NFT Bored Ape Diretas, OpenSea Hadapi Gugatan 1 Miliar Dollar

Rossetti Syarief

22nd February, 2022

Salah seorang mantan pemilik NFT Bored Ape mengajukan gugatannya terhadap OpenSea marketplace setelah koleksi NFT miliknya diretas.

Korban menjadi sasaran eksploitasi pada platform tersebut yang melibatkan daftar tidak aktif, serta menyebabkan seseorang dapat membeli koleksi Bored Ape-nya hanya dengan 0,01 ETH.

Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui secara rinci awal mula gugatan itu dimuat dan preseden yang dapat ditetapkan dari keputusan ini.

NFT Bored Ape Diretas

Seorang kolektor NFT asal Texas telah mengajukan gugatan akhir pekan lalu, meminta ganti rugi senilai lebih dari 1 juta Dollar atau setidaknya mengembalikan dengan sah NFT Bored Ape #3475 miliknya.

Pria tersebut menuduh OpenSea marketplace sebenarnya mengetahui bug pada platform yang mengakibatkan penjualan koleksinya hanya bernilai 0,01 ETH karena tidak terdaftar untuk dijual oleh pemiliknya pada saat dieksploitasi.

Koleksi NFT yang diretas hanya dijual 0,01 ETH, lalu dengan cepat dijual peretas dengan harga awal senilai 99 ETH atau sekitar 250 ribu Dollar dengan harga yang berlaku saat ini. 

Dalam keluhannya, korban menyatakan bahwa“alih-alih mematikan platformnya untuk mengatasi dan memperbaiki masalah keamanan ini, tergugat terus beroperasi, sementara korban mempertaruhkan keamanan NFT penggunanya dan brankas digital untuk terus mengumpulkan 2,5% dari setiap transaksi tanpa gangguan.”

Sementara itu, NFT Ape sendiri adalah koleksi dengan persentase kelangkaan yang cukup tinggi yaitu 20%. Banyak koleksi Bored Ape Yacht Club lainnya yang menghasilkan 1 juta Dollar.

OpenSea Tidak Mengambil Langkah Serius

Bergantung pada bagaimana kasus ini berjalan, ada peluang besar bagi gugatan ini untuk menjadi preseden tuntutan hukum NFT atau konsistensi suatu keputusan dengan putusan lain yang memiliki perkara serupa. 

Nantinya, ada kemungkinan semua pasar NFT yang sedang berkembang untuk diawasi dengan ketat sebagai upaya agar tidak terjadi tindakan serupa. 

Selain Bored Ape, ada proyek NFT besar lainnya yang menetapkan harga tinggi. Karena itu, banyak individu menanamkan kepercayaan penting di pasar NFT.

Orang yang mengajukan gugatan itu berargumen bahwa dia telah mencoba menyelesaikan masalah dengan OpenSea secara langsung, namun pihak OpenSea tidak mengambil tindakan serius.

Baca Juga: Rekor Baru! CryptoPunk #5822 Terjual 23,7 Juta Dollar

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.