Mengenal CryptoPunks, NFT Populer di Dunia

Pasar untuk koleksi crypto yang dirilis sebagai token non-fungible (NFT) meledak pada tahun 2021. Dengan volume transaksi $2,5 miliar dalam enam bulan pertama saat NFT mulai ramai diperbincangkan.

Ledakan tersebut juga membuat para penggemar NFT menemukan kembali beberapa token non-fungible yang sudah ada sejak lama namun meroket kembali begitu NFT populer.

Salah satu NFT itu adalah Cryptopunks, bahkan saking populernya beberapa NFT dari Cryptopunks berhasil raih harga fantastis dan menjadi salah satu NFT termahal di duna.

Nah, apa sih sebetulnya Cryptopunks itu? Selengkapnya bisa kamu temukan di artikel ini.

Apa itu CryptoPunks?

Dibuat oleh studio pengembangan Larva Labs, CryptoPunks adalah serangkaian 10.000 gambar yang diberi token sebagai NFT di blockchain Ethereum.

NFT secara efektif merupakan akta kepemilikan atas item digital, dan dalam hal ini memegang NFT CryptoPunks berarti kamu  adalah satu-satunya pemilik dari avatar pixel unik ini.

Setiap CryptoPunk dihasilkan secara acak dari daftar lusinan atribut, yang berarti ada berbagai desain baik itu berbentuk orang, zombie, kera, dan bahkan alien. Alien dan zombie adalah salah satu avatar paling populer yang telah  mendapatkan harga jual tertinggi hingga saat ini.

Asal CryptoPunks

Percaya atau tidak, CryptoPunks dirilis secara gratis pada tahun 2017. Standar token non-fungible Ethereum ERC-721 bahkan tidak ada apa-apanya pada saat itu. Kemudian dua orang dari tim di Larva Labs merilisnya sebagai percobaan. Pemilik dompet Ethereum mengambil 9.000 CryptoPunks yang dirilis ke publik, sementara Larva Labs menyimpan sisanya.

Volume NFT secara bertahap meningkat selama tiga tahun ke depan, tetapi baru pada akhir 2020 dan terutama awal 2021 permintaan meroket untuk koleksi digital yang terbukti langka ini.

Nilai pasar sekunder untuk CryptoPunk melonjak, mengarah ke penjualan NFT bernilai jutaan dolar, lelang di Christie’s dan Sotheby’s, dan kekayaan CryptoPunk yang digunakan sebagai gambar profil Twitter.

CryptoPunks telah bertanggung jawab atas lebih dari $1,18 miliar dalam total volume perdagangan, per 1 September 2021. Hal ini menunjukkan bahwa NFT Cryptopunks sangat diminati dan bernilai sangat tinggi.

Salah satu pendorong permintaan terbesar untuk CryptoPunks adalah bahwa mereka adalah salah satu proyek NFT tertua, dan kumpulan gambar profil pertama yang dibuat secara acak untuk benar-benar diklik dengan komunitas crypto. CryptoPunks juga memiliki beberapa pemilik profil tinggi, seperti rapper Jay-Z dan influencer dan investor Gary Vaynerchuk.

Selain itu, ada pembeda yang jelas yang membuat CryptoPunks tertentu lebih diinginkan dan berharga bagi kolektor. Avatar alien adalah yang paling langka dari gambar acak, dan dengan demikian, CryptoPunk alien adalah salah satu NFT paling mahal yang dijual hingga saat ini.

Desain kera dan zombie juga diminati. Namun, sebagian besar CryptoPunk hanya terlihat seperti manusia dengan berbagai fitur dan aksesori, dan yang tampak lebih sederhana dekat dengan lantai pasar dalam hal harga yang diminta di pasar NFT.

Cara Membeli

Meskipun dimungkinkan untuk melihat semua CryptoPunks di OpenSea, kamu juga bisa membelinya melalui situs web Larva Labs. Kamu harus masuk dengan dompet kripto Ethereum.

Contohnya MetaMask, dan kemudian dapat membeli, menawar, dan menjual NFT ini melalui situs resmi. Larva Labs memiliki pelacak praktis yang memungkinkan kamu melihat semua Punk yang terdaftar dalam urutan harga, dari rendah ke tinggi.

Masa Depan

Tidak ada cara untuk mengetahui apakah tingkat permintaan saat ini akan berlanjut, tetapi harga entry-level untuk Punk terus meningkat.

Harga dasar mencapai $100.000 pada awal Agustus 2021 dan mencapai $150.000 hanya beberapa hari kemudian. Ini lebih dari $ 200.000 sekarang, pada tulisan ini.

Raksasa layanan keuangan Visa membeli NFT ini pada akhir Agustus 2021 dan menyarankan bahwa “NFT akan memainkan peran penting di masa depan ritel, media sosial, hiburan, dan perdagangan.”

Hampir segera setelah pengumuman tersebut, pasar CryptoPunks meroket, dengan koleksi NFT senilai lebih dari $101 juta terjual pada hari itu saja dan menjadi rekor dalam satu hari.

Top exchange
Pintu
14 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar