Kebangkrutan Genesis Trading Bisa Picu Hancurnya Pasar Kripto?

Coinvestasi

22nd November, 2022

Efek kehancuran FTX mulai berdampak kepada beberapa perusahaan kripto lain yang memiliki paparan ke FTX, salah satu yang terdampak adalah Genesis. Apa itu Genesis dan bagaimana efeknya jika ia mengalami nasib serupa dengan bursa FTX? Berikut ini ulasannya.

Apa itu Genesis?

Genesis Global LLC adalah perusahaan pinjaman kripto dan servis lainnya seperti trading spot, derivatif, dan OTC yang dimiliki oleh perusahaan venture capital asal Connecticut, Digital Currency Group (DCG). Genesis adalah salah satu pemberi pinjaman kripto terbesar dengan total pinjaman aktif mencapai $3 miliar pada akhir kuartal tiga tahun 2022.

Perusahaan baru-baru ini menangguhkan penebusan dan pinjaman baru karena permintaan penarikan yang tidak normal setelah runtuhnya FTX.

Baca juga: Genesis Hentikan Withdraw Sementara, Sebab FTX Bangkrut

Genesis sendiri diketahui memiliki paparan ke FTX sebesar $175 juta setara dengan 2,7 triliun Rupiah. Genesis menyatakan bahwa permintaan penarikan telah melebihi likuiditasnya saat ini. 

Genesis diketahui tengah melakukan serangkaian cara dan mencari pinjaman hingga satu miliar dollar untuk mengatasi krisis likuiditasnya, jika mereka gagal melakukan hal ini kemungkinan besar Genesis akan gulung tikar, apabila skenario ini terjadi ditakutkan efek yang diakibatkan bisa lebih dahsyat daripada FTX, sebab Genesis berafiliasi langsung dengan beberapa institusi besar kripto. 

Institusi Terkait Genesis

Gemini Exchange

Salah satu produk Gemini, Earn Program, yang memberikan pengguna passive income dengan meminjamkan (lending) kripto berafiliasi dengan Genesis.

Jadi sederhananya, setiap kripto yang disetorkan pengguna untuk Earn Program akan disetorkan ke Genesis dan imbal hasil diberikan Genesis melalui Gemini yang kemudian didistribusikan ke pengguna.

Pada 16 November 2022, Genesis mengumumkan menghentikan semua pinjaman baru dan penarikan dana pengguna dengan alasan “kondisi market yang buruk”. Berselang beberapa jam, Gemini mengumumkan melalui blognya tentang keterkaitan dengan Genesis dan akan berkoordinasi dengan Genesis tentang penarikan dana pengguna Gemini.

Alameda Research

Alameda Research menjadi salah satu peminjam terbesar Genesis menurut informan yang melaporkan pada Reuters.Selain itu, Genesis dalam 3 bulan terakhir memperoleh token FTT senilai $1 miliar dari Alameda Research.

3 Arrow Capital (3AC)

3AC mengambil pinjaman sebesar $2,36 miliar dari Genesis dalam bentuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), Grayscale Ethereum Trust (GETH), Avalanche (AVAX), dan Near (NEAR).

Setelah 3AC menyatakan bangkrut, proses pembayaran utang 3AC kepada Genesis diurus melalui American Arbitration Association (AAA).

Apa Dampak Jika Genesis Bangkrut? 

Dampak kebangkrutan Genesis diprediksi bisa sangat besar, sebab bukan hanya bursa kripto Gemini saja yang akan terdampak, tetapi akan banyak platform bursa kripto dan dana lindung nilai lainnya yang akan terdampak, meski saat ini nama-nama mereka belum muncul ke permukaan, di situs Genesis juga tidak ditemukan perusahaan apa saja yang melakukan kerja sama.  

Selain itu investor besar atau whale kripto memilih untuk memberikan dana mereka langsung ke Genesis untuk mendapatkan hasil serta layanan kustodian.

Jika Genesis tidak dapat mengembalikan kripto mereka, banyak pemberi pinjaman di seluruh dunia berpotensi kehilangan aset mereka.

Saat ini belum ada nilai yang diumumkan oleh Genesis tentang seberapa banyak dana pengguna yang dikelola. Melihat Genesis sangat memerlukan bantuan sebesar $1 miliar berarti setidaknya ada $1 miliar dana yang semestinya dapat di withdraw oleh pengguna.

Jumlah ini bisa dibilang sebanding dengan dana yang hilang karena kejadian FTX. Hanya saja perbedaan antara keduanya adalah distribusi dana yang hilang.

FTX lebih terdistribusi karena dana yang hilang sebagian berasal dari pengguna individu. Sementara pada Genesis, entitas pemilik dana lebih terkonsentrasi pada institusi atau perusahaan sebab terdapat batas minimum dana untuk meminjamkan kripto kepada Genesis yakni: 100 BTC ($1.550.000, Rp24,3 miliar), 1000 ETH ($1.080.000, Rp17 miliar), 2 juta USDC (Rp31 miliar), atau $1 juta setara koin/token lain.

Jadi seandainya Genesis bangkrut, yang terkena dampaknya lebih kepada institusi dan perusahaan dan bukan ke ritel seperti FTX, sehingga diprediksikan efeknya lebih parah dan panjang daripada FTX.

Coinvestasi

Coinvestasi adalah platform Indonesia terkemuka untuk acara dan informasi terkait mata uang kripto, aset digital, dan teknologi blockchain.

Coinvestasi adalah platform Indonesia terkemuka untuk acara dan informasi terkait mata uang kripto, aset digital, dan teknologi blockchain.