Most Impactful Figures · 7 min read

Daftar Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Kripto dan Web3 Indonesia 2023

Most Impactful Figures 2023

Coinvestasi’s Most Impactful Figures 2023 menghargai individu yang memberikan dampak besar pada industri kripto dan Web3 di Indonesia yang terus berkembang.

Pemilihan ini mencerminkan komitmen Coinvestasi untuk mendorong sektor ini melalui kolaborasi dengan regulator, industri, pendidik, dan kreator konten. 

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi pelaku industri tersebut untuk terus berinovasi dan membangun ekosistem yang sehat bagi pengguna, regulator, dan pelaku industri lainnya,” kata Dhila, Managing Director Coinvestasi. 

Berikut adalah tokoh-tokoh yang terpilih sebagai Coinvestasi’s Most Impactful Figures 2023.

Didid Noordiatmoko (Kepala Bappebti 2023) 

Didid Noordiatmoko menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Bappebti dari April 2022 – Januari 2023. Ia resmi menjadi Kepala Bappebti pada Februari – Oktober 2023.

Di masa kepemimpinannya ia telah memenuhi target untuk melengkapi ekosistem kripto di Indonesia dengan meresmikan bursa kripto, kliring, dan depositori pada Juli 2023.

Ia juga berperan aturan Perba 13/2023 yang terkait dengan perubahan mengenai penyelenggaraan perdagangan dengan perubahan ambang batas modal, penjaminan penyelesaian transaksi di kliring.

Selanjutnya adalah adanya Perba 4/2023 yang melegalkan 501 aset kripto di Indonesia sebagai komoditas sehingga sah diperdagangkan di exchange kripto terdaftar Bappebti. 

Baca juga: Bappebti Rilis 501 Aset Kripto Legal di Indonesia

Robby Bun (Ketua ABI-Aspakrindo dan CCO Reku)

Robby Bun sepanjang tahun 2023 telah berperan aktif baik dalam sisi regulasi dan bisnis. Robby telah melakukan berbagai advokasi regulasi blockchain dan perdagangan aset kripto di Indonesia bersama pemerintah, mendorong inisiatif pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan pelaku industri terhadap teknologi blockchain dan aset kripto, membangun kerjasama erat dengan pemangku kepentingan industri. 

Di Reku, Robby berhasil mendorong timnya untuk menyediakan dan meningkatkan fitur staking Reku, mengorganisir acara literasi Reku Roadshow, dan telah resmi terdaftar sebagai pedagang aset kripto pertama di Bursa Komoditi Nusantara atau CFX. 

Baca juga: Reku Sukses Adakan Roadshow ke 26 Kota di Indonesia

Asih Karnengsih (Eksekutif Direktur ABI-Aspakrindo) 

Sebagai Eksekutif Direktur ABI-Aspakrindo, Asih Karnengsih berperan aktif untuk melakukan edukasi mengenai penerapan teknologi blockchain di Indonesia. Asih juga banyak berkolaborasi dengan pemerintah dan sektor swasta untuk membentuk ekosistem kripto dan blockchain di Indonesia yang lebih baik.

Subani (Presiden Direktur CFX) 

Subani menahkodai Commodity Futures Exchange (CFX) atau dikenal juga sebagai bursa kripto Indonesia. CFX menjadi salah satu ekosistem kripto di Indonesia yang berperan untuk membentuk lingkungan perdagangan kripto yang aman dan dapat dipercaya

CFX berkomitmen bursa ini sebagai yang pertama di dunia mencerminkan kepemimpinan dan inovasi dalam membentuk atmosfer yang aman untuk perdagangan kripto. Capaian tersebut sangat penting untuk membangun kepercayaan di antara pengguna dan mempromosikan adopsi kripto secara global.

Baca juga: Mendag Resmikan Bursa Kripto, Catat 3 Poin Penting Ini!

Yudhono Rawis (CEO Tokocrypto)

Di bawah kepemimpinan Yudhono Rawis, Tokocrypto mengalami pertumbuhan yang signifikan, mengamankan posisinya sebagai salah satu exchange kripto ternama di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 43%. 

Yudhono Rawis juga telah menunjukkan komitmen terhadap pendidikan dan literasi kripto dengan berinvestasi sekitar US$70.000 pada tahun 2023.

Tokocrypto telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pajak, melebihi Rp45 miliar dari Januari hingga Mei 2023. Selain itu, Yudhono Rawis telah secara aktif mempromosikan pendidikan dan adopsi Web3 melalui acara kolaboratif dengan komunitas, universitas, dan mitra.

William Sutanto (Founder BlockDevId dan CTO Indodax)

Pada tahun 2023, William mendirikan BlockDevId, sebuah platform yang didedikasikan untuk membina komunitas akar rumput pengembang Web3. Sebagai bagian dari inisiatif ini, BlockDevId juga berhasil menyelenggarakan acara seperti W3W dan W3.AI, yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem pengembangan web3.

Aktif dalam berbagi ilmu, William juga mengikuti berbagai acara edukasi di institusi seperti SGU dan Binus, berkolaborasi dengan organisasi seperti Asosiasi Blockchain Indonesia, Coinvestasi, Kunci, AAG, dan lain-lain. 

Arief Widhyasa (CEO Mythic Protocol)

Di tengah masa pemulihan dari crypto winter yang terjadi pada 2022, Arief dan tim Mythic Protocol terus berinovasi dan bergerak untuk menjalankan proyeknya yang bergerak dalam pengembangan game Web3. 

Di tahun ini, ia dan tim berhasil mendapatkan putaran pendanaan awal sebesar US$6,5 juta (sekitar 99,8 miliar Rupiah), dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan Shima Capital.

Pendanaan tersebut akan digunakan untuk membangun ekosistem hiburan kolaboratif, mengintegrasikan teknologi seperti blockchain, AI, dan video game. Perusahaan berencana meluncurkan produknya secara global, dengan fokus pada pasar AS pada tahun 2024.

Mario Nurcahyanto (Founder Parallax)

Pada tahun 2023, pendiri Parallax ini aktif melakukan  penelitian khusus, desain, dan pengembangan beragam aplikasi terdesentralisasi (Dapps) yang melayani berbagai kasus penggunaan.

Kedua, upaya aktif dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang Regenerative Web3, sehingga berkontribusi terhadap kesadaran dan pemahaman yang luas.

Parallax juga terus berkomitmen untuk secara konsisten memberikan bantuan bagi pengembang lokal, memberdayakan mereka untuk berkontribusi dalam skala global. Pencapaian ini mencerminkan komitmen Parallax terhadap inovasi, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat dalam lanskap dinamis teknologi terdesentralisasi.

Stephen Budiman Ng (CEO Nusameta) 

Sepanjang tahun 2023, Stephen Budiman dan tim telah berhasil menjadi berbagai kemitraan untuk proyek Nusameta. Di antaranya adalah kemitraan ekuitas dengan Grup Salim, yang menandai kolaborasi strategis, kemitraan yang ditandatangani dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang berfokus pada pendidikan metaverse di 10 kota, serta perjanjian kolaboratif dengan enam komunitas dan 15 institusi pendidikan. 

Nusameta tahun juga meluncurkan Creator Tools, yang membangun ekosistem kuat yang berkontribusi pada evolusi teknologi metaverse. Pencapaian Stephen Budiman Ng menggarisbawahi kontribusinya yang besar dalam membina kolaborasi, memajukan pendidikan, dan mendorong inovasi dalam lanskap metaverse yang sedang berkembang.

Baca juga: Nusameta Luncurkan Tools Baru, Ajak Content Creator Masuki Dunia Virtual

Budi (Founder IDNFT)

IDNFT merupakan komunitas NFT di Indonesia yang berfokus untuk menjembatani kesenjangan antara industri NFT dan pengguna. Sepanjang tahun 2023, Budi dan tim telah aktif memberikan edukasi mengenai NFT, Web3, dan Blockchain, melalui acara roadshow di 10 kampus besar.

IDNFT juga bekerja sama dengan entitas global seperti Binance, Solana, Algorand, Tezos, Near, Pintu, Tokocrypto, Lenovo, Acer, Kominfo, dan lebih dari 50 merek dan bisnis ternama lainnya.


Itu dia nama-nama yang berhasil masuk ke dalam Most Impactful Figures 2023. Coinvestasi juga memberikan Honorable Mention kepada beberapa tokoh industri kripto dan Web3 yang turut berperan meningkatkan pertumbuhan industri tersebut di Indonesia. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hasan Fawzi (Dewan Komisioner OJK Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan).
  2. Kasan (PLT Bappebti sejak Oktober 2023).
  3. Lifedoory Hatumessen (Co-Founder & COO Qolaq).
  4. Robby Jeo (CEO Kommunitas).
  5. Jagad Marcelleno (CEO Mindblowon Universe).
  6. Joshua Budiman (Co-Founder Sekuya).
  7. Angga Andinata (Founder BelajarBitcoin).

Di luar individu yang disebutkan, terdapat banyak tokoh lain yang turut andil dalam kemajuan kripto dan Web3 di Indonesia. Meskipun tidak tercantum dalam daftar, Coinvestasi meyakini kontribusi mereka tetap berperan dalam memajukan, membangun, dan mengembangkan industri kripto dan Web3 di Tanah Air.

 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.