Apa Itu NFT Collectible? Panduan untuk Pemula

Dalam dua tahun terakhir yakni 2021-2022 jumlah transaksi NFT secara global telah melonjak dibandingkan dengan awal kemunculannya pada 2017 silam. NFT atau non-fungible token, aset digital yang kepemilikannya dicatat pada blockchain yang tidak dapat dipalsukan.

NFT bisa dijadikan koleksi atau dikenal dengan sebutan NFT collectible, alasannya pun beragam hanya untuk kesenangan sampai investasi.  Apa itu NFT Collectible dan apa saja contohnya? Selengkapnya bisa ditemukan di artikel berikut ini. 

Pengertian NFT Collectible 

NFT Collectible adalah non fungible token yang tidak bisa dipertukarkan satu sama lain dan menarik untuk dikoleksi oleh para kolektor maupun investor. Collectible NFT ini dapat berupa file musik, karya seni, meme, klip video yang mudah diingat, tiket konser, kartu, higga item game. 

Seperti koleksi pada umumnya, harga NFT pun bisa berbeda-beda. Hal mendasar yang sering digunakan untuk menentukan nilai NFT adalah kelangkaan dan relevansi.

Semakin langka umumnya semakin mahal dan semakin relevan kegunaannya untuk kehidupan sehari-hari dan memiliki manfaat maka harga bisa menjadi mahal. 

Jual Beli NFT Collectible 

Siapa pun bisa menjual koleksi NFT di pasar aset digital seperti OpenSea atau Rarible dengan biaya tertentu, beberapa artis lebih populer atau memiliki barang digital yang lebih unggul dan lebih menarik yang membuat NFT mereka jauh lebih mahal. 

Misalnya, beberapa memorabilia pribadi John Lennon dijual sebagai koleksi NFT oleh putranya Julian Lennon, seperti salinan digital dari lirik tulisan tangan “Hey Jude,” yang terjual $57.000 pada Februari 2022.

Pembuat atau penjual dapat mencari pasar NFT online di mana mereka dapat mencetak NFT, yang pada dasarnya mengunggah file untuk diubah menjadi NFT dan detail yang terkait dengannya.

Biasanya, seseorang diharuskan memiliki cryptocurrency dan dompet digital untuk bertransaksi dengan pasar NFT, tetapi beberapa platform mengizinkan penggunaan kartu kredit. 

Contoh NFT Collectible

Crypto punk

Crypto punk adalah salah satu koleksi NFT yang menawarkan 10.000 karakter koleksi unik di blockchain Ethereum. Proyek NFT berbasis Ethereum ini dari tahun 2017, adalah salah satu contoh paling awal dari koleksi virtual. 

Baca juga: Mengenal CryptoPunks, NFT Populer di Dunia

Crypto Kitties

Crypto kitties, NFT yang berpusat pada permainan yang dirilis di Ethereum pada akhir November 2017. Koleksi NFT ini dikembangkan oleh studio Dapper lab.

Baca juga: Cryptokitties, Cara Kerja, Main, dan Mendapatkannya

Dalam koleksi ini pemain dapat memiliki, mengumpulkan, dan menjual kucing digital, di mana setiap kucing memiliki keunikan masing-masing. Banyak orang menghasilkan uang dari mengadopsi, membiakkan, dan menjual kucing virtual.

NBA Top Shot

NBA Top Shot merupakan marketplace yang menyediakan koleksi NFT dengan tema NBA dan menyasar penggemar bola basket untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan sorotan video berlisensi resmi. Orang dapat menukar momen tak ternilai dari pemain favorit mereka dalam bentuk Moment NFT. 

SupeFarm 

SupeFarm adalah ekosistem terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna membuat, mengumpulkan, memperdagangkan, dan NFT farming.

Ini menggunakan protokol DeFi lintas-rantai yang pada dasarnya dirancang untuk membawa utilitas ke token apa pun dengan mengubahnya menjadi NFT farming. 

HashMasks

HashMasks adalah koleksi digital yang dibuat oleh lebih dari 70 seniman di seluruh dunia. Kolektif seni digital menampung koleksi ribuan NFT kelas atas.

Ini memberdayakan pembuat, kolektor, dan trader NFT untuk berpartisipasi dalam pasar NFT yang dapat diakses oleh semua orang.

Setiap Masker memiliki fitur unik, seperti warna kulit, karakter, warna mata, topeng, dan lain-lain. Proyek koleksi Crypto adalah proyek besar yang terjual sekitar $10.000.000 dolar dalam pra-penjualan. Meskipun koleksi virtual mengambil alih dunia Ethereum, itu telah membangun momentum selama beberapa tahun.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin