Cara Membuat NFT di Opensea Paling Mudah dan Murah

NFT atau Non Fungible Token telah berhasil menarik minat banyak investor dalam beberapa bulan terakhir.

Hal ini disebabkan oleh adanya kesempatan untuk menghasilkan uang dengan menjual NFT dimana mayoritas NFT yang terjual adalah karya seni.

Fenomena ini dimulai setelah adanya penjualan NFT oleh seniman bernama Beeple yang berhasil menjual karyanya senilai Rp999,9 Miliar.

Banyak pihak yang tertarik dan ingin melakukan hal yang sama yaitu menghasilkan keuntungan dari NFT.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai bagaimana caranya membuat NFT dan juga bagaimana cara menghasilkan keuntungan dengan cara paling murah dan mudah.

Artikel ini akan menggunakan OpenSea yang merupakan sebuah marketplace perdagangan NFT yang masih memiliki transaksi terbesar sepanjang masa.

Membuat Karya Seni

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat karya seni. Untuk menerbitkan NFT di OpenSea, pengguna harus mengubah seni yang dibentuk menjadi seni digital.

Jika pengguna ingin menggunakan seni hasil fisik seperti gambar dan lukisan yang telah dibentuk, pengguna harus mengubahnya ke bentuk digital, misal dengan foto.

Namun pengguna juga bisa menggunakan karya seni digital yang dibentuk melalui beberapa aplikasi terkenal seperti Photoshop atau Canva.

OpensSea sendiri menerima bentuk seni digital dalam jenis JPG, PNG, GIF, SVG, MP4, WEBM, MP3, WAV, OGG, GLB, GLTF. Seluruh ukuran karya tersebut harus tidak boleh melebihi 100 MB.

Melihat jenis-jenis yang diperbolehkan, terlihat bahwa di OpenSea, pengguna tidak hanya bisa menjual NFT dalam bentuk gambar, namun juga dalam bentuk video yang juga bisa bersuara.

Setelah memiliki seni tersebut, pengguna dapat melakukan pencetakan di OpenSea.

Namun sebelumnya, pastikan pengguna sudah memiliki Wallet yang terikat ke OpenSea.

Mencetak NFT

Jika belum memiliki Wallet, OpenSea memiliki kecocokan dengan empat wallet yaitu MetaMask, Coinbase Wallet, WalletConnect, dan Fortmatic.

Pengguna hanya perlu memiliki salah satu dari wallet tersebut, karena nantinya wallet itu akan digunakan untuk menerima dan menyimpan NFT.

Selain itu nantinya hasil penjualan juga akan diberikan ke dalam wallet tersebut, sehingga wallet ini menjadi sebuah kewajiban.

Apa bila sudah memiliki, langkah berikutnya adalah masuk ke situs OpenSea. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menekan tulisan “Create”.

Setelah menekan tulisan tersebut nantinya pengguna akan diminta untuk mengisi beberapa informasi mengenai NFT yang akan diterbitkan.

Pertama adalah mengunggah karya dan juga nama dari NFT tersebut beserta tautan untuk menyambungkan ke situs atau sosial media pengguna agar mendorong kredibilitas.

Berikutnya adalah menuliskan deskripsi mengenai NFT tersebut. Pengguna dapat memberikan penjelasan singkat sesuai kemauan pribadi untuk menarik perhatian pasar.

Selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mengategorikan NFT tersebut ke dalam koleksi jika pengguna ingin menerbitkan banyak NFT dalam satu koleksi pribadi.

Jika iya, pengguna dapat masuk ke laman pribadi dan menekan tulisan “My Collections” dan menekan tulisan “Create a Collection” untuk membuat koleksi.

Setelah memilih koleksi yang ingin digunakan sebagai tempat penerbitan NFT, pengguna akan diminta mengisi beberapa hal terkait keunikan dan lainnya.

Namun jika pengguna hanya ingin menerbitkan satu NFT, langkah ini dapat dilewati dan kembali melengkapi data berikutnya yaitu memilih jumlah yang ingin diterbitkan dan blockchain.

Pengguna dapat menuliskan berapa jumlah NFT yang akan diterbitkan terkait karya tersebut.

Tulis lebih dari satu jika pengguna ingin karya tersebut memiliki jumlah yang banyak.

Terakhir pilih blockchain yang akan digunakan. Untuk menghindari biaya transaksi Ethereum, pengguna dapat memilih Blockchain Polygon.

Caranya adalah menekan tanda panah yang ada di samping tulisan Ethereum.

Dengan Polygon, pengguna tidak akan dikenakan biaya gas fee namun pendapatan penjualan akan dipotong 2,5% oleh OpenSea.

Menjual NFT

Jika sudah selesai, maka langkah berikutnya adalah memberikan harga. Caranya adalah melihat pada bagian atas dan menekan tulisan “Sell”.

Berikutnya pengguna dapat menuliskan harga dalam ETH, berapa lama NFT tersebut tersedia untuk dijual, dan menekan tulisan “Complete Listing”.

Jika sudah, NFT pengguna sudah terdaftar di OpenSea dan siap menerima tawaran dari beberapa pembeli yang tertarik.

Perlu diketahui bahwa untuk memaksimalkan proses penjualan, langkah terbaik adalah untuk menjual NFT dalam bentuk koleksi.

Selain itu, untuk meningkatkan kesempatan NFT tersebut terjual, maka pengguna dapat menciptakan sosial media serta situs untuk mempromosikan NFT tersebut.

Dengan menciptakan beberapa hal pendukung tersebut, karya dan seniman akan terlihat terpercaya dan akan meningkatkan kesempatan untuk NFT terjual.

Tapi langkah ini tidak wajib karena akan membutuhkan biaya dan tenaga tambahan.

Umumnya hal pendukung ini adalah situs, Telegram dan Discord Channel, dan sosial media seperti Twitter dan Instagram.

Top exchange
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Pintu
16 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

16 Ulasan
Daftar