Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Kamus Kripto

A

AMM (Automated Market Maker)

AMM (Automated Market Maker) atau Pembuat Pasar Otomatis adalah kumpulan perdagangan aset terdesentralisasi yang memungkinkan peserta pasar untuk membeli atau menjual mata uang kripto.

APY

APY atau Annual Percentage Yield adalah ukuran tingkat pengembalian tahunan atas suatu investasi.

Aave

Aave adalah platform DeFi di Ethereum untuk meminjamkan dan meminjam mata uang kripto, yang dikenal dengan fitur flash loans.

Algoritma Hashing

Algoritma Hashing adalah semacam kode rahasia agar data tetap aman dan memastikan tidak ada seorang pun yang dapat mengubahnya tanpa kita sadari, seperti memberikan kunci khusus pada setiap informasi yang tidak dapat dengan mudah dibuka atau dirusak.

Arbitrase

Arbitrase adalah suatu proses perdagangan yang memanfaatkan perbedaan harga pada bursa yang sama atau berbeda. Tujuannya untuk memperoleh keuntungan.

Asic Resistance

Asic Resistance mengacu pada mata uang kripto yang tidak bisa ditambang menggunakan Asic. Ini diciptakan agar sirkuit penambangan itu tidak mendominasi mining kripto.

B

BEP Unit

BEP Unit adalah jumlah unit yang harus dijual agar mencapai titik impas tersebut. Untuk menghitungnya, kita perlu tahu biaya tetap, biaya variabel per unit, dan harga jual per unit

Balancer

Balancer adalah protokol Automated Market Maker (AMM) berbasis Ethereum yang berfungsi sebagai pertukaran terdesentralisasi (DEx) dan alat manajemen portofolio “self balancing”.

Blockchain Privat

Blockchain Privat adalah blockchain yang partisipasinya dibatasi oleh otoritas pusat. Berbeda dengan blockchain publik, tidak semua orang bisa bergabung, membaca, atau menulis ke blockchain pribadi. Sering digunakan oleh bisnis untuk keperluan internal karena peningkatan privasi dan kontrol.

Blockchain Publik

Blockchain Publik adalah blockchain terdesentralisasi yang dapat diakses dan digunakan oleh siapa pun tanpa batasan. Keamanan dan konsensus blockchain ini dijaga oleh jaringan node yang terdistribusi.

Blok Transaksi

Blok Transaksi adalah transaksi yang dikelompokkan dengan transaksi lain dan dicatat dalam satu blok di blockchain. Setiap blok berisi serangkaian transaksi yang dikonfirmasi dan ditambahkan ke buku besar blockchain.

C

CEX

CEX atau Centralized Exchange adalah sebuah platform tempat pengguna dapat membeli dan menjual mata uang kripto, dioperasikan dan diawasi oleh entitas terpusat, bukan bursa terdesentralisasi (DEX).

CeFi (Centralized Finance)

CeFi (Centralized Finance) adalah layanan keuangan yang ditawarkan oleh entitas terpusat, termasuk bank tradisional atau bursa kripto terpusat, di mana transaksi dan operasi diawasi dan dikendalikan oleh satu organisasi.

Cloud Mining

Cloud Mining adalah layanan di mana miner menyewa daya komputasi dari pusat data jarak jauh untuk menambang mata uang kripto, tanpa perlu memiliki perlu memiliki perangkat keras penambangan yang dikenal mahal.

Collateralization

Collateralization atau agunan adalah proses menawarkan satu jenis aset (bisa berupa properti, mata uang fiat, mata uang kripto, komoditas, atau apa pun yang memiliki nilai) untuk menerima pinjaman dalam aset yang berbeda.

Compound

Compound adalah protokol terdesentralisasi berbasis blockchain yang memungkinkan investor meminjamkan dan meminjam kripto dan memiliki suara dalam tata kelolanya dengan token COMP aslinya.

Compound Interest

Compound Interest adalah proses dimana bunga yang diperoleh dari investasi awal (pokok) diinvestasikan kembali, sehingga memungkinkan bunga diperoleh dari bunga itu sendiri seiring berjalannya waktu, sehingga menghasilkan pertumbuhan eksponensial.

Curve

Curve adalah platform AMM yang berspesialisasi dalam pertukaran token yang efisien dengan biaya rendah dan slippage dengan berfokus pada kumpulan likuiditas aset serupa.

D

DAO

DAO atau Distributed Autonomous Organization adalah sebuah organisasi terdesentralisasi yang diatur oleh smart contract di blockchain. Anggota mengambil keputusan secara kolektif tanpa otoritas terpusat.

DEX

DEX atau Decentralized Exchange adalah sebuah platform untuk perdagangan mata uang kripto langsung tanpa perantara, menggunakan _smart contract _blockchain.

DeFi Aggregator

DeFi Aggregator adalah sebuah platform yang menggabungkan perdagangan dari berbagai platform keuangan terdesentralisasi (DeFi), menyederhanakan perdagangan mata uang kripto dan menghemat waktu pengguna.

Delegated Fund DAO

Delegated Fund DAO adalah DAO di mana anggotanya menugaskan hak suara atau dana mereka kepada perwakilan terpilih untuk pengambilan keputusan dalam kerangka blockchain.

Delegation

Delegation atau delegasi dalam konteks kripto adalah memberikan kepercayaan pada pihak ketiga untuk memberikan hak suara dalam sistem PoS atau DPoS, untuk berpartisipasi dalam konsensus atau mendapatkan imbalan tanpa menjalankan node.

E

ERC-20

ERC-20 adalah standar yang diadopsi secara luas untuk membuat dan mengimplementasikan token pada blockchain Ethereum.

F

FOMO

FOMO adalah ketakutan akan kehilangan potensi keuntungan atau peluang, sering kali mengarah pada tindakan impulsif.

Fair Launch

Fair Launch adalah distribusi token baru yang transparan dan setara, yang mana_ developer_ token tidak mengambil untung dengan cara curang.

Fiat

Fiat adalah mata uang yang diterbitkan pemerintah tidak didukung oleh aset fisik, seperti Dolar AS atau Euro.

Flash Loans

Flash Loans adalah pinjaman tanpa jaminan yang memungkinkan pengguna meminjam aset tanpa jaminan di muka, asalkan mereka membayar kembali pinjaman tersebut dalam transaksi blockchain yang sama.

Floating Loss

Floating Loss adalah kerugian yang belum direalisasi atas suatu aset, yang merupakan selisih antara nilai pasar saat ini dan harga pembelian.

Forced Liquidation

Forced Liquidation adalah waktu di mana terjadi ketika investor trader tidak dapat memenuhi persyaratan margin untuk posisi leverage. Konsep likuidasi berlaku untuk perdagangan berjangka dan margin.

G

Gas Fee

Gas Fee adalah biaya pemrosesan transaksi di dalam blockchain dan dibayar dengan kripto.

Governance

Governance berarti tata kelola, dalam kripto ini adalah bagaimana aturan dan keputusan dibuat untuk jaringan blockchain atau mata uang kripto.

Governance Token

Governance Token atau token tata kelola adalah aset digital yang memberi pemegangnya hak untuk memberikan suara pada proposal dan keputusan mengenai pengembangan dan aturan organisasi terdesentralisasi atau protokol blockchain.

H

Halving Bitcoin

Halving Bitcoin Halving Bitcoin adalah peristiwa di mana jumlah hadiah BTC yang dihasilkan per blok berkurang sebesar 50%, atau dipotong setengahnya.

Hard Fork

Hard Fork adalah percabangan dari blockchain. Hal ini terjadi ketika pengguna blockchain tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai perubahan aturan atau peningkatan pada blockchain. Contoh hard fork paling terkenal adalah Ethereum dan Ethereum Classic.

Hardware Wallet

Hardware Wallet adalah dompet kripto perangkat fisik yang menyimpan kunci pribadi secara offline, ini menjadikannya lebih aman dan tahan terhadap peretasan dan serangan siber karena tidak terhubung ke internet.

Hodl

Hodl adalah istilah yang di kripto yang mendorong orang lain agar tetap mempertahankan investasinya meskipun terjadi gejolak pasar.

Hodler

Hodler adalah seseorang yang memegang investasi mata uang kripto untuk jangka waktu lama, terlepas dari fluktuasi pasar atau volatilitas harga.

I

IDR

IDR (Indonesia Rupiah) adalah simbol dari mata uang resmi Indonesia yang diterbitkan dan dikendalikan oleh Bank Indonesia.

Immutability

Immutability atau secara harfiah berarti kekal dalam konteks blockchain adalah kemampuan blockchain untuk tetap tidak berubah. Setiap blok informasi, seperti fakta atau rincian transaksi, dijalankan dengan bantuan prinsip kriptografi atau nilai hash.

Indeks

Indeks adalah sekelompok atau sekeranjang sekuritas, derivatif, atau instrumen keuangan lainnya yang mewakili dan mengukur kinerja pasar, kelas aset, sektor pasar, atau strategi investasi tertentu.

Initial Coin Offering (ICO)

Initial Coin Offering (ICO) adalah acara di mana perusahaan menjual mata uang kripto baru untuk mengumpulkan uang. Investor menerima aset kripto sebagai imbalan atas kontribusi keuangan mereka

InterPlanetary File System (IPFS)

InterPlanetary File System (IPFS) adalah protokol penyimpanan file terdistribusi yang memungkinkan komputer di seluruh dunia menyimpan dan menyajikan file sebagai bagian dari jaringan peer-to-peer raksasa. Komputer mana pun, di mana pun di dunia, dapat mengunduh perangkat lunak IPFS dan mulai menghosting serta menyajikan file.

Investor Institusi

Investor Institusional dalam kripto mengacu pada lembaga profesional atau keuangan (misalnya, hedge fund, bank, manajer aset) yang berinvestasi dalam mata uang kripto atau aset terkait blockchain.

Investor Ritel

Investor Ritel adalah individu yang menginvestasikan uangnya sendiri di pasar keuangan, biasanya melalui rekening perantara, bukan atas nama institusi atau organisasi.

L

Lending Provider

Lending Provider adalah layanan pinjaman yang menghubungkan peminjam dengan pemberi pinjaman, memungkinkan pengguna memperoleh bunga atau meminjam menggunakan mata uang kripto sebagai jaminan.

Likuiditas

Likuiditas adalah seberapa mudah membeli atau menjual sesuatu, seperti mata uang kripto, tanpa mengubah harganya terlalu banyak.

Liquidation Event

Liquidation Event adalah peristiwa ketika aset dijual untuk melunasi hutang atau menutupi kerugian, yang biasa terlihat dalam perdagangan ketika saldo akun turun di bawah tingkat kritis.

Liquidity Mining

Liquidity Mining adalah praktik DeFi di mana pengguna memberikan mata uang kripto mereka ke kumpulan likuiditas dengan imbalan token dan biaya, serta menawarkan imbalan atas partisipasi.

Liquidity Pool

Liquidity Pool adalah smart contract yang berisi cadangan dua atau lebih token mata uang kripto dalam pertukaran terdesentralisasi (DEX).

Liquidity Providers

Liquidity Providers adalah badan atau perorangan yang memasok pesanan beli dan jual ke pasar keuangan untuk meningkatkan likuiditas pasar.

Liquidity Token

Liquidity Token adalah aset kripto yang digunakan untuk menyediakan likuiditas untuk perdagangan di platform DeFi dan dapat memperoleh imbalan bagi pemegangnya.

M

Mainnet

Mainnet adalah blockchain utama tempat transaksi aset kripto disiarkan, diverifikasi, dan dicatat. Berbeda dengan testnet, yang digunakan untuk tujuan pengujian tanpa transaksi nilai nyata.

Margin

Margin adalah uang pinjaman yang digunakan dalam perdagangan berjangka untuk meningkatkan ukuran investasi, yang dapat menghasilkan keuntungan atau kerugian yang lebih tinggi.

Market Cap

Market Cap adalah nilai total aset kripto, dihitung dengan mengalikan harga saat ini dengan jumlah total koin yang beredar. Menunjukkan ukuran relatif suatu aset kripto dibandingkan dengan aset lain.

Marketcap

Marketcap adalah nilai total mata uang kripto atau saham perusahaan di pasar, dihitung dengan mengalikan harga saat ini dengan jumlah total unit.

Merkle Tree

Merkle Tree adalah sistem kriptografi untuk verifikasi data secara efisien di blockchain.

MetaMask

MetaMask adalah dompet cryptocurrency yang berbentuk perangkat lunak seluler atau desktop populer yang dapat menyimpan, mengirimkan, atau menerima koin atau token yang kompatibel dengan Ethereum dan ERC-20.

Mining Kripto

Mining Kripto adalah proses memvalidasi dan mencatat transaksi pada blockchain dengan imbalan imbalan mata uang kripto baru. Melibatkan pemecahan masalah matematika yang kompleks menggunakan kekuatan komputasi. Umum dalam sistem proof of works seperti Bitcoin.

Mining Pool

Mining Pool adalah sekelompok penambang kripto yang bekerja sama untuk menghasilkan blok baru.

Multisig Wallet

Multisig Wallet adalah dompet mata uang kripto yang memerlukan banyak kunci untuk mengotorisasi transaksi, sehingga memiliki keamanan tingkat tinggi.

N

NFT

NFT atau Non Fungible Token adalah token digital unik di blockchain yang mewakili aset atau konten berbeda, sering kali digunakan untuk karya seni, barang koleksi, dan barang digital. Tidak seperti mata uang kripto biasa, setiap NFT bersifat unik.

O

Oracle

Oracle dalam konteks blockchain adalah suatu entitas atau sistem yang menyediakan data eksternal ke smart contract. Karena smart contract tidak dapat mengakses data off-chain secara langsung, oracle menjembatani kesenjangan antara dunia luar dan blockchain.

Orphan Block

Orphan Block adalah blok yang valid tapi terpisah dari chain utamanya. Hal tersebut bisa terjadi secara alami ketika dua penambang menghasilkan blok baru hampir secara bersamaan.

P

Permissioned Ledger

Permissioned Ledger adalah suatu jenis blockchain di mana partisipasi dalam membaca atau menulis ke ledger memerlukan validasi atau izin dari otoritas pusat atau sekumpulan entitas terpercaya. Ini menawarkan lebih banyak privasi daripada ledger umum, yang biasa digunakan dalam pengaturan perusahaan.

Pool

Pool dalam kripto dan DeFi, adalah sekelompok dana yang disediakan oleh pengguna untuk tujuan perdagangan atau peminjaman.

Primitive

Primitive di bidang keuangan berarti aset keuangan dasar seperti saham atau obligasi, yang digunakan untuk menciptakan produk investasi yang lebih kompleks.

Proof of Atuhority

Proof of Atuhority adalah mekanisme konsensus di mana sejumlah node, yang dikenal karena reputasinya, diberi wewenang untuk memvalidasi transaksi dan membuat blok baru. Ini dianggap efisien tetapi kurang terdesentralisasi dibandingkan mekanisme seperti proof of work.

Proof of Stake

Proof of Stake (PoS) adalah protokol konsensus dalam blockchain. Ini adalah cara untuk memutuskan pengguna mana yang memvalidasi blok transaksi baru dan mendapatkan imbalan karena melakukannya dengan benar.

Protokol

Protokol adalah seperangkat aturan atau spesifikasi yang dikembangkan. Aturan ini merinci definisi, standar, batasan, dan ketentuan potensial dari sebuah protokol.

R

ROI (Return On Investment)

ROI (Return On Investment) adalah cara untuk menilai profitabilitas suatu investasi dengan mengukur persentase keuntungan atau kerugian relatif terhadap investasi awal.

Rebalance

Rebalance adalah penyesuaian investasi agar tetap sejalan dengan rencana yang investor inginkan seiring perubahan kondisi pasar.

Relayer

Relayer adalah entitas yang membantu menyiarkan pesanan off-chain untuk pertukaran terdesentralisasi, memungkinkan pengguna menemukan dan mengeksekusi perdagangan tanpa penyelesaian_ on-chain_.

S

Scalping

Scalping adalah gaya perdagangan dengan memanfaatkan perubahan harga yang kecil namun menghasilkan keuntungan lebih cepat. Scalping biasanya melibatkan penetapan dan likuidasi posisi dengan hitungan menit, jam, atau hari.

Self Executing

Self Executing adalah mekanisme otomatis yang memicu suatu tindakan setelah kondisi yang telah ditentukan terpenuhi. Dalam kripto, istilah ini sering mengacu pada smart contract pada blockchain yang menjalankan tindakan tanpa intervensi manual setelah kondisinya terpenuhi.

Serialisasi

Serialisasi adalah proses mengubah struktur data menjadi urutan byte. Ethereum secara internal menggunakan format pengkodean yang disebut pengkodean awalan panjang rekursif (RLP).

Sharding

Sharding adalah proses yang membagi seluruh jaringan organisasi blockchain menjadi beberapa jaringan yang lebih kecil atau dikenal dengan nama shard

Short

Short mengacu pada posisi trader yang melakukan penjualan aset kripto.

Skalabilitas

Skalabilitas dalam konteks blockchain mengacu pada kemampuan blockchain untuk memproses sejumlah besar transaksi secara efisien seiring dengan pertumbuhan basis penggunanya.

Slashing Condition

Slashing Conditioning dalam blockchain proof-of-stake (PoS), seperangkat aturan yang menguraikan perilaku validator yang berbahaya atau tidak diinginkan. Pelanggaran terhadap hal ini dapat mengakibatkan hilangnya atau "slashing" sebagian aset validator yang stake sebagai penalti.

Slippage

Slippage adalah perbedaan antara harga yang diharapkan dengan harga yang digunakan ketika transaksi jual beli berlangsung.

Smart Contract

Smart Contract adalah program komputer yang dijalankan sendiri yang secara otomatis dengan melaksanakan aturan dan perjanjian yang telah ditentukan sebelumnya ketika kondisi tertentu terpenuhi pada jaringan blockchain.

Soft Fork

Soft Fork adalah adalah perubahan pada protokol perangkat lunak di mana hanya blok transaksi yang sebelumnya valid menjadi tidak valid. Karena node lama akan mengenali blok baru sebagai blok yang valid, soft fork tetap membuat blok lama valid.

Solidity

Solidity adalah bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk menulis smart contract di blockchain Ethereum.

Spec Mining

Spec Mining adalah istilah yang mengacu kepada kegiatan menambang koin yang tidak menguntungkan, namun si penambang tetap berharap harga koin itu akan meningkat di masa depan.

Spot Trading

Spot Trading adalah proses pembelian dan penjualan mata uang dan token digital dengan harga pasar saat ini. Tujuannya adalah membeli pada harga pasar yang berlaku dan kemudian menjual pada harga pasar yang lebih tinggi untuk menghasilkan keuntungan perdagangan

Spreading

Spreading adalah praktik membeli satu instrumen keuangan dan sekaligus menjual instrumen terkait untuk memanfaatkan perbedaan harga. Biasa digunakan dalam perdagangan berjangka dan opsi, serta di ruang arbitrase kripto.

Stablecoin

Stablecoin adalah aset kripto yang dirancang untuk mempertahankan nilai stabil dengan mengelompokkannya ke aset yang mendasarinya seperti mata uang fiat. Contoh stablecoin adalah USDT, USDC, IDRT.

Stake

Stake adalah jumlah aset kripto yang dimiliki dan akan di_-staking_

Staking

Staking adalah mempertaruhkan atau mengunci kripto yang dimiliki untuk mendapatkan imbal hasil sambil menjaga jaringan blockchain tetap aman.

State

State atau status dalam konteks blockchain adalah informasi terkini dari semua akun, kontrak, dan saldo. Setiap transaksi mengubah keadaan, dan blockchain seperti Ethereum melacak 'keadaan' untuk menentukan operasi dan saldo yang valid.

Stop Limit

Stop Limit adalah jenis pesanan untuk membeli aset pada harga yang sudah ditentukan sebelumnya.

Stop Order

Stop Order adalah perintah untuk membeli atau menjual suatu aset setelah harganya mencapai level tertentu, dikenal sebagai harga stop. Setelah dipicu akan dieksekusi pada harga terbaik yang tersedia.

Swap

Swap adalah proses pertukaran aset kripto dengan nilai setara dalam koin atau token lainnya.

T

Testnet

Testnet adalah jaringan pengujian yang mencerminkan jaringan utama (mainnet) tetapi menggunakan token yang tidak bernilai, memungkinkan pengembang untuk menguji fitur atau aplikasi baru tanpa mempertaruhkan aset nyata.

Token

Token adalah aset digital yang diterbitkan di blockchain, sering kali mewakili aset atau utilitas. Berbeda dengan koin yang memiliki blockchain sendiri, token beroperasi pada infrastruktur blockchain yang sudah ada, seperti token ERC-20 Ethereum.

Total Value Locked (TVL)

_Total Value Locked _(TVL) adalah jumlah atau total aset kripto yang disimpan dalam ekosistem atau protokol DeFi. Jumlah TVL dapat mencerminkan tingkat partisipasi pengguna dan alokasi modal yang ada di protokol.

Turing Complete

Turing Complete adalah sebuah sistem yang mampu melakukan tugas komputasi apa pun, dengan sumber daya yang cukup. Dalam kripto, istilah ini sering merujuk pada blockchain yang dapat menjalankan smart contract yang kompleks, seperti Ethereum.

V

Validator

Validator adalah entitas dalam jaringan blockchain yang bertanggung jawab untuk memverifikasi dan menambahkan transaksi baru ke blockchain, sering kali dalam sistem proof-of-stake (PoS).

Volatilitas

Volatilitas adalah tingkat fluktuasi atau variasi harga suatu aset dari waktu ke waktu, sering kali digunakan untuk mengukur risiko dan ketidakpastian di pasar.

Terpopuler

Loading...

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.