Berita Industri · 5 min read

Crypto Lender Genesis Resmi Ajukan Kebangkrutan Chapter 11

Genesis Bangkrut

Broker kripto Genesis Global Holdco mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di Pengadilan Southern New York, pada Kamis malam (19/1/2023) waktu Amerika Serikat.

Genesis Global Holdco, LLC (GGH), beserta dua anak perusahaan yang bergerak di bidang crypto lender, Genesis Global Capital, (GGC) dan Genesis Asia Pacific Pte. Ltd. (GAP), dilaporkan sedang mengajukan petisi sukarela berdasarkan Bab 11 tentang kepailitan.

Dilansir dari Businesswire.com, saat ini, Genesis sedang memulai proses restrukturisasi di bawah pengawasan pengadilan. Ini dilakukan guna mencapai solusi holistik bisnis pinjamannya. Diharapkan, upaya ini dapat menghasilkan solusi optimal bagi klien Genesis dan pengguna Gemini Earn.

Anak Perusahaan Genesis Menopang Proses Restrukturisasi Bisnis

Anak perusahaan Genesis yang terlibat dalam bisnis derivatif, Genesis Global Trading tidak termasuk dalam proses kebangkrutan dan tetap menjalani operasional seperti biasa.

Genesis akan memulai proses pemasaran dan penjualan untuk memonetisasi aset GGH, yang hasil transaksinya akan digunakan untuk membayar kreditur secara adil dan merata.

Genesis Miliki Uang Tunai $150 Juta

Jika proses pemasaran tidak menghasilkan penjualan atau peningkatan modal, kreditur akan menerima hak kepemilikan di GGH yang direorganisasi.

Seluruh proses restrukturisasi akan diawasi oleh komite khusus independen dari dewan direksi perseroan. Genesis memiliki lebih dari $150 juta uang tunai, yang mana cukup untuk likuiditas serta memfasilitasi proses restrukturisasi. 

“Sementara kami telah membuat kemajuan yang signifikan dalam menyempurnakan rencana bisnis kami untuk mengatasi masalah likuiditas yang disebabkan oleh tantangan luar biasa baru-baru ini di industri kami, termasuk gagal bayar Three Arrows Capital dan kebangkrutan FTX, restrukturisasi di pengadilan memberikan jalan yang paling efektif untuk untuk melestarikan aset dan menciptakan hasil terbaik bagi semua pemangku kepentingan Genesis,” kata Derar Islamm, Interim CEO, Genesis.

Tanda Genesis Bangkrut Sudah Muncul di Pertengahan 2022

Kabar krisis Genesis sejatinya sudah terlihat sejak 2022 yang membuatnya resmi mengajukan kebangkrutan di awal tahun 2023 ini. Genesis diketahui terdampak keras dengan kondisi kripto yang mengalami crypto winter, bangkrutnya 3AC, dan FTX. Genesis juga semakin terpuruk karena terlibat jeratan utang dengan exchange Gemini.

Sebelum ajukan kebangkrutan, Genesis juga telah melakukan serangakain cara untuk mempertahankan perusahaan, dari mulai mencari pendanaan hingga melakukan pemutusann hubungan kerja terhadap 30% karyawannya, dan tersisa 145 orang.

Baca Juga: Crypto Lender Genesis Pertimbangkan Ajukan Bangkrut

Dampak Kebangkrutan Genesis

Bangkrutnya Genesis dapat menimbulkan implikasi yang lebih luas untuk Bitcoin. Ini dikarenakan Genesis dan manajer aset digital Grayscale berbagi perusahaan induk yang sama di DCG. 

Grayscale mengoperasikan Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang memiliki aset lebih dari $10 miliar yang dikelola dan pada akhir tahun lalu berdagang dengan rekor diskon terhadap nilai aset bersih, meskipun diskon itu telah menyempit baru -baru ini.

Ada kekhawatiran pasar bahwa akibat dari kebangkrutan Genesis akan menyebabkan likuidasi kepemilikan GBTC lebih dari 600.000 Bitcoin.

Baca juga: Kebangkrutan Genesis Trading Bisa Picu Hancurnya Pasar Kripto?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.