Mengenal Bored Ape Yacht, Koleksi NFT Paling Berharga

NFT jelas mengalami lonjakan besar-besaran di 2021 dan tahun ini pun diprediksi akan semakin meledak, mengingat namanya yang kian tenar dan dijadikan salah satu komponen utama untuk metaverse, dunia virtual yang sedang dikembangkan.

NFT yang berhasil mencuri perhatian di awal tahun adalah NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC), belum genap satu tahun di luncurkan pada April 2021 NFT ini berhasil raih pamor mengesankan. Utamanya saat tokoh-tokoh terkemuka membeli NFT ini.

Apa itu NFT Bored Yacht Club (BAYC) dan apakah ia bernilai untuk dijadikan pilihan investasi?

NFT Bored Yacht Club (BAYC)

Bored Ape Yacht Club adalah serangkaian 10.000 gambar avatar pixel yang dicetak dalam bentuk NFT di blockchain Ethereum. NFT ini dibuat Yuga Labs, Bored Ape Yacht Club dirilis dan dirilis April 2021.

Sesuai dengan namanya, NFT ini merupakan gambar avatar pixel yang menampilkan wujud kera dengan ekspresi wajah bosan. Setiap karakter menggunakan atribut dan aksesoris yang berbeda dengan warna serta motif beragam.

Ragam motif NFT Bored Ape Yatch
Ragam motif NFT Bored Ape Yacth

Menurut laporan statistik dappradar, NFT Mutan Bored Ape Ycth berada di peringkat kedua koleksi teratas pekan ini. Penilaian pasar keseluruhan menunjukkan BAYC berada di angka 2,73 miliar dolar AS.

Saat ini harga dasar satu NFT BAYC berada di level 273.420 dolar AS (sekitar Rp3,9 miliar), namun harga rata-ratanya berada di kisaran 287.740 dolar AS (setara Rp4,1 miliar) per NFT BAYC.

Tokoh Terkemuka Beli NFT Bored Ape Yacht Club

Kepopuleran BAYC ini tidak lepas dari banyaknya individu terkenal yang membelinya, sebut saja Eminem,  Jimmy Fallon, Stephen Curry,  Dave Chappelle, dan Snopp Dog. 

Eminem membeli BAYC seharga 123,45 Ethereum, atau sekitar $452.000 setara dengan 6,4 miliar, Stephen Curry membeli NFT BAYC senilai 55 ETH atau 180.000 dolar AS, setara Rp2,57 miliar pada Agustus 2021, Jimmy Fallon dengan harga $145.000 setara dengan Rp2.08 miliar dan Dave Chappelle memperoleh BAYC seharga 99 ETH setara $371.000 setara dengan Rp5,3 miliar.

Di luar selebriti merk terkenal seperti Adidas pun melakukan kemitraan dengan BAYC untuk proyek NFT pertamanya.

Investasi Bagus atau Pamer Kekayaan

Apakah NFT berupa investasi atau hanya ajang pamer kekayaan? Jawaban ini sebetulnya subjektif sebab yang memberikan nilai pada NFT adalah para pembeli dan penjual yang memasarkan karya mereka di berbagai platform.

Namun ada tiga hal yang setidaknya mampu membuat NFT menjadi aset yang cukup “bernilai” di antaranya adalah keterlibatan influencer/selebriti, kekuatan komunitas, dan utilitas untuk anggota.

Keterlibatan Influencer

Ketika orang terkenal memiliki NFT, itu membuat orang lain ingin memilikinya juga.

Contohnya adalah Jimmy Fallon selama berminggu-minggu setelah menggunakannya sebagai gambar profil di Twitter, di mana ia memiliki 50 juta pengikut.

Itu membawa hiruk pikuk dan penjualan, yang tercermin dalam volume penjualan dan kenaikan harga.

Utilitas

Sebagian besar proyek NFT mengklaim menawarkan semacam utilitas, baik itu akses ke game play-to-earn atau opsi untuk mempertaruhkan NFT dengan imbalan cryptocurrency terkait dua Kong untuk membiakkan BabyKong NFT.

Bored Ape Yacht Club telah melakukan beberapa hal untuk membuat pemiliknya tetap tertarik. Pertama, ia menciptakan Bored Ape Kennel Club, menawarkan pemilik kesempatan untuk “mengadopsi” anjing NFT dengan ciri-ciri yang meniru sifat-sifat dari Bored Apes.

Pada bulan Agustus 2021 lalu ada botol digital serum mutan. Pemilik dapat mencampurkan Bored Ape mereka dengan serum untuk membuat NFT lain –Mutan Ape. Baik NFT Kennel Club dan Mutant Ape dijual dengan harga mahal.

Dari perspektif biaya peluang, membayar ratusan ribu dolar untuk token digital adalah permintaan besar, bahkan untuk selebritas kaya. Para pendukung berbicara tentang kelangkaan digital dan aktualiasi diri untuk memiliki barang-barang seperti itu.

Dalam kasus BAYC, kepemilikan token juga memberikan akses ke pertemuan terorganisir dan acara eksklusif di dunia nyata, termasuk pesta kapal pesiar dan konser.

NFT pada akhirnya termasuk Bored Ape Yatch lebih dari sekadar seni digital. Dengan munculnya Metaverse dan GameFi (menggabungkan game dengan keuangan terdesentralisasi), mereka akan menjadi cara untuk mengakses ranah dan fitur eksklusif di dunia virtual.

Top exchange
Pintu
17 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

17 Ulasan
Daftar