Rekomendasi 5 Coin Metaverse yang Layak Diperhatikan

Coin metaverse adalah sebutan untuk aset crypto yang digunakan sebagai alat transaksi di proyek blockchain yang mengusung metaverse sebagai konsepnya.

Dengan coinmetaverse ini pengguna proyek bisa merasakan sensasi menggunakan barang-barang digital yang bisa mereka manfaatkan di dalamnya.

Baca juga: Mengenal Metaverse, Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Ada beberapa coin metaverse yang layak kamu perhatikan dan bisa jadi pilihan untuk masuk ke portfolio. Apa saja itu? Selengkapnya…

MANA

Jika berbicara coin metaverse maka nama Decentraland dengan tokennya MANA tidak boleh kelewatan.

Decentraland menawarkan dunia 3D yang dapat diakses pengguna secara gratis di browser. Ekosistem aktifnya adalah rumah bagi banyak bisnis.  

Pengguna menciptakan segalanya dalam realitas metaverse ini, mulai dari pemandangan dan bangunan hingga seluruh desa dan petualangan luar angkasa.

Dengan menggunakan token MANA, pemain dapat membeli, menjual, atau memperdagangkan paket LAND aset digital yang tidak dapat dipertukarkan. Selama setahun terakhir, harga MANA telah naik lebih dari 4.000%.

Baca juga: Apa itu Decentraland? Panduan untuk Pemula

Illuvium

Illuvium adalah RPG dan game koleksi terdesentralisasi, konsepnya sama dengan Metaverse mana pun, tetapi ia berfokus di permainan.

Gameplay berpusat di sekitar roleplay 3D untuk mengumpulkan Illuvials (binatang dalam game) untuk melawan pengguna lain dan menjelajahi planet yang porak-poranda.

Game ini memiliki tokennya sendiri bernama ILV yang berfungsi sebagai alat transaksi dan penghargaan kepada pemain atas pencapaian mereka di dalam permainan.

Token ILV tercatat menempati peringkat 154 dalam Coinmarketcap dengan harga tertinggi tercatat pada Mei 2021 di Rp41.000.  

Berdasarkan roadmapnya, Illuvium akan melakukan private beta lunch pada kuartal pertama 2022, dan direncanakan akan melakukan peluncuran versi mobile pada 2023.

Token ILV bisa didapatkan diberbagai bursa, misalnya Binance, Kucoin, dan Gate.io.  

MOBOX

Diluncurkan pada April 2021, MOBOX adalah proyek GameFi dan Metaverse di chain BNB yang menampilkan dunia virtualnya yang disebut MOMOverse.

Proyek ini menggabungkan model play-to-earn untuk menawarkan hadiah kepada pengguna karena berpartisipasi dalam ekosistemnya.

Tampilan Mobox

MOBOX berhasil mempertahankan volume perdagangan dan kapitalisasi pasar yang tinggi selama berbulan-bulan, bahkan ketika periode bearish di crypto terjadi.

Ini menjadikan MOBOX dan tokennya MBOX memiliki potensi ketahanan yang cukup baik dan diprediksi akan menjadi koin metaverse papan atas apabila ia terus mengembangkan proyeknya. Token MBOX dapat dibeli di Binance, PancakeSwap, dan lainnya.

Aavegotchi

Aavegotchi (GHST) adalah proyek metaverse yang diluncurkan pada Februari 2021.

Gameplaynya mengharuskan pengguna mengumpulkan Ghost pixelated yang disebut Aavegotchi dan mendapatkan hadiah dengan memainkan game, meningkatkan ghost mereka, dan mengembangkan skor kekerabatan dengan hewan peliharaan virtual mereka.

Tampilan website Aaavegotchi

Aavegotchi adalah game berbasis Ethereum, artinya setiap Ghost adalah NFT.

Dengan demikian, pemain memiliki kepemilikan penuh atas Aavegotchi mereka. Untuk mulai bermain, pengguna harus membeli Aavegotchi di Gotchi Bazaar.

Pengguna dapat terhubung ke dApp melalui dompet browser seperti MetaMask dan menelusuri berbagai Aavegotchi yang tersedia.

Baca juga: Cara Beli Ethereum di Metamask dalam 3 Langkah dengan Biaya Murah

Saat penulisan, harga Aavegotchi tercatat berada di harga Rp28.000, dengan harga tertinggi di angka Rp46.571.

Axie Infinity

Coin metaverse selanjutnya adalah Axie Infinity dengan aset cryptonya AXS. Axie merupakan salah satu pioneer untuk game kripto metaverse, ekosistemnya pun sudah populer dan digunakan banyak gamers.

Pada September 2021, Axie telah menyambut sekitar 1,5 juta pemain aktif di seluruh dunia, dan penjualannya mencapai $2,05 miliar. Sebelum akhir tahun, sebidang tanah virtual di Axie Infinity berhasil terjual seharga $2,5 juta.

Baca juga: Pecah Rekor! Axie Infinity Land Plot Terjual 35 Miliar

Token AXS pun sudah terbilang mahal, harga tertingginya sempat menyentuh Rp2,3 juta dan saat ini token sedang mengalami penurunan dan berada di level harga Rp733.000.

Meski sedang turun Axie Infinity tak pernah kehabisan peminat, dan ketika proyek ini meluncurkan pembaruan harga token seringkali terdorong naik.


Itu dia berbagai coin metaverse yang bisa dipertimbangkan untuk masuk ke portofolio. Tetapi sebelum kamu membelinya pastikan kamu melakukan riset lebih lanjut mengenai coin metaverse tersebut.

Artikel ini bukan saran investasi dan hanya informasi.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin