10 Coin Metaverse yang Layak Diperhatikan

Coin metaverse adalah sebutan untuk aset crypto yang digunakan sebagai alat transaksi di proyek blockchain yang mengusung metaverse sebagai konsepnya.

Dengan coinmetaverse ini pengguna proyek bisa merasakan sensasi menggunakan barang-barang digital yang bisa mereka manfaatkan di dalamnya.

Baca juga: Mengenal Metaverse, Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Ada beberapa coin metaverse yang layak kamu perhatikan dan bisa jadi pilihan untuk masuk ke portfolio. Apa saja itu? Selengkapnya…

MANA

Jika berbicara coin metaverse maka nama Decentraland dengan tokennya MANA tidak boleh kelewatan.

Decentraland menawarkan dunia 3D yang dapat diakses pengguna secara gratis di browser. Ekosistem aktifnya adalah rumah bagi banyak bisnis.  

Pengguna menciptakan segalanya dalam realitas metaverse ini, mulai dari pemandangan dan bangunan hingga seluruh desa dan petualangan luar angkasa.

Dengan menggunakan token MANA, pemain dapat membeli, menjual, atau memperdagangkan paket LAND aset digital yang tidak dapat dipertukarkan. Selama setahun terakhir, harga MANA telah naik lebih dari 4.000%.

Baca juga: Apa itu Decentraland? Panduan untuk Pemula

Illuvium

Illuvium adalah RPG dan game koleksi terdesentralisasi, konsepnya sama dengan Metaverse mana pun, tetapi ia berfokus di permainan.

Gameplay berpusat di sekitar roleplay 3D untuk mengumpulkan Illuvials (binatang dalam game) untuk melawan pengguna lain dan menjelajahi planet yang porak-poranda.

Game ini memiliki tokennya sendiri bernama ILV yang berfungsi sebagai alat transaksi dan penghargaan kepada pemain atas pencapaian mereka di dalam permainan.

Token ILV tercatat menempati peringkat 154 dalam Coinmarketcap dengan harga tertinggi tercatat pada Mei 2021 di Rp41.000.  

Berdasarkan roadmapnya, Illuvium akan melakukan private beta lunch pada kuartal pertama 2022, dan direncanakan akan melakukan peluncuran versi mobile pada 2023.

Token ILV bisa didapatkan diberbagai bursa, misalnya Binance, Kucoin, dan Gate.io.  

MOBOX

Diluncurkan pada April 2021, MOBOX adalah proyek GameFi dan Metaverse di chain BNB yang menampilkan dunia virtualnya yang disebut MOMOverse.

Proyek ini menggabungkan model play-to-earn untuk menawarkan hadiah kepada pengguna karena berpartisipasi dalam ekosistemnya.

Tampilan Mobox

MOBOX berhasil mempertahankan volume perdagangan dan kapitalisasi pasar yang tinggi selama berbulan-bulan, bahkan ketika periode bearish di crypto terjadi.

Ini menjadikan MOBOX dan tokennya MBOX memiliki potensi ketahanan yang cukup baik dan diprediksi akan menjadi koin metaverse papan atas apabila ia terus mengembangkan proyeknya. Token MBOX dapat dibeli di Binance, PancakeSwap, dan lainnya.

Aavegotchi

Aavegotchi (GHST) adalah proyek metaverse yang diluncurkan pada Februari 2021.

Gameplaynya mengharuskan pengguna mengumpulkan Ghost pixelated yang disebut Aavegotchi dan mendapatkan hadiah dengan memainkan game, meningkatkan ghost mereka, dan mengembangkan skor kekerabatan dengan hewan peliharaan virtual mereka.

Tampilan website Aaavegotchi

Aavegotchi adalah game berbasis Ethereum, artinya setiap Ghost adalah NFT.

Dengan demikian, pemain memiliki kepemilikan penuh atas Aavegotchi mereka. Untuk mulai bermain, pengguna harus membeli Aavegotchi di Gotchi Bazaar.

Pengguna dapat terhubung ke dApp melalui dompet browser seperti MetaMask dan menelusuri berbagai Aavegotchi yang tersedia.

Baca juga: Cara Beli Ethereum di Metamask dalam 3 Langkah dengan Biaya Murah

Saat penulisan, harga Aavegotchi tercatat berada di harga Rp28.000, dengan harga tertinggi di angka Rp46.571.

Axie Infinity

Coin metaverse selanjutnya adalah Axie Infinity dengan aset cryptonya AXS. Axie merupakan salah satu pioneer untuk game kripto metaverse, ekosistemnya pun sudah populer dan digunakan banyak gamers.

Pada September 2021, Axie telah menyambut sekitar 1,5 juta pemain aktif di seluruh dunia, dan penjualannya mencapai $2,05 miliar. Sebelum akhir tahun, sebidang tanah virtual di Axie Infinity berhasil terjual seharga $2,5 juta.

Baca juga: Pecah Rekor! Axie Infinity Land Plot Terjual 35 Miliar

Token AXS pun sudah terbilang mahal, harga tertingginya sempat menyentuh Rp2,3 juta dan saat ini token sedang mengalami penurunan dan berada di level harga Rp733.000.

Meski sedang turun Axie Infinity tak pernah kehabisan peminat, dan ketika proyek ini meluncurkan pembaruan harga token seringkali terdorong naik.

ALICE

Koin Alice adalah aset dari game blockchain My Neighbor Alice. Permainan itu memungkinkan pemain untuk membeli, memiliki, dan memonetisasi tanah virtual mereka sendiri.

Ini mirip dengan Animal Crossing dalam gameplay-nya, tetapi juga dilengkapi dengan sistem pinjaman NFT, fitur DeFi, dan ekonomi dalam game yang kompleks yang berpusat di sekitar token ALICE.

My Neighbor Alice diluncurkan pada Maret 2021 dan menjadi salah satu IDO paling menguntungkan sepanjang masa yang menghasilkan 26.000 peserta penjualan publik.

My Neighbor Alice juga memberi pemain berbagai cara untuk mendapatkan token dan juga gratis untuk dimainkan sehingga lebih mudah diakses.

Baca juga: My Neighbor Alice, Game NFT untuk Hasilkan Cuan

Chainlink adalah jaringan oracle terdesentralisasi yang kuat yang memungkinkan aplikasi berbasis blockchain untuk menerima data tamper-proof dari sumber eksternal.

Data yang disediakan oleh oracle Chainlink memungkinkan dApps blockchain untuk memanfaatkan informasi dari dunia nyata, seperti dari perangkat IoT, bursa saham, dan sejumlah besar API yang membantu mendukung sejumlah besar kasus penggunaan.

Oracle Chainlink saat ini menyajikan data ke sejumlah besar aplikasi DeFi populer, termasuk Aave, Synthetix, Compound, Nexus Mutual, dYdX, dan lusinan lainnya.

Sejumlah platform metaverse juga mengintegrasikan oracle Chainlink dan/atau VRF (Verifiable Random Function) untuk memperkuat ekonomi internal dan mekanisme permainan mereka. Ini termasuk Axie Infinity, Over the Reality, dan Gala Games.

Chainlink secara luas dianggap sebagai pilar dalam interoperabilitas dan konektivitas blockchain dengan teknologi non-DLT. Karena itu, ada kemungkinan jika jaringan Chainlink sering digunakan oleh proyek metaverse di masa depan, harga LINK bisa berpotensi naik.

ApeCoin

Pada Maret 2022, Yuga Labs perusahaan di balik Bored Ape Yacht Club dan beberapa koleksi NFT lainnya mengumumkan sedang mengembangkan proyek NFT-nya sendiri, yang dikenal sebagai “Otherside”.

Mengingat ukuran dan reputasi Yuga Labs dalam menghadirkan produk berbasis NFT berkualitas, ekspektasi sangat tinggi untuk ambisi dan cakupan metaverse Otherside.

The Otherside adalah salah satu dari sedikit metaverse berbasis blockchain yang berfokus pada interoperabilitas, dan memadukan aspek game multipemain masif dan aksesibilitas Web3 untuk menghasilkan dunia digital yang ramai dan membenamkan.

Token ApeCoin (APE) adalah unit transaksi asli dalam metaverse Otherside dan akan digunakan sebagai mata uang peer-to-peer antar pengguna. Kemungkinan juga akan diminta untuk membeli dan/atau menyewa tanah di dalam Otherside.

Mengingat potensi besar dari Otherside, ApeCoin adalah pesaing kuat untuk metaverse crypto yang paling menjanjikan.

Tamadoge

Tamdoge adalah proyek berbasis meme anjing lain yang melonjak setelah hype meme coin yang didorong oleh berbagai tweet positif Elon soal meme coin. Koin Tamadoge dibuat berdasarkan konsep hewan peliharaan virtual Jepang di awal tahun 1990-an, Tamagotchi.

Tamaverse, yang merupakan versi metaverse dari crypto, menjanjikan bahwa pemain akan dapat membawa NFT ke mana saja saat bepergian, serta dapat berinteraksi dengan mereka.

Battle Infinity

Battle Infinity (IBAT) termasuk proyek baru di industri kripto, pada Juli 2022 proyek ini mengumpulkan 16.500 BNB atau sekitar $ 5 juta saat itu hanya dalam 25 hari melalui pra-penjualannya.

Sejak itu, token IBAT memiliki nilai lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan harga pra-penjualannya, menghasilkan pengembalian yang kuat bagi para peserta. Ini menjadikannya salah satu koin metaverse yang bisa dipertimbangkan pergerakannya di masa depan.

Battle Infinity memiliki fitur-fitur seperti pertukaran terdesentralisasi Battle Swap, Arena Pertempuran PvP, dan koleksi game internal dan pihak ketiga, Battle Infinity akan menjadi metaverse ekspansif dari produk berkemampuan NFT.

Game pertama yang diluncurkan di toko Battle Games adalah IBAT Premier League, sebuah game olahraga fantasi NFT yang memungkinkan pemain untuk membangun dan melawan tim fantasi mereka sendiri untuk mendapatkan hadiah.


Itu dia berbagai coin metaverse yang bisa dipertimbangkan untuk masuk ke portofolio. Tetapi sebelum kamu membelinya pastikan kamu melakukan riset lebih lanjut mengenai coin metaverse tersebut.

Artikel ini bukan saran investasi dan hanya informasi.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin