersbeut pun membuat perusahaan-perusahaan kripto melakukan berbagai cara agar dapat bertahan, salah satunya adalah dengan melakukan PHK massal untuk mengurangi beban keuangan dan operasional. Berikut ini daftar perusahaan kripto yang melakukan PHK massal di tahun 2022.

BitMEX

Pertukaran kripto BitMEX telah memberhentikan sebanyak 75 pekerja pada 4 April 2022, setelah rencana perusahaan yang gagal dalam membeli salah satu bank tertua di Jerman.

PHK dilakukan sejak akhir April dan jumlahnya sekitar 25% dari tenaga kerja BitMEX. Setelah dilakukan PHK, jumlah karyawan global BitMEX yang berbasis di Seychelles hanya tersisa 225 orang, bersumber dari Coindesk.

Kemudian, pada 2 November 2022, BitMEX kembali memangkas 20% pegawainya, atau sekitar 53 karyawan.

Buenbit

Pertukaran kripto yang berbasis di Argentina, Buenbit telah memberhentikan sebanyak 45% sekitar 80 orang pegawainya pada 24 Mei 2022. Menurut perusahaan, tim Buenbit sekarang terdiri dari 100 orang di seluruh operasinya di Argentina, Meksiko, dan Peru.

CEO Buenbit, Federico Ogue, mengatakan dalam utas Twitter-nya bahwa keputusan tersebut dibuat dengan tujuan “perbaikan global” yang telah dilakukan oleh industri teknologi dan menambahkan rencana pengurangan yang telah dikerjakan perusahaan selama berbulan-bulan. 

Bitso

Pertukaran kripto Amerika Latin, Bitso, telah memberhentikan 80 karyawannya pada 26 Mei 2022. 

Bitso merupakan pertukaran kripto global yang didirikan pada tahun 2014 di Meksiko. Sementara, PHK Bitso terjadi pada dua hari setelah Buenbit, pertukaran kripto yang berbasis di Argentina memberhentikan 45% karyawannya.

Gemini

Pertukaran kripto Gemini memberhentikan sekitar 10% karyawannya pada 2 Juni 2022, disebabkan karena gejolak yang terjadi di pasar, sehingga perusahaan harus tetap bertahan untuk beberapa waktu yang ditentukan. 

Rain 

Pertukaran kripto Rain yang didukung oleh Coinbase dan berbasis di Bahrain, telah memberhentikan puluhan karyawannya pada 2 Juni 2022 lalu, menurut laporan dari Bloomberg 

Pemutusan karyawan ini dilakukan mengingat harga kripto terus mengalami penurunan yang berkepanjangan. Sementara, diketahui bahwa Rain memiliki sekitar 251 hingga 500 karyawan, data dari Crunchbase, sedangkan LinkedIn mencatat jumlahnya sekitar 501 hingga 1.000 karyawan.

2TM 

2TM merupakan perusahaan induk dari Mercado Bitcoin, salah satu pertukaran kripto terbesar di Brasil berdasarkan penilaian pasar. Bursa ini telah memberhentikan lebih dari 80 karyawannya pada 3 Juni 2022. 

Kemudian 2TM melanjutkan PHK pada karyawannya kepada a100 karyawan pada 1 September 2022 lalu.

Menurut halaman LinkedIn-nya, Mercado Bitcoin Market memiliki lebih dari 580 karyawan, sedangkan 2TM memiliki lebih dari 80 karyawan. Perusahaan juga mengatakan bahwa PHK dilakukan untuk melampaui pengurangan biaya operasional.

Coinbase

Coinbase Global (COIN) telah memberhentikan sekitar 1.100 karyawan sebagai bagian dari rencana pemotongan biaya perusahaan pada 14 Juni 2022. 

Sebelumnya memang perusahaan telah merencanakan untuk memangkas karyawannya sekitar 18% pada 10 Juni 2022, sehingga hanya memiliki 5.000 total karyawan pada akhir kuartal saat itu.

CEO Coinbase, Brian Armstrong, mengatakan bahwa pemangkasan karyawan tersebut dilakukan karena perusahaan “tumbuh terlalu cepat”, melansir dari Coindesk.

Kemudian pada 10 November 2022 Coinbase kembali  mengurangi sekitar 60 karyawannya di tengah penurunan industri yang sedang berlangsung.

Bitpanda

Platform perdagangkan kripto yang berbasis di Austria, Bitpanda, telah memangkas 730 karyawannya pada 24 Juni 2022, berdasarkan data dari Linkedin, perusahaan tersebut diketahui memiliki 1.000 karyawan pada saat itu.

Banxa

Bursa kripto Australia, Banxa, yang telah memangkas karyawannya hingga 30% (sekitar 70 karyawan pada 27 Juni 2022), hal ini dilakukan demi mengantisipasi penurunan tajam pasar dari kondisi bear market.

Huobi Global

Pertukaran kripto, Huobi Global, memangkas lebih dari 30% atau 300 karyawannya yang berjumlah 1.000 pada 28 Juni 2022. PHK ini dilakukan karena China melarang kripto yang pada akhirnya mempengaruhi pendapatan Huobi.

Baca juga: Sederet Platform Mining Ini Ditutup Akibat Tindakan Keras Cina

Ignite

Ignite, perusahaan yang awalnya mendirikan ekosistem Blockchain Cosmos, telah melakukan PHK sejumlah 50% dari total karyawannya, pada 1 Juli 2022, laporan dari Coindesk.

Diketahui bahwa pengurangan tenaga kerja Ignite tidak hanya berasal dari kondisi bear market pada saat itu, namun juga terjadi karena faktor internal perusahaan.

Celsius

Perusahaan simpan pinjam kripto, Celsius, telah memberhentikan sekitar 150 karyawannya pada 4 Juli 2022, untuk memerangi krisis keuangan yang membuatnya menghentikan penarikan pelanggan pada saat itu. 

Diketahui bahwa Perusahaan memiliki sekitar 650 anggota staf yang terdaftar di LinkedIn, termasuk eksekutif, yang berarti 23% dari jumlah karyawan di perusahaan terpengaruh.

Sementara, PHK terjadi di tengah ketidakpastian bagi perusahaan karena menghadapi kemungkinan kebangkrutan. Pada bulan Juni 2022 lalu, Celsius menghentikan penarikan dengan alasan “kondisi pasar yang ekstrem” dan sejak itu menyewa spesialis restrukturisasi, melansir dari Coindesk.

Baca juga: Celsius Terus Berjuang, Bagaimana Nasibnya?

Bullish.com

Pertukaran kripto yang berbasis di Kepulauan Cayman, yakni Bullish.com telah menjadi salah satu daftar panjang perusahaan kripto yang melakukan PHK.

Pada 5 Juli 2022, Bullish.com telah memberhentikan kurang lebih sekitar 30 pekerjanya, dengan hanya mempekerjakan sekitar 270 orang, dari data LinkedIn.

Compass Mining

Perusahaan penambangan Bitcoin (BTC), Compass Mining, telah memangkas sekitar 15% karyawannya pada 7 Juli 2022, dan telah memotong kompensasi eksekutif untuk mengatasi penurunan kripto.

Sementara, diketahui bahwa Compass Mining memiliki lebih dari 80 karyawan, menurut profil LinkedIn-nya pada saat itu.

Baca juga: Compass Mining Terbitkan Produk Mining di Rumah! Ini Rincian Harganya

Opensea

Pasar NFT (NonFungible Token) OpenSea telah memberhentikan sekitar 20% karyawannya pada 14 Juli 2022. 

PHK dilakukan karena perusahaan sedang menghadapi kondisi krisis pada volume OpenSea saat itu, dan diikuti crypto winter yang juga terjadi secara bersamaan.

Baca juga: Coinbase dan Opensea Masuk Top 10 Perusahaan di 2022

Blockchain.com

Perusahaan kripto, Blockchain.com, telah memberhentikan 25% stafnya, yaitu sekitar 150 pekerjanya, pada 21 Juli 2022, dengan alasan kondisi pasar yang buruk.

Blockchain.com adalah salah satu dari banyak perusahaan yang terjebak dalam kejatuhan crypto hedge fund, Three Arrows Capital.

CoinFLEX

Pertukaran kripto CoinFLEX telah memangkas 50% hingga 60% karyawannya pada 29 Juli 2022, dengan alasan untuk memangkas biaya dan fokus pada bisnis intinya. Sementara, karyawan yang tersisa sebagian besar fokus pada produk dan teknologinya saja, dalam postingan CoinFLEX.

Robinhood

Broker perdagangan online, Robinhood (HOOD) telah memotong jumlah karyawan sebanyak 780 karyawan, atau sekitar 23% pada 2 Agustus 2022, untuk mengurangi biaya di tengah penurunan pengguna aktif bulanan dalam platform

Ini merupakan PHK putaran kedua bagi perseroan pada tahun 2022, sebelumnya perusahaan telah memangkas 9% dari tenaga kerjanya, melansir dari Coindesk.

Baca juga: Tagih Saham Robinhood, BlockFi Gugat Mantan CEO FTX

Core Scientific

Perusahaan penambang kripto, Core Scientific (CORZ) memangkas 10% stafnya pada 11 Agustus 2022 dan telah mengurangi nilai asetnya karena penurunan kripto yang terus menyeret industri. Pada Juli 2022, Core menjual lebih banyak bitcoin daripada yang ditambang, sebagian untuk mengimbangi biaya.

Baca juga: Mining Bitcoin Makin Sulit, Pendapatan Miner Terus Turun

Genesis 

Perusahaan Genesis memangkas 20% dari 260 orang tenaga kerjanya pada 17 Agustus 2022, karena salah satu dampak dari kerugian besar terkait dengan runtuhnya Three Arrows Capital (3AC).

Baca juga: Kebangkrutan Genesis Trading Bisa Picu Hancurnya Pasar Kripto?

Snap (SNAP) 

Sosial media Snap (SNAP) telah memberhentikan 20% anggota tim Web3 atau sekitar 1.459 karyawan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memangkas biaya dalam menghadapi penurunan yang tajam.

TrueLayer

Perusahaan startup kripto, TrueLayer telah memangkas 10% stafnya, atau sekitar 45 karyawan, pada 6 September 2022

TrueLayer merupakan bisnis yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara mata uang fiat dan kripto dengan menyediakan infrastruktur untuk perusahaan seperti Revolut, yang menawarkan layanan perbankan, dan MoonPay, sebuah platform yang memungkinkan pengguna membeli dan menjual kripto.

Stakefish

Setelah The Merge Ethereum terjadi, PHK massal diberlakukan oleh stakefish yang karyawannya berkurang sekitar 25% pada 23 September 2022.

Melansir dari CoinDesk, para pekerja tidak diberi tahu bahwa mereka akan diberhentikan dari stakefish sampai beberapa hari sebelum tanggal penghentian mereka.

Bursa Kripto WazirX

Pertukaran kripto India WazirX memberhentikan sekitar 40% atau sekitar 50 hingga 70 karyawan pada 1 Oktober 2022. Adapun alasan pemutusan tersebut karena kondisi bear market kripto yang memperlambat ekonomi global.

Crypto.com

Pertukaran kripto, Crypto.com menyusut sebanyak 2.000 karyawan , sekitar 30%-40% staf pada 6 Oktober 2022, PHK dilakukan selama pasar bearish.

Market Maker GSR

Pembuat pasar kripto, GSR memberhentikan pegawainya karena sebagai bagian dari perubahan struktural pada kuartal ketiga. Pemutusan ini terjadi pada 11 Oktober 2022, sehingga memangkas staf sebesar 10%, atau sekitar 30 karyawan. Sementara situs web GSR memiliki 300 karyawan di seluruh dunia.

NYDIG

Perusahaan layanan Bitcoin NYDIG telah memberhentikan sekitar 110 orang, atau sekitar 33% stafnya pada 13 Oktober 2022. 

Alasannya karena NYDIG mengumpulkan dana sebesar $1 miliar untuk membangun platform bitcoin tingkat institusional, namun upayanya tersebut tidak tercapai karena harga Bitcoin turun hingga di bawah $20.000 per koin, penurunan 70% dari level tertinggi sepanjang masa November 2021 sekitar $67.500. 

Baca Juga: Pajak Kripto Indonesia Hasilkan Pendapatan Ratusan Miliar! 

Galaxy Digital

Galaxy Digital (GLXY) merupakan perusahaan layanan keuangan yang berfokus pada kripto yang dijalankan oleh investor terkenal Michael Novogratz, memangkas setidaknya seperlima tenaga kerja globalnya atau diperkirakan 170 karyawannya pada 1 November 2022.

Digital Currency Group

Perusahan modal ventura kripto, Digital Currency Group (DGC) telah memangkas hampir 13% karyawannya pada 2 November 2022. Sekitar 10 karyawan meninggalkan perusahaan yang berbasis di Stamford, Connecticut, sehingga jumlah karyawannya menjadi 66, menurut laporan dari Coindesk.

Dapper Labs

Dapper Labs, merupakan perusahan yang membuat pasar NFT NBA Top Shot. Perusahaan ini telah memberhentikan 22% stafnya, sekitar 135 anggota staf pada 2 November 2022, dengan alasan krisis ekonomi makro.

Selain itu, Volume penjualan NBA Top Shot Dapper Labs turun menjadi $2,6 juta dari $224 juta pada Februari 2021, bersumber dari Coindesk

Stripe

Perusahaan pemrosesan pembayaran kripto, Stripe memangkas lebih dari 1.000 karyawan atau 14% stafnya pada 3 November 2022, menurut laporan dari CEO perusahaan Patrick Collison.

Stripe merupakan perusahaan startup yang telah memimpin adopsi kripto di antara perusahaan pembayaran dengan memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dalam stablecoin USDC dan bermitra dengan OpenNode untuk pembayaran fiat-ke-bitcoin.

Mythical Games

Studio game Web3, Mythical Games telah memecat 10% stafnya (diperkirakan 32 orang) pada 4 November 2022. Sementara, dalam halaman LinkedIn Mythical mengatakan bahwa perusahaan memiliki sekitar 320 karyawan pada saat itu.

Perusahaan mengutip penurunan ekonomi, kemungkinan diperburuk oleh kondisi crypto winter yang berkepanjangan sehingga menjadi salah satu alasan PHK.

Meta

Induk perusahaan Facebook, yakni Meta Platforms (META) mengumumkan pada 9 November bahwa mereka memberhentikan lebih dari 11.000 karyawan, atau sekitar 13% dari tenaga kerjanya.

Raksasa media sosial itu mengatakan PHK terjadi di seluruh aplikasi dan segmen Reality Labs. Meta juga mengatakan bahwa kerugian operasional Reality Labs pada tahun 2023 akan terus tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Meta (Facebook) akan Lakukan PHK Massal Pekan Ini!

Unchained Capital

Unchained Capital, yang telah memangkas staf sebesar 15% atau sekitar 638 orang 18 November 2022.

Lemon Cash

Pertukaran kripto yang beroperasi di Argentina dan Brasil, telah memangkas 38% tenaga kerjanya atau sekitar 100 karyawan dari daftar 296 karyawannya pada 24 November 2022. Dikarenakan kondisi crypto winter yang berkepanjangan membuat pertumbuhan perusahaan terhenti.

Kraken

Di tengah kondisi crypto winter, salah satu pertukaran kripto Kraken juga ikut memberhentikan 30% dari staf globalnya atau sekitar 1.100 orang  pada 30 November 2022.

Itu dia daftar dari perusahan-perusahaan industri kripto yang melakukan PHK massal terhadap karyawannya di tahun 2022.

Bybit

Pada 04 November 2022, Bybit kembali mengumumkan PHK massal untuk kedua kalinya pada tahun 2022. Reporter independen Colin Wu melaporkan bahwa rasio PHK adalah 30% dan karyawan yang terkena dampak akan menerima gaji selama tiga bulan.

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.