Mengenal ApeCoin (APE), Token Proyek NFT Bored Ape Yacht Club

Pada 17 Maret 2022, komunitas NFT Bored Ape Yacht Club mengumumkan bahwa ada inovasi baru menyangkut proyek tersebut. 

Inovasi ini adalah peluncuran token ApeCoin (APE) yang merupakan sebuah token khusus untuk komunitas NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan Mutant Ape Yacht Club (MAYC). 

Walau awalnya dikabarkan hanya tersedia untuk pemilik NFT kedua proyek tersebut, banyak bursa yang mendukung dan mulai memperdagangkan token tersebut. 

Hasilnya banyak investor yang tertarik membeli saat peluncuran dan melantai di beberapa bursa terdesentralisasi.

Sayangnya harganya turun signifikan setelah peluncuran yang mengecewakan suasana yang dibangun sebelumnya. 

Walau turun, kabarnya ApeCoin mulai naik lagi karena dianggap memiliki kegunaan yang cukup baik karena akan digunakan dan diadopsi beberapa proyek crypto lain.

Sebelum tertarik untuk membeli atau menjual, ada baiknya investor mengetahui apa itu ApeCoin. 

Apa Itu ApeCoin?

ApeCoin adalah sebuah token berbasis Blockchain Ethereum yang dibentuk untuk tujuan alat tukar dalam sebuah proyek baru sekaligus untuk fitur governance. 

Fitur governance adalah kemampuan pemilik token untuk memberikan suara untuk menyetujui atau menolak suatu pembaruan yang terjadi pada proyek crypto. Sehingga ApeCoin sendiri dibentuk untuk memastikan desentralisasi terjadi di masa depan saat komunitas “APE” semakin inovatif. 

Saat ini banyak yang mengira bahwa ApeCoin diciptakan oleh pendiri proyek Bored Ape Yacht Club yaitu Yuga Labs. Namun kenyataannya tidak seperti itu, karena Yuga Labs hanya menjadi inspirasi dari pencipta ApeCoin sebenarnya. 

ApeCoin (APE): Token BAYC yang Turun 68,21% Setelah Listing

APE sendiri diciptakan oleh APE Foundation yang bertujuan untuk menggunakan ApeCoin sebagai DAO atau Decentralized Autonomous Organization. Yuga Labs telah memperjelas walau bukan mereka yang menciptakan, APE akan diadopsi dalam inovasi komunitas Bored Ape Yacht Club ke depannya. 

Menurut publikasi dan diskusi yang beredar, untuk saat ini ApeCoin akan fokus ke dunia Non Fungible Token (NFT) serta game berbasis blockchain. 

Diskusi lebih mengarah ke dunia game dimana nantinya ApeCoin akan menjadi alat tukar di dalam game tersebut yang kemungkinan akan menggunakan BAYC dan MAYC sebagai karakter. 

Di luar itu saat ini juga terdapat diskusi mengenai kegunaan lain salah satunya adalah penciptaan DAO yang sebelumnya dikatakan. 

Kegunaan Token APE

ApeCoin sendiri dikhususkan untuk alat transaksi dan governance. Dari sisi transaksi, nantinya semakin inovatif proyek dari komunitas BAYC atau MAYC maka semua akan menggunakan ApeCoin. 

Selama inovasi tersebut menggunakan teknologi Web 3.0, nantinya transaksinya akan menggunakan Token APE. Hal ini disebabkan dalam ekosistem Web 3.0, semua bergerak di atas blockchain, sehingga mempermudah transaksi crypto. 

Dari sisi governance, ApeCoin ingin menjadi sebuah DAO dimana nantinya masa depan proyek ini akan ditentukan oleh pemilik tokennya. Contohnya adalah keputusan alokasi persediaan token jika nantinya akan ada fitur farming untuk token ini. 

Saat ini Animoca Brands, perusahaan yang fokus di bidang game, sedang dalam rencana untuk integrasi dengan APE dalam proyek yang masih di rahasiakan. 

Kemungkinan kerja sama ini adalah untuk membuat sebuah permainan baru berdasarkan Bored Ape Yacht Club. Selain itu kemungkinan juga nantinya permainan Benji Bananas milik Animoca Brands, akan menggunakan APE sebagai alat tukar. 

Nantinya pemilik APE juga akan mendapatkan informasi awal dan hak khusus terkait proyek-proyek baru yang integrasi ke ekosistem Bored Ape Yacht Club dan APE Foundation. 

Terakhir adalah potensi adopsi dari beberapa toko ritel dan bisnis yang kemungkinan akan mengadopsi APE sebagai alat tukar. Beberapa contoh perusahaan yang tertarik adalah E11EVEN Residencies dan SaltWater Brewery yang merupakan perusahaan dari Florida, Amerika.

Saat ini APE sudah mendapatkan dukungan dari beberapa bursa ternama seperti Coinbase, Gemini, Binance, dan FTX yang juga menjadi tim inti dari APE. Melihat sudah melantainya di beberapa bursa tersebut, maka APE sudah dapat diperdagangkan. 

Membedah Token APE

Token APE ini baru saja didistribusikan kemarin dan diluncurkan secara perlahan. Saat ini secara keseluruhan terdapat 1 Miliar APE dan yang beredar di pasar adalah 28% dari persediaan tersebut. 

Pertama token ini dikhususkan untuk pemilik NFT BAYC atau MAYC dengan cara mengambilnya secara gratis di situs ApeCoin. Alokasinya akan berbeda dimana para pemilik BAYC akan mendapatkan total 10.094 APE dan pemilik MAYC sebanyak 2.042 APE. 

Para pemilik Bored Ape Kennel Club NFT tidak akan mendapatkan alokasi token. Tapi jika pemilik MAYC atau BAYC memiliki NFT Kennel Club tersebut, maka ia akan mendapatkan bonus dari alokasi awalnya. 

Total dari alokasi yang akan diberikan kepada pemilik NFT tersebut adalah sebesar 15% dari seluruh persediaan. Selain alokasi tersebut, nantinya 47% dari persediaan APE akan dialokasikan kepada penciptaan dan pengembangan Ape DAO. 

Alokasi 47% tersebut akan dikeluarkan kepada pasar dalam 2 Tahun ke depan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir potensi penjualan besar yang membuat harga turun signifikan. 

Kemudian 15% lainnya akan diberikan kepada Yuga Labs dan 8% tambahan akan diberikan khusus kepada empat pendiri Bored Ape Yacht Club. Lalu para kontributor dan tim internal yang membantu peluncuran ApeCoin akan mendapatkan 14% dari seluruh persediaan. 

Sisa 1% terakhir akan dialokasikan untuk donasi kepada Jane Goodall Legacy Foundation untuk membantu konservasi monyet asli di dunia. Melihat alokasi tersebut, sayangnya untuk pasar masih di bawah 50% yang menjadi tanda berbahaya. 

ApeCoin (APE): Token BAYC yang Turun 68,21% Setelah Listing

Selain itu kurangnya masa penguncian juga membuat harga berhasil turun signifikan seperti yang terjadi saat ini dimana harganya turun 68,21% setelah dapat dijual. Kabar baiknya saat ini token tersebut mulai naik secara perlahan walau belum pulih sepenuhnya. 

Akankah Naik Setinggi Bored Ape Yacht Club?

Setelah kabar mulai diperdagangkannya Token APE, volume transaksi NFT Bored Ape Yacht Club mengalami apresiasi yang signifikan. Tercatat bahwa volume penjualannya naik dua kali lipat yaitu mencapai $43,5 Juta hanya dalam satu hari.

OpenSea menyatakan bahwa peningkatan volume ini adalah sebesar 1.616,98% hanya dalam satu hari dan harga terendah NFT atau floor price juga naik menjadi 89 ETH. 

ApeCoin (APE): Token BAYC yang Turun 68,21% Setelah Listing

Proyek lain yang juga terikat dengan Bored Ape Yacht Club terlihat mengalami apresiasi dalam volume. Contohnya adalah Mutant Ape Yacht Club yang naik 970,43% dan Bored Ape Kennel Club yang naik 852,80% dalam volume transaksi. 

Sayangnya kabar yang positif tidak datang untuk Token APE karena volumenya sempat mengalami apresiasi hingga $700 Juta sebelum kembali turun $3,4 Juta. Harganya juga turun setelah sempat mencapai $20 dan kembali ke sekitar $6.5 sebelum naik ke $15 saat ini. 

Untuk saat ini masih banyak yang menyatakan bahwa APE adalah sebuah Token yang belum terlalu berguna layaknya Dogecoin di masa awal. Jadi banyak yang berasumsi bahwa proyek ini tidak akan bertahan. 

Alasan publik juga adalah karena token ini adalah token fungible dan tidak akan naik setinggi non fungible token. Tapi jika melihat rencananya APE masih memiliki harapan untuk kembali pulih bahkan naik lebih tinggi. 

Semua bergantung kepada pemilik proyek karena jika rencana dilakukan dan komunitas tetap kuat maka seharusnya proyek APE masih bagus.

Ditambah dengan banyaknya dukungan finansial dari komunitas seharusnya masa depan APE akan cerah jika pemilik proyek terus mengembangkannya. 

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin