Apa Itu NFT Marketplace? Panduan untuk Pemula

NFT atau Non Fungible Tokens kini masih ramai diperbincangkan dan menjadi bahasan yang menarik, NFT atau non fungible token adalah sebuah aset yang tidak bisa ditukar.

Untuk memperoleh NFT penggemar crypto dapat memperolehnya di marketplace, ada berbagai marketplace NFT yang ada di pasaran yang bisa mempermudah pecinta crypto untuk melakukan jual beli NFT.

Selengkapnya…

Apa itu NFT Marketplace?

NFT marketplace adalah platform tempat NFT ditampilkan dan diperjualbelikan, situs ini bekerja layaknya marketplace pada umumnya seperti Shopee, Tokopedia, atau Amazon, namun yang dijual adalah NFT. 

Di marketplace ini kamu juga bisa menjual NFT yang merepresentasikan kepemilikan atas aset atau item unik, baik yang berwujud fisik dan tidak berwujud atau digital.

Hal yang Harus Disiapkan untuk Masuk NFT

Untuk bisa melakukan jual beli NFT ada beberapa hal yang perlu disiapkan, diantaranya sebagai berikut:

Wallet Crypto

Kamu bisa memilih wallet yang kompatibel dengan jaringan blockchain yang mendukung token NFT yang ingin dibeli, misalnya jika ingin membeli NFT di blockchain Ethereum kamu harus menyediakan wallet NFT. Kemudian jika membeli NFT di blockchain Solana, kamu harus memiliki seperti Sollet.

Aset Crypto di Wallet

Persiapkan sejumlah crypto di wallet, sebab untuk mendaftar, mencetak, atau  membeli NFT dibutuhkan sejumlah crypto, kamu perlu mencari tahu crypto apa yang diterima di marketplace, sebab bisa ada perbedaan di antara marketplace.

Akun Pengguna

Kamu perlu membuat akun di marketplace yang ingin digunakan, perlu diingat sebagian besar untuk mendaftar dan membuat NFT dikenakan biaya jaringan blockchain atau gas fee. Biayanya bervariasi tergantung blockchain dan marketplace yang ingin digunakan.

Jenis Marketplace NFT

Meskipun ada banyak jenis pasar, platform universal dan berorientasi seni adalah yang paling populer.

Ada juga pasar khusus NFT yang mencantumkan jenis aset non-sepadan tertentu seperti item dalam game, kartu koleksi digital, dan real estat virtual.

Berikut adalah lima pasar NFT universal dan berorientasi seni digital paling populer yang tersedia saat ini:

OpenSea

Ini adalah salah satu pasar NFT universal yang paling mapan, di sini pengguna dapat menemukan berbagai NFT baik itu karya seni, koleksi olahraga, metaverse, trading card, dan nama domain.  

Rarible

Ini adalah pasar NFT yang dimiliki oleh anggota komunitas yang memegang token RARI. Ini menekankan seni, tetapi Anda juga dapat menemukan berbagai item NFT lainnya di sini.

SuperRare

Pasar lain yang berfokus pada seni digital adalah SuperRare, yang bekerja dengan beberapa seniman konsep terkemuka.

Nifty Gateway

Nifty adalah salah satu pasar terbesar untuk NFT. Di sini Anda dapat membeli karya seni dari seniman terkenal, termasuk Beeple (yang memegang rekor NFT termahal yang dijual seharga $69 juta), Steve Aoki, dan deadmau5.

Foundation

Didirikan pada bulan Februari, Foundation dengan cepat menjadi salah satu marketplace  NFT paling populer bagi para pembuat konten, dengan volume perdagangan sepanjang masa telah menyentuh hampir $48 juta.

NBA Top Shot

Pasar NFT yang dibangun di atas Flow tempat orang membeli dan menjual kartu koleksi digital yang menampilkan video “momen” NBA yang tak terlupakan.

Axie Infinity

Platform ini menampung karakter kartun untuk game Axie Infinity, tempat pemain berkembang biak, bertarung, dan memperdagangkan hewan peliharaan digital yang disebut Axies. Beberapa orang bahkan memainkannya secara profesional untuk mencari nafkah.

Sorare

Di sini pengguna dapat membeli kartu virtual yang mewakili pemain sepak bola dan menggunakannya untuk Sorare, yang merupakan permainan sepak bola fantasi global.

Decentraland

Platform ini memiliki pasar in-house sendiri di mana pengguna membeli dan menjual tanah virtual atau item dalam game seperti perangkat yang dapat dikenakan.

Valuables

Ini adalah situs di mana pengguna dapat mengesahkan tweet dan menjualnya sebagai NFT. CEO Twitter sendiri, Jack Dorsey, menjual tweet pertamanya seharga $2,9 juta.

Cara Kerja NFT Marketplace

Sign in

Mendaftar ke pasar NFT dapat sedikit berbeda dari satu situs ke situs lainnya, tetapi langkah utama yang harus diikuti adalah membuat akun atau menghubungkan dompet digital yang didukung, atau melakukan keduanya.

Membeli NFT

NFT biasanya dibeli langsung dengan harga tetap atau melalui lelang. Dalam beberapa kasus, calon pembeli dapat mengajukan penawaran kepada pemilik dan mencoba untuk menegosiasikan harga yang lebih baik.

Menjual NFT

Menjual aset digital unik bisa menjadi proses yang lebih rumit secara teknis daripada membelinya, terutama jika pengguna mencoba menjual sesuatu yang mereka buat sendiri (karya seni, soundtrack, tweet, dan lainnya.).

Kamu perlu mengunggah aset digital yang dipilih ke pasar dan memasukkan harga tetap atau memilih untuk menjual NFT melalui lelang.

Selanjutnya, platform akan memverifikasi aset tersebut. Jika disetujui, itu akan terdaftar untuk dijual. Ketika penjual menerima tawaran, pasar melakukan transfer dari pembeli ke penjual.

Minting NFT

Jika ingin membuat NFT, kamu dapat mempertimbangkan untuk memulai dengan Ethereum, karena ini adalah sistem terbesar untuk jenis aset ini.

Kamu harus memiliki wallet  Ethereum yang mendukung ERC-721 (standar token Ethereum untuk NFT), seperti MetaMask, Trust Wallet atau Coinbase Wallet.

Juga, kamu harus mengisi dompet  denmgan Ether senilai $50-$100 untuk menutupi biaya transaksi (tergantung seberapa padat jaringan).

Setelah kamu  menyelesaikan langkah-langkah tersebut, kamu akan dapat mengakses dan menggunakan platform seperti OpenSea, Rarible atau Mintable.

Sebagian besar platform memiliki tombol “Create” di sudut kanan atas yang akan membawa kamu ke halaman untuk mulai minting NFT.

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang NFT Marketplace.

Top exchange
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Pintu
16 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

16 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar