Tips dan Rekomendasi GameFi untuk Tahun 2022

GameFi atau Game Finance merupakan salah satu ekosistem yang sedang meningkat dan diprediksi akan meledak di 2022.

Permainan berbasis blockchain ini merupakan cara untuk pemain dapat menghasilkan uang dengan cara bermain dan juga menjual beli Non Fungible Token (NFT).

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memulai bermain GameFi dan rekomendasi GameFi potensial untuk Tahun 2022.

Cara Terjun ke Proyek GameFi dengan Optimal

Terdapat empat langkah yang harus dilakukan jika seorang pemain ingin mendapatkan penghasilan yang optimal dalam dunia GameFi.

1. Pahami Penggunaan Wallet

Langkah pertama sebelum terjun ke GameFi adalah memahami cara menggunakan wallet yang terdesentralisasi dan bisa tersambung langsung ke blockchain.

Dalam memahami penggunaan wallet, pemain juga harus memahami perbedaan antara wallet hardware atau cold dan juga wallet software atau hot.

Pada umumnya pemain yang sudah handal dan mengelola banyak crypto akan menggunakan satu hardware wallet.

Penggunaan hardware wallet digunakan untuk memastikan semua dana terjaga dengan aman, karena tidak lebih rentan terhadap peretasan.

Tapi penggunaan hardware wallet bukan kewajiban, karena pemain juga bisa menggunakan software atau hot wallet seperti Metamask atau Trust Wallet.

Yang perlu dipahami adalah cara pemakaian dan apakah wallet tersebut cocok dengan blockchain dimana permainan itu berdiri.

2. Mengulas Proyek Penerbit Game

Langkah berikutnya sebelum mulai bermain adalah memeriksa dan mengulas proyek yang menerbitkan permainan GameFi.

Analisis atau ulasan ini dapat dilakukan sama halnya seperti saat melakukan analisis fundamental terhadap suatu proyek crypto.

Langkah yang paling umum dilakukan adalah melihat apa proyeknya secara jelas, siapa pendiri dan tim dibaliknya, bagaimana perkembangan proyek dan komunitas, dan bagaimana tokennya.

Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan apakah sebenarnya proyek permainan ini aman dan apakah benar imbalannya akan menguntungkan.

Selain itu dengan mengetahui proyeknya, pemain akan lebih nyaman terutama saat melihat komunitasnya yang aktif, untuk berbagi pengetahuan.

Yang penting juga adalah mengetahui token economics agar mengetahui bagaimana potensi pergerakan dan keamanan token imbalan tersebut ke depannya.

3. Mengetahui Keperluan Modal

Langkah berikutnya adalah mengetahui keperluan modal untuk dapat bermain dan menghasilkan keuntungan.

Mayoritas GameFi memberi kewajiban kepada para pemain untuk mengeluarkan modal, seperti membeli karakter atau kartu dalam bentuk NFT untuk mulai bermain.

Umumnya yang perlu diperhatikan adalah berapa besar modal yang harus dikeluarkan dan perangkat apa saja yang dibutuhkan.

Terdapat beberapa permainan yang tidak memerlukan modal, butuh modal hanya sekitar Rp200 Ribu, dan membutuhkan lebih dari Rp50 Juta.

Selain itu ada juga yang membutuhkan perangkat seperti PC atau Laptop, ada juga yang hanya memerlukan Smart Phone.

Hal-hal tersebut perlu diketahui, agar saat ingin bermain tidak ada halangan dan kerugian yang keluar karena kurang teliti.

4. Memahami Cara Bermain Efektif

Langkah terakhir adalah memahami cara bermain yang efektif. Tujuannya adalah agar tidak membuang waktu berlebihan untuk keuntungan kecil.

Untuk cara bermain yang efektif, tiap permainan memiliki caranya masing-masing, sehingga perlu dipelajari sesuai permainan.

Tapi perlu diketahui bahwa seluruh permainan tersebut membutuhkan strategi karena untuk mendapatkan uang di GameFi juga perlu usaha.

Strategi masing-masing permainan bisa ditemukan di seluruh sosial media dan komunitas permainan tersebut.

Di luar platform tersebut, pemain juga bisa melihat ke Youtube gamer GameFi atau Discord untuk mencari pemain permainan tersebut dan mencari ilmu secara personal.

Rekomendasi GameFi 2022

Untuk Tahun 2022 banyak pemain yang menyatakan bahwa fenomena GameFi akan mengarah ke Metaverse.

Di luar Metaverse, banyak game lain yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi. Berikut adalah tiga game yang potensial di Tahun 2022.

1. The Sandbox Game

Pertama adalah The Sandbox Game (SAND) yang merupakan sebuah game berbasis Metaverse dan telah mendapatkan dukungan dari beberapa perusahaan besar.

Permainan ini merupakan tempat untuk menjelajahi dunia virtual dan dunia tersebut kemungkinan akan meluncur di pertengahan 2022.

Beberapa cara untuk menghasilkan keuntungan di Sandbox kemungkinan adalah dengan bermainan mini games di dunia tersebut dan menjual beli seluruh hal di Sandbox dalam bentuk NFT.

Selain itu cara mendapatkan keuntungan kemungkinan juga dengan menjual beli tanah di dunia tersebut atau bahkan menyewakannya.

Saat ini Sandbox sedang dalam tahap uji coba oleh beberapa pemain khusus. Jika semua lancar, kemungkinan Sandbox akan lebih baik dari Decentraland, game metaverse pertama.

2. Illuvium

Kedua adalah Illuvium (ILV), sebuah game berbasis blockchain yang sering disandingkan dengan permainan bernama Pokemon.

Dikabarkan bahwa Illuvium adalah GameFi yang akan meluncur di awal hingga pertengahan 2022.

Harga tokennya sendiri telah naik lebih dari 100% hingga 20 Desember 2021 dan telah meningkat lebih dari 300% sejak diperdagangkan hingga harga tertingginya.

Pergerakan tersebut menandakan antusiasme investor terhadap permainan ini yang juga terlihat dari sosial media seperti Twitter.

Cara mendapatkan keuntungan dari game tersebut kemungkinan besar adalah menjual beli karakter monster dalam bentuk NFT dan juga melawan monster lain, layaknya Pokemon.

Nantinya pemain akan menangkap monster kemudian merawatnya dan dapat menjual atau menggunakannya untuk melawan monster lain.

Melihat larisnya Pokemon, kemungkinan Illuvium juga akan mengalami nasib yang sama dan mendapatkan ketertarikan tinggi di 2022.

3. Thetan Arena

Terakhir adalah Thetan Arena (THG), salah satu permainan yang sedang ramai diperbincangkan pada akhir 2021, terutama di Filipina dan Indonesia.

Permainan ini seringkali disandingkan dengan permainan umum yaitu Mobile Legends, yang juga menjadi alasan mengapa ketertarikannya terus meningkat.

Cara bermainnya relatif sama, dimana pemain akan melawan pemain lain dalam dua mode yaitu MOBA dan Battle Royale.

Permainan ini membutuhkan strategi, karena Thetan Arena juga bertujuan untuk menjadi salah satu permainan cabang e-sports yang serius.

Thetan Arena sendiri sudah dapat dipermainkan dan permainan ini merupakan satu dari sedikitnya permainan berbasis blockchain yang dapat dimainkan di Smart Phone.

Kecocokannya dengan iOS dan Android, membuat ketertarikannya semakin tinggi, ditambah dengan modalnya yang masih relatif murah.

Sehingga untuk saat ini permainannya masih terus berkembang dan bersamanya, partisipan atau pemain di dalamnya juga terus meningkat dalam jumlah.

Top exchange
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Pintu
17 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

17 Ulasan
Daftar