Berita Industri · 5 min read

14 Tokoh di Industri Kripto Paling Berpengaruh di Indonesia

Most Impactful Figures Coinvestasi

Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat adopsi ketiga tertinggi di dunia, dengan lonjakan 115,59 % menurut DappRadar.

Menurut Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) transaksi kripto di Indonesia per Januari-September sudah menyentuh sekitar 266 triliun dengan jumlah pelanggan sekitar 16,1 juta pelanggan dengan 25 bursa dan 383 aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti. 

Berbagai pencapaian itu tentu tidak lepas dari berbagai pihak yang terus bertahan dan optimis untuk membangun dan memberikan dampak pada industri kripto di Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi terkait hal tersebut, Coinvestasi pun memberikan penghargaan bertajuk Coinvestasi’s Most Impactful Figures 2022 bagi 14 tokoh dari 12 entitas/perusahaan yang melalui penilaian internal tim Coinvestasi memiliki pengaruh dan kontribusi positif bagi industri kripto di tahun 2022.

“Daftar Coinvestasi’s Most Impactful Figures 2022 diberikan kepada para tokoh yang bukan hanya bertahan selama kondisi market yang menantang tetapi juga terus berkontribusi memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri kripto dan web3 di Indonesia. Harapannya dengan adanya penghargaan ini bisa terus menjadi dorongan untuk para pelaku industri kripto dan web3 dalam menciptakan inovasi dan membangun ekosistem industri yang sehat bagi pengguna, regulator, maupun pelaku usaha lainnya,” kata Dhila, Managing Director Coinvestasi.

“Saya merasa terhormat mendapat penghargaan dari Coinvestasi dan ini juga menjadi bahan bakar bagi saya dan tim untuk selalu berinovasi dan memberikan dampak positif kepada dunia dengan menggunakan teknologi web3,” kata Rahmat Albariqi, Founder Paras. 

“Saya mewakili PINTU berterima kasih atas diberikannya penghargaan ini dan disandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya. Saya mempersembahkan penghargaan ini bagi seluruh investor aset crypto di Indonesia dan penghargaan ini juga sebagai bentuk dorongan kami di PINTU untuk terus memberikan inovasi yang dibutuhkan oleh investor crypto di Indonesia,” kata Jeth Soetoyo, CEO dan Founder PINTU.

Berikut ini adalah daftar tokoh kripto yang memiliki kontribusi positif bagi industri kripto di Indonesia 2022. 

Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga adalah Wakil Menteri Perdagangan RI yang menjabat untuk periode 2019-2024, di bawah masa jabatannya segelintir keputusan terkait aset kripto diputuskan seperti daftar 383 aset kripto legal di Indonesia, adanya rencana untuk mendirikan bursa kripto Indonesia, dan pengaturan pajak kripto di Indonesia. 

Tirta Karma Senjaya

Tirta Karma Senjaya
Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta Karma Senjaya

Tirta Karma Senjaya adalah Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta aktif untuk mengedukasi soal perdagangan fisik Aset Kripto di Indonesia dengan menjadi narasumber/pembicara dalam literasi, seminar, lokakarya dan simposium sebanyak 53 kegiatan dari berbagai Kementerian/Lembaga/Universitas dan lainnya. 

Tirta juga aktif memberikan masukan dan pembinaan terhadap Peraturan Bappebti Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto, turut secara aktif membuat kajian dan evaluasi dalam rangka pengemban aset kripto di Indonesia, seperti kajian kebijakan terkait NFT, evaluasi penilaian aset kripto (AHP), kajian kebijakan ICO/ITO dan sebagainya dan turut aktif dalam upaya mewujudkan ekosistem perdagangan aset kripto di Indonesia. 

Baca juga: Ini 12 Tokoh Penggerak Industri Blockchain dan Crypto di Indonesia

Asih Karnengsih

Asih Karnengsih
Ketua ABI, Asih Karnengsih

Sebagai Ketua ABI, Asih Karnengsih telah berhasil berperan untuk beberapa kebijakan penting soal regulasi kripto di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah soal pajak aset kripto dan pendekatan mengenai RUU PPSK 2023, pengembangan revisi Perba 8/2021 (recently issued Perba 13/2022), dan membangun relasi dengan industri blockchain internasional

Oscar Darmawan

Oscar Darmawan
CEO Indodax, Oscar Darmawan

CEO Indodax, Oscar Darmawan aktif bersama ABI untuk membahas soal regulasi aset kripto di Indonesia, ia juga secara terbuka memberikan transparansi soal aset kripto di wallet Indodax. Oscar  Darmawan juga berhasil masuk ke dalam Fortune Indonesia 40 under 40. 

Baca juga: 5 Aset Kripto Potensial Menurut CEO Indodax

Jeth Soetoyo

Jeth Soetoyo
CEO PINTU, Jeth Soetoyo. Sumber foto: Hakim Satriyo

Sebagai CEO PINTU, Jeth Soetoyo berhasil membawa bursa kripto PINTU mendapatkan pendanaan senilai 113 juta dollar.

Jeth adalah kontributor tepercaya dan mitra diskusi bagi regulator untuk mengembangkan industri melalui masalah regulasi umum, pajak, dan literasi kripto baik secara individu, anggota komite aset kripto A-B-I maupun anggota Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO). 

Lewat kepemimpinannya Pintu telah membangun basis komunitas kripto yang kuat dan aplikasi PINTU telah diunduh lebih dari enam juta kali.

PINTU juga memiliki Pintu Academy, sebuah program yang dirancang untuk mendidik dan mengajarkan pedagang kripto pemula seluk beluk perdagangan, menyesuaikan pedagang dengan fundamental kripto, dan memahami cara berinvestasi dan mengelola risiko dengan cara yang berkelanjutan.

Baca juga: Jeth Soetoyo Ungkap Alasannya Buat Bursa Kripto PINTU

Kenneth Destian Tali dan Budi Sukmana

Founder Sermorpheus
Co Founder Sermorpheus, Kenneth dan Budi

Co Founder Sermorpheus, Kenneth dan Budi berhasil mengenalkan dan mengimplemntasikan kegunaan NFT dengan cara yang sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari melalui tiket konser NFT hingga terlibat dalam industri film dengan meluncurkan NFT film Mencuri Raden Saleh yang bisa dibeli dengan Rupiah.

Baca juga: Habis Dapat Dana Rp37 Miliar, Ini Langkah Sermorpheus Berikutnya

Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan 

Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan 
Co Founder Paras, Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan 

Rahmat dan Afiq membangun dan memimpin Paras, sebagai marketplace NFT pertama dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Dalam perjalanannya, Paras telah menorehkan prestasi dengan mendapatkan volume perdagangan lebih dari 25 juta dollar dan mendapatkan predikat marketplace NFT terbesar di Near Protocol. 

Ghozali

Ghozali
Kreator NFT, Ghozali

Ghozali merupakan kreator koleksi NFT ‘Ghozali Everyday’. Koleksi NFT nya berhasil terjual hingga 1,5 miliar Rupiah di OpenSea. Berkat koleksi NFT nya, Ghozali berhasil menjadi fenomena meledaknya NFT di Indonesia dan meningkatkan kesadaran serta ketertarikan masyarakat terhadap NFT.

Baca juga: Selfie Menjadi NFT, Ghozali Untung Miliaran Rupiah! Bagaimana Caranya?

Irene Umar

Irene Umar
Co-Founder YGG SEA, Irene Umar

Sebagai Co-Founder YGG SEA Irene ingin membuat ekonomi berbagai lapisan masyarakat berdaya lewat game play to earn.

YGG SEA telah memiliki lebih dari 15 ribu scholar di Asia Tenggara dalam setahun di enam negara. YGG SEA adalah Gaming Guild dengan game blockchain terbanyak yang tersedia.

Baca juga: YGG SEA Coba Ubah Anggapan Masyarakat Tentang Game

Grady Edbert & Jeffry Jouw

Grady Edbert & Jeffry Jouw
Founder Karafuru, Grady Edbert & Jeffry Jouw

Grady dan Jeffry Jouw berhasil ciptakan rekor untuk proyek NFT Indonesia lewat Karafuru yang berhasil menorehkan transaksi senilai 1 triliiun Rupiah. Keberhasilan keduanya turut memompa antusiasme masyarakat untuk mengenal NFT. Mereka juga berhasil menggelar festival NFT pertama di Indonesia secara luring.

Markus Liman Rahardja

Chief Investment Officer BNI Ventures, Markus Liman Rahardja

Punya pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia investasi, Markus Liman dengan BRI Ventures turut berperan menemukan 12 proyek dan startup Blockchain serta Web3 potensial yang layak mendapatkan pendanaan lewat program Tokocrypto Sembrani Blockchain Accelerator

Baca juga: 5 Kriteria untuk Dapat Pendanaan dari BRI Ventures!


Itu dia nama-nama yang berhasil masuk ke dalam Most Impactful Figures 2022, Coinvestasi juga memberikan Honorable Mention kepada beberapa tokoh industri kripto yang juga turut berperan untuk meningkatkan pertumbuhan industri kripto di Indonesia. Di antaranya adalah sebagai berikut. 

Honorable mention Most Impactful Figures 2022
Honorable mention Most Impactful Figures 2022
  1. Wishunatama, Founding and Chairman Jagat Nusantara
  2. Glenn Ardi, Managing Director Coindesk Indonesia 
  3. Bryan Blanc, Co-Founder dan COO Netra
  4. Pang Xue Kai, Founder Tokocrypto 
  5. Stephen NG, Chief of Metaverse Nusameta
  6. Rudi Harli Setiawan, Founder & CEO Eizperchain
  7. Arief Widhiyasa, CEO Mythic Protocol 
  8. Novrizal Pratama, CEO Gaspack
  9. Filianingsih Hendarta, Asisten Gubernur dan Head of Payment System Policy Departement Bank Indonesia
  10. Robby Bun, CCO dan Co-Founder Rekeningku 
  11. Desi Indarti, Crypto Mining Enterpreneur
  12. Olivia Sim, CFA Crypto Project Specialist

Selain nama-nama tersebut, tentu masih banyak pihak yang berperan untuk kemajuan kripto di Indonesia yang meski mereka tidak masuk ke dalam daftar, Coinvestasi percaya mereka akan terus membantu, membangun, dan mengembangkan industri kripto di Indonesia. 

Nominasikan diri kamu atau seseorang yang kamu tahu  jika berkontribusi dan memiliki inisiasi untuk memajukan industri kripto di Indonesia untuk masuk ke dalam Coinvestasi’s Most Impactful Figures 2023 di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.