Mengenal Rarible Tempat Jual Beli NFT Saingan OpenSea

Nama NFT kian populer dari waktu ke waktu, hal ini pun diikuti dengan mulai banyaknya kreator yang menjadikan karya seni mereka sebagai NFT yang bisa diperjualbelikan dengan mudah di marketplace NFT yang sudah mulai banyak tersedia.

Rarible adalah salah satu marketplace NFT yang bisa dijadikan pilihan untuk melakukan jual beli NFT.

Apa itu Rarible, bagaimana fundamental, dan tokennya? Simak jawabannya di artikel berikut ini.

Mengenal Rarible

Rarible (RARI) adalah marketplace NFT terdesentralisasi dan platform pencetakan yang memungkinkan seniman digital untuk membuat dan menjual karya seni mereka.

Platform marketplace ini diluncurkan pada awal 2020, menyediakan beragam layanan bagi seniman digital.

Dengan Rarible, seniman dapat menambahkan segala macam konten tambahan seperti file resolusi tinggi atau pesan tersembunyi ke karya seni mereka.

Tampilan marketplace

Seniman juga dapat mengatur smart contract yang memungkinkan mereka mengumpulkan royalti atas karya seni kapan pun pemilik berpindah di masa mendatang.

Karya seni yang dibuat di platform dapat dilihat di galeri seni platforn yang juga diselenggarakan di dunia virtual Decentraland (MANA).

Teknologi Dasar Rarible

Rarible adalah Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO) yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjual NFT ERC-20, ERC-721, dan ERC-1155 dengan aman dan mengamankan lingkungan blockchain Ethereum.

DAO menggunakan teknologi blockchain, seperti program dan kode, untuk memastikan transparansi dan desentralisasi pada platform.

Rarible menggabungkan kedua teknologi terobosan, pasar DAO dan teknologi NFT, pada platformnya.

Pengguna dapat menggunakan dompet tertaut seperti MetaMask dan WalletLink untuk terhubung ke platform,menggunakan layanan pencetakan Rarible, seperti OpenSea atau Mintable, untuk membuat NFT mereka, dan kemudian menjualnya di Rarible.

Baca juga: Cara Memasang MetaMask, Add-on Wallet Ethereum di Browser

Cara Membuat NFT di Rarible

Cara minting NFT di Rarible
Cara minting NFT di Rarible

Berdasarkan situsnya cara membuat atau mining nft di situsnya cukup mudah kurang dari lima menit apabila koneksi internet lancar. Berikut ini adalah cara mining nft di Rarible.

  1. Klik create di pojok kanan atas situs
  2. Baca seluruh syarat dan ketentuan, jika kamu setuju maka klik langkah selanjutnya
  3. Pilih di blockchain mana yang akan digunakan untuk minting NFT
  4. Di Rarible terdapat dua pilihan untuk mencetak nft yakni versi single atau collectible NFT
  5. Pilih apakah NFT akan menjadi edisi single atau collectible
  6. Unggah file, bisa berupa PNG, GIF, WEBP, MP4 atau MP3. Simpan di bawah ukuran 100 mb.
  7. Pilih koleksi untuk NFT, koleksinya seperti folder untuk NFT dan kamu bisa memilih koleksi RARI default (Rarible Singles) atau membuatnya sendiri untuk memudahkan penggemar menemukan karya mu.
  8. Berikan judul dan deskripsi yang menarik untuk menarik minat pembeli
  9. Pilih jenis penjualan, harga tetap, lelang terbuka, atau lelang berjangka waktu.
  10. Pilih royalti yang ingin kamu terima dari setiap penjualan sekunder, biaya ini akan diterima bemenerima biaya ini berdasarkan total harga jual setiap kali NFT Anda terjual).
  11. Kamu juga bisa menambahkan konten yang tidak dapat dibuka seperti tautan rahasia, file vektor, atau hal lainnya,
  12. Aktifkan free minting untuk melewati biaya gas
  13. Klik “Create Item”, tanda tangani transaksi dengan dompet mu, dan NFT buatan mu resmi terdaftar di Rarible!

Token Rari

Marketplace ini pun meluncurkan token RARI yang berperan sebagai token tata kelola ERC-20 yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk memengaruhi pengembangan Rarible.

Misalnya, pemegang token RARI dapat mengirimkan dan memberikan suara pada proposal untuk mengubah biaya perdagangan atau menambahkan fitur baru, bertindak sebagai moderator komunitas, dan kurasi karya seni di platform.

RARI memiliki persediaan maksimum 25 juta token, 60% di antaranya telah disediakan untuk pengguna platform yang menghargai, dan 10% di antaranya dikirimkan ke pemegang NFT di komunitas crypto, Investor dan tim menerima sisa 30% dari pasokan token RARI.

Baca juga: 7 Game NFT Android Terbaik Layak Dicoba

Keuntungan Marketplace Rarible

Mudah Digunakan

Kemampuan untuk membuat NFT unik dengan mudah. Dengan Rarible, membuat NFT hanya membutuhkan waktu satu menit.

Platform ini menawarkan UX/UI DIY yang sederhana dan interaktif, memungkinkan non-pengembang dan seniman untuk mengakses pasar NFT dengan mudah.

Kreator di platform ini memiliki akses mudah ke pasar pembeli yang besar untuk karya ciptaan mereka. Mereka juga menikmati penggunaan kontrak pintar unik yang mengatur pembayaran persentase royalti pada penjualan langsung atau memungkinkan lelang karya seni.

Tata Kelola Otonom

Marketplace NFT ini juga menampilkan model tata kelola otonom yang dikendalikan oleh pemegang token RARI yang dapat ditambang.

Ini memungkinkan pembuat, pembeli, dan penjual aktif untuk mengontrol keputusan dan masa depan platform.

Pada waktunya, platform pun akan mengintegrasikan struktur DAO yang tepat.

Memecahkan Masalah Kekayaan Intelektual

Protokol marketplace berwarna kuning ini bisa menjadi solusi untuk memecahkan masalah kekayaan intelektual, seperti penipuan, pemalsuan dokumen, duplikasi karya seni, dan lain-lain.

Perbedaan Rarible dan OpenSea

Rarible dan OpenSea sama-sama menyediakan layanan jual beli NFT, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Pembayaran

Rarible hanya menerima ETH sebagai metode pembayaran, OpenSea memungkinkan pengguna untuk menggunakan DAI, ETH, dan token berbasis Ethereum lainnya untuk membeli dan menjual NFT.

Waktu Berdiri

OpenSea didirikan pada 2018 sedangkan Rarible baru didirikan pada 2020. Hal ini menjadikan OpenSea menjadi tempat jual beli NFT pertama di dunia.

Token Tata Kelola

OpenSea tidak memiliki token sendiri ia bekerja dengan blockchain Ethereum, sedangkan Rarible memiliki token tata kelola mandiri bernama Rari.

Program Loyalti

OpenSea memberikan biaya royalti tetap sebesar 10%, sementara Rarible memungkinkan pembuat konten untuk menentukan pembayaran ini sendiri. Pengguna dapat menetapkan biaya royalti setinggi 50% dari biaya asli jika mereka mau.


Itu dia penjelasan mengenai Rarible salah satu marketplace yang tersedia dan bisa digunakan para kreator untuk membuat dan menjual NFT.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin