Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Mengenal Hardware Wallet dan Rekomendasinya

Memiliki wallet atau dompet cryptocurrency adalah langkah pertama untuk menyimpan Bitcoin atau crypto lainnya sebelum digunakan. Wallet crypto  pada dasarnya setara dengan rekening bank. Ini memungkinkan Anda untuk menerima, menyimpan, atau mengirimkan Bitcoin serta koin lainnya kepada orang lain.

Anda dapat menganggap wallet ini sebagai antarmuka pribadi kamu ke jaringan Bitcoin, mirip dengan bagaimana rekening bank online yang digunakan untuk mata uang fiat. Wallet berisi privat key atau kode rahasia yang memungkinkan Anda untuk menggunakan koin Anda.

Pada kenyataannya, itu bukan koin yang perlu disimpan dan diamankan. Tetapi kunci pribadi yang memberikan Anda akses untuk menggunakan crypto yang kamu miliki. Singkatnya, wallet crypto atau Bitcoin hanyalah sebuah aplikasi, situs web, atau perangkat yang mengelola kunci pribadi untuk kamu.

Jenis wallet crypto yang umum dikenal salah satunya adalah adalah hardware wallet. Artikel ini akan membahas hardware wallet, keuntungan menggunakan hardware wallet dan rekomendasinya.

Hardware Wallet

Sesuai namanya hardware yang berarti perangkat keras, maka hardware wallet adalah dompet yang berbentuk benda padat dan dibuat dengan tujuan untuk mengamankan aset crypto. Biasanya hardware wallet berbentuk seperti USB atau hardisk. Perangkat ini harus terhubung ke komputer, ponsel atau tablet  agar aset bisa diakses sebelum digunakan.

Keuntungan Menggunakan Hardware Wallet

Hardware wallet dapat Anda jadikan pilihan yang baik jika Anda serius tentang keamanan dan penyimpanan Bitcoin & crypto yang nyaman. Hal ini dikarenakan hardware wallet  memisahkan kunci pribadi dari perangkat yang rentan dan terhubung ke internet.

Kunci pribadi atau key privat ini sangat penting dijaga dalam lingkungan offline yang aman di dompet perangkat keras, terlindungi sepenuhnya bahkan jika perangkat dicolokkan ke komputer yang terinfeksi malware. Karena Bitcoin dan cryptocurrency adalah digital, penjahat cyber dapat berpotensi untuk meretas wallet yang digunakan secara online seperti web wallet. 

Hardware wallet cenderung lebih aman, karena jika ingin membukanya, maka harus memilikinya dan mengetahui key privatnya.  Kemudian ketika, hardware wallet kamu hilang, rusak atau dicuri kamu masih bisa mengambil crypto yang dimiliki jika membuat kode cadangan rahasia.  Selain keamanan yang lebih baik, hardware wallet juga mudah digunakan jika kamu sudah memahami cara kerjanya.

Rekomendasi Hardware Wallet

Ledger Nano X

Ledger Nano X adalah  wallet terbaru Ledger. Manfaat utamanya adalah memiliki Bluetooth, menjadikannya sebagai walet perangkat keras pertama yang terhubung dengan perangkat iOS. Ini disinyalir lebih aman hanya menggunakan aplikasi di ponsel Anda, karena semua transaksi ditandatangani dengan Nano X. Saat ini, harganya $ 119. 

Perbedaan paling signifikan antara Nano X dan Nano S adalah bahwa yang pertama dapat menampung beberapa cryptocurrency sekaligus. Di Nano S, pengguna harus menginstal dan menghapus aplikasi secara manual untuk menggunakan dompet tertentu.

Namun, pengguna dapat menginstal beberapa dompet crypto di Nano X secara bersamaan.  Ledger Nano X berukuran 72mm x 18.6mm x 11.75mm Berat: 34g, dibangun dari stainless steel dan plastik, didukung oleh baterai 100mAh, dapat menyimpan banyak cryptocurrency secara bersamaan.

Ledger Nano X mendukung koin yang sama dengan Nano S. Beberapa koin utama yang tersedia adalah: Bitcoin, Bitcoin Cash , Ethereum, Litecoin,  Monero, Ripple, Neo, Binance Coin, Token ERC20

Ledger Nano S

Ledger Nano S adalah yang termurah dari hardware wallet yang memiliki tampilan layar. Harganya sekitar $59. Ledger sendiri adalah  salah satu perusahaan keamanan Bitcoin paling terkenal, dan merilis perangkat ini pada Agustus 2016. Ledge Nano S adalah dompet perangkat keras yang banyak digunaka. Ini adalah perangkat USB  yang  berdasarkan kartu pintar.

Ukurannya kira-kira seukuran flash drive kecil, berukuran 39 x 13 x 4mm (1,53 x 0,51 x 0,16in) dan beratnya hanya 5,9g. Ledger Nano S mampu menjalankan aplikasi pihak ketiga dan saat ini, sesuai situs, ada 18 aplikasi yang dapat diinstal, terintegrasi dengan sejumlah besar dompet perangkat lunak, seluruh proses pemulihan hanya dapat dilakukan dari perangkat tanpa menghubungkannya ke komputer, fitur Ledger teknologi chip yang aman, tidak mencolok dan sederhana dengan berat yang cukup ringan.

Koin yang bisa disimpan di Ledger Nano S adalah Bitcoin (BTC), Bitcon cash  (BCH), Binance Coin (BNB), Cardano (ADA), Dash (DASH), Dogecoin (DOGE), Eos (EOS), Ethereum (ETH), Ethereum Classic (ETC), Litecoin (LTC), Monero (XMR), Ripple (XRP), Stellar (XLM), Tether (USDT), Tron (TRX), Zcash (ZEC)

TREZOR One

TREZOR diluncurkan pada Agustus 2014 sebagai hardware wallet Bitcoin pertama, menawarkan penyimpanan bitcoin yang aman plus kemampuan untuk dibelanjakan dengan kenyamanan karena ukurannya yang kecil dan mudah disimpan di manapun. Sesuai situs web Trezor, mereka mendukung 1064coins, beberapa diantaranya adalah Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, Litecoin dan lain sebagainya. 

Keunggulan Trezor One adalah mudah digunakan, desain yang ramping, dapat digunakan pada semua perangkat asalkan platform kompatibel (Windows, Mac OS X atau Linux), kode pin yang dibuat secara acak menjaga perangkat tetap aman dan terlindungi.

TREZOR T

TREZOR Model-T adalah wallet perangkat keras Bitcoin / crypto generasi kedua yang diproduksi oleh SatoshiLabs. Ini merupakan  versi yang disempurnakan dari Trezor One dengan layar yang lebih baik.

Wallet ini juga tidak memiliki tombol dan benar-benar layar sentuh. Trezor T mendukung semua koin yang didukung Trezor One, bersama dengan Ripple, Cardano, Monero, dan Tezos. Keuntungan dari hardware wallet ini  hampir sama dengan Trezor One namun memiliki lebih banyak koin yang bisa disimpan daripada Trezor One dan menggunakan layar sentuh.

KeepKey

KeepKey ini didirikan pada 2015 oleh Darin Stanchfield dan berkantor pusat di AS. Pada 2016, mereka mengakuisisi Multibit wallet Bitcoin. Kemudian pada Agustus 2017, wallet diakuisisi oleh Shapeshift, bursa berbasis di Swiss. KeepKey adalah salah satu wallet yang mendapatkan respon positif  dan dihargai $99.

Koin yang bisa disimpan atau dikirim dari KeepKey adalah Bitcoin, Bitcoin Cash, Dogecoin, Ethereum, Litecoin dan menyediakan dukungan bagi  token ERC-20. Keunggulan dari wallet ini adalah LCD yang cukup besar dan memudahkan interaksi pengguna, terintegrasi dengan ShapeShift, desainnya user-friendly, dan cipher pemulihan menjaga dompet tetap aman.


Wallet merupakan aspek penting bagi Anda yang ingin membeli, menyimpan dan menggunakan aset crypto. Anda bisa memilih wallet yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jika Anda memilih hardware wallet, pastikan Anda memilih hardware wallet terbaik menurut versi Anda dan bisa menggunakan serta mengamankannya dengan baik.

Artikel ini hanya merupakan edukasi mengenai hardware wallet dan bukan merupakan ajakan atau sebagai promosi merek wallet tertentu. Semua pilihan yang Anda lakukan terkait dengan hardware wallet ini perlu Anda lakukan dengan sadar dan memahami cara kerja hingga risikonya. 

Pertanyaan penting

Apa itu hardware wallet?

Hardware wallet adalah tempat menyimpan crypto dalam perangkat keras, biasanya seperti USB atau harddisk

Kenapa wallet penting?

Karena untuk menyimpan aset digital sebelum digunakan

Apa keuntungan hardware wallet?

Keamanan lebih terjaga, tidak terhubung ke internet dan mudah digunakan jika Anda sudah mengetahui caranya

Apa saja rekomendasi hardware wallet?

Ledger Nano S, Ledger Nano X, Keepkey, Trezor One, Trezor T

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 weeks ago

Hash Rate