3

12 Daftar NFT Marketplace Terbaik di Dunia

Menurut Pymnts.com, total volume penjualan NFT hampir melampaui $2,5 miliar dalam enam bulan terakhir di 2021, yang  mengejutkan, total volume penjualan NFT adalah $13,7 juta pada tahun 2020.

Hal ini menunjukan telah terjadi lonjakan luar biasa terhadap minat NFT. Tingginya perkembangan NFT ini juga tidak lepas dari keberadaan marketplace atau tempat jual beli NFT.

Di artikel ini ada beberapa top marketplace NFT populer yang berperan besar pada volume penjualan aset tersebut.

OpenSea

OpenSea  adalah situs NFT pertama yang diluncurkan di jaringan blockchain Ethereum. Ini adalah marketplace terbesar berdasarkan volume perdagangan dan jumlah aset.

Perkiraan jumlah aset di OpenSea hampir 4 juta, dan mendukung NFT dengan standar token ERC-721 dan ERC-1155.

Kategori NFT yang ada di OpenSea mencakup karya seni, musik, foto, video, karty olahraga, nama domain, koleksi digital, aset dalam game, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat dan Menjual NFT di Opensea Paling Mudah dan Murah

Rarible

Selain OpenSea, masih ada situs NFT lainnya yakni Rarible. Ini adalah pasar NFT peer-to-peer terdesentralisasi yang memberi pengguna pengalaman jual beli NFT yang mulus.

Antarmuka Rarible dirancang dengan cermat untuk membuat pengguna terlibat dengan platform.

Marketplace juga menampilkan penjual teratas dan prospek NFT berbayar lainnya di bagian atas untuk memudahkan pembeli membeli NFT yang diinginkan.

Mencetak NFT di platform Rarible sangat mudah, tetapi mereka mengenakan biaya pencetakan, dan karena ini adalah pasar NFT berbasis Ethereum, biaya gas bisa saja tinggi ketika jaringan sedang ramai.

Di sisi lain, ini adalah platform terbaik di kelasnya untuk mendapatkan royalti karya digital hingga 30%.

Baca juga: Mengenal Rarible Tempat Jual Beli NFT Saingan OpenSea

Foundation

Foundation adalah pasar P2P yang beroperasi secara eksklusif untuk karya seni dan pencipta seni digital.

Artis harus membuat profil dan menerapkannya ke Komunitas Upvote mereka. Berdasarkan suara komunitas, aplikasi akan diverifikasi. Ini berjalan dengan tujuan memberikan otoritas penuh ke pencipta karya.

Basis pengguna platform meningkat dengan pesat dan dan memiliki volume transaksi yang baik. Antarmuka marketplace berwarna hitam, jernih, futuristik, dan profesional.

SuperRare

SuperRare adalah situs untuk perdagangan NFT yang didirikan pada 2017, yang dibangun di atas blockchain Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk melacak sejarah lengkap seni.

Ini adalah platform di mana seniman dapat menampilkan karya eksklusif mereka tanpa takut dipalsukan.

Artis dapat menggunakan realitas virtual dan fitur interaktif lainnya untuk menyesuaikan profil mereka dan menampilkan NFT mereka kepada pembeli.

Platform ini memungkinkan pembuat konten untuk membagikan cuplikan karya seni mereka daripada karya lengkapnya.

Selain itu, pembuat konten memiliki keuntungan mendapatkan bagian tertentu pada setiap penjualan kembali dengan smart contract.

Dengan cara ini artis berhak mendapatkan royalti bahkan setelah menghilangkan hak kepemilikannya.

NiftGateway

NiftGateway diluncurkan pada tahun 2018. Karya NFT yang ada di platform ini disebut nifties.

Transaksi di NiftGateway difasilitasi melalui kartu kredit. Ini semudah membeli pakaian atau barang lain dengan kartu kredit.

Setelah membeli nifties, pengguna dapat memutuskan di mana menyimpannya, baik di dompet Metamask mereka atau di akun Nifty Gateway. 

Platform ini populer untuk pembelian di game crypto seperti crypto-kitties dan Gods Unchained.

NiftyGateway juga terkenal memiliki seni yang sangat indah oleh seniman terkenal seperti Kenny Scharf, Jon Burgerman, Trevor Jones, dan Cey Adams.

NBA Top Shots

NBA Top Shots adalah tempat jual beli NFT yang dimiliki oleh NBA. Di platform ini, pengguna dapat membeli momen spesial NBA dalam bentuk NFT dan dapat memilikinya sebagai koleksi digital.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, penjualan momen spesial meningkat drastis. Karena tren di Twitter, momen NFT banyak ditukar dengan harga jutaan dolar, momen video mabuk LeBron bahkan berhasil terjual dengan harga $208.000.

Axie Infinity

Axie Infinity adalah game digital yang memungkinkan pengguna online untuk meningkatkan, bertarung, dan mengumpulkan makhluk animasi bernama Axies.

Pemain dapat memiliki pertanian dan kerajaan mereka secara digital dan memperkuat kekuatan mereka untuk mengumpulkan Axies.

Axies yang dikumpulkan dan tanah yang dimiliki dapat dijual kapan pun.

Game ini telah menjadi game Ethereum #1 dan berhasil menarik lebih dari 15.000 pengguna aktif bulanan. Sampai sekarang Axie paling mahal telah dijual seharga 300 ETH.

Popularitas Axie Infinity yang luar biasa di kalangan gamer online dikreditkan karena berhasil berada di daftar pasar NFT teratas tahun 2021.

Mintable

Mintable adalah salah satu pasar NFT terkenal yang memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan karya seni, musik, foto, koleksi digital, dan aset dalam game lainnya. Ini dikenal dengan opsi pencetakan tanpa gas, dan fitur ini membuatnya unik di antara orang banyak.

Platform ini memiliki tiga jenis lelang yang berbeda, Lelang Berwaktu, Lelang Beli Sekarang, dan Lelang Tradisional.

Menjadi platform berbasis Ethereum, ia hanya menerima pembayaran dalam ETH dan  memfasilitasi royalti dengan presentase 5% untuk pencipta pada semua penjualan sekunder.

Decentraland

Decentraland adalah platform digital  yang didirikan pada 2020, platform in  berupaya memberikan hak penuh kepada artis dan pencipta NFT.

Sasaran mereka adalah meningkatkan pendapat pengguna tentang pembaruan kebijakan, lelang tanah, dan kontrak NFT di Builder dan Marketplace.

Decentraland memberi pengguna beragam koleksi digital seperti parsel, perangkat yang dapat dikenakan, nama, dan perkebunan. Pengguna dapat memiliki lahan digital dan menyesuaikannya dengan kreasi mereka termasuk bangunan atau rangkaian arsitektur lainnya.

Semua aset yang dimiliki oleh pengguna akan disimpan dalam kontrak pintar yang didasarkan pada Ethereum. Dengan demikian, Decentraland dianggap sebagai pasar seni NFT paling aman dan kredibel.

Baca juga: Apa itu Decentraland? Panduan untuk Pemula

MakersPlace

MakersPlace adalah pasar online tempat pembuat konten dapat melindungi dan menjual karya seni mereka yang diluncurkan pada 2019. 

Platform ini menguntungkan karena berupaya menghilangkan ketidaksetaraan yang ada saat memperdagangkan kreasi digital.

Platform mengklaim pendapatan 15% setiap kali karya seni dijual, dan 10% diberikan kepada pencipta NFT setiap kali karya seni mereka dijual kembali. 

Myth Market

Myth Market adalah marketplace NFT yang membawahi lima marketplace lainnya, yakni : GPK.Market, GoPepe.Market, Heroes.Market, KOGS.Market dan Shatner.Market.

Mereka menyebut diri mereka sebagai “serangkaian pasar online yang nyaman.

Myth market ini dbangun di atas Ekosistem WAX yang merupakan akronim untuk Worldwide Asset eXchange, dan mereka mengklaim sebagai “jaringan video game dan hiburan terdesentralisasi terkemuka di dunia”.

Mereka juga mengklaim bahwa mereka memberikan “cara teraman dan paling nyaman di dunia untuk membuat, membeli, menjual, dan memperdagangkan” NFT kepada siapa pun di mana pun di dunia.

KnownOrigin

KnownOrigin adalah salah satu Pasar NFT pertama dan terbesar di dunia, yang dibangun di atas blockchain Ethereum.

Platform ini memberi seniman tempat untuk membuat koleksi digital yang unik, otentik, dalam bentuk NFT.

Marketplace NFT ini bekerja di jaringan Ethereum, sekarang peringkatnya ada di posisi #524 dalam peringkat dApp umum menurut jumlah pengguna, dan #18 dalam kategori Marketplace.

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu NFT?

NFT atau non fungible token adalah aset digital yang tidak bisa dipertukarakan satu sama lain, karena satu NFT memiliki nilai yang berbeda dengan NFT lainnya.

Apa itu Marketplace NFT?

Marketplace NFT adalah situs jual beli NFT

Apa saja situs jual beli NFT?

Situs jual beli NFT yang terkenal adalah OpenSea, Foundation, Rarible, NBA Top Stars, Holaplex, Mintable, dan lainnya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin