4

NFT Art, Ladang Cuan Baru di Masa Depan

Akhir-akhir ini, fenomena NFT atau Non-Fungible Token sedang beredar dan menarik perhatian pasar. 

Hal ini disebabkan banyaknya NFT yang terjual dengan harga tinggi dan juga banyak proyek terkait NFT yang mengalami peningkatan dalam valuasi. 

Oleh karena itu, sebelum masuk dan memutuskan untuk investasi ke dunia NFT, Investor harus mengetahui terlebih dahulu apa itu NFT.  

Apa itu NFT 

Non-Fungible Token atau NFT adalah sebutan untuk token crypto yang memiliki nilai tidak sepadan antar satu sama lain. 

Berbeda dengan crypto lain seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Uniswap (UNI) NFT tidak memiliki nilai yang sama antar satu sama lain. 

Sebagai contoh, 1 Bitcoin sama dengan nilai dari 1 Bitcoin. Namun karena NFT tidak sepadan, 1 NFT bisa memiliki nilai yang berbeda dengan 1 NFT lainnya. 

Pada saat ini, apa pun yang memiliki wujud fisik atau tidak, dapat dijadikan sebuah NFT.

Sebuah aset fisik dapat dijadikan NFT untuk menjaga keasliannya, akibat dengan adanya NFT, aset tersebut memiliki keterikatan secara digital yang dapat dijadikan tanda keaslian akibat tidak bisa diduplikasi. 

Di dunia crypto saat ini, banyak proyek yang mulai bergerak berdasarkan NFT karena ada potensi keuntungan yang cukup besar.  Hal ini juga disebabkan karena ranah NFT sangat luas, mulai dari seni rupa, seni musik, transaksi barang nyata, hingga gaming. 

Namun perlu diingat lagi bahwa token atau coin dari sebuah proyek bukan merupakan NFT-nya.  Contohnya adalah Axie Infinity, salah satu proyek crypto berbasis NFT yang bergerak di bidang gaming. 

Axie Infinity memiliki token Axie Infinity Shards (AXS) namun AXS tersebut bukan merupakan NFT. NFT dalam Axie Infinity adalah Axie yang digunakan dalam permainannya yang berbentuk “monster” untuk bertarung. 

Hal ini penting agar tidak salah paham mengenai NFT sebelum investasi. Namun perlu diketahui juga tidak semua proyek NFT memiliki token atau koin sendiri meskipun mereka berbentuk NFT.

Kondisi tersebut paling sering terlihat di dunia NFT Art atau NFT seni rupa, yang berhasil membuat banyak seniman berpenghasilan tinggi. 

Apa itu NFT ART

NFT Art adalah NFT yang fokus pada dunia seni rupa. NFT ini umumnya adalah lukisan yang diubah dalam bentuk digital. 

Dengan berubahnya lukisan tersebut menjadi sebuah NFT, nantinya lukisan tersebut akan tersimpan pada wallet pribadi pemilik atau pembeli. Lukisan yang diubah menjadi NFT dapat memiliki wujud dan juga tidak.

Keduanya akan terjaga keasliannya karena terikat pada address atau alamat NFT. Dengan adanya address tersebut, karya duplikasi akan mudah diketahui karena memiliki alamat yang berbeda.

Jika lukisan tersebut memiliki wujud asli, nantinya transaksi wujud asli lukisan tersebut akan terjadi bersamaan. Namun perpindahan tangannya akan terjadi lebih cepat pada versi NFT dibandingkan lukisan nyata.  

Perlu diketahui bahwa tidak hanya lukisan yang dapat dijadikan NFT dalam kategori NFT Art, foto dan hasil “screenshot” juga bisa dijadikan NFT. 

Satu jenis NFT Art dapat memiliki beberapa jumlah NFT, semua tergantung pada keputusan pencipta dan penjualnya. 

Semakin sedikit jumlah NFT tersebut, umumnya semakin langka. Semakin langka NFT tersebut, harganya akan semakin mahal jika permintaannya naik. 

Ada beberapa faktor lain juga yang mempengaruhi NFT untuk dihargai dengan harga tinggi, beberapa faktor di luar seni tersebut adalah senimannya dan juga pemasarannya. 

NFT Art termahal yang pernah terjual adalah NFT oleh seniman bernama Beeple.  Harga NFT tersebut terjual sekitar Rp999,9 Miliar dengan nama “Everyday: The First 5.000 Days” dimana ia menggabungkan 5.000 lukisan menjadi satu. 

Walau ada NFT yang terjual mahal, ada beberapa NFT lain yang lebih terjangkau.  Kamu bisa menemukannya di platform website yang mempermudah seniman untuk mengunggah dan menjual NFT pribadi. 

NFT Art Website

NFT Art Website adalah platfrom yang berperan sebagai marketplace atau bursa di mana NFT diperjualbelikan. Di website tersebut, seniman dapat mengunggah, menjual atau membeli NFT Art untuk menghasilkan keuntungan. 

Website NFT ART yang paling terkenal saat ini adalah Open Sea.  Ini adalah bursa NFT Art tertua di pasar crypto.  Volume transaksi Open Sea sendiri berada pada $2,92 Miliar atau Rp42,05 Triliun yang merupakan volume terbesar dibanding bursa lainnya. Open Sea memperbolehkan seniman untuk menjual NFT mulai dari lukisan hingga foto hingga berbagai gambar jenis abstrak. 

Pengguna Open Sea hingga saat ini telah mencapai sekitar 281.710 penjual dan pembeli NFT Art dan masih terus berkembang.  Posisi Open Sea masih belum tergeser hingga saat ini, dan masih diikuti oleh CyptoPunks dan NBA Top Shot.

Untuk daftar lengkap bursa NFT secara gabungan dan bukan NFT Art saja dapat dilihat pada DappRadar. Perlu diketahui bahwa bursa NFT Art tersebut tidak memiliki koin atau token sendiri. Namun ada beberapa website aplikasi bursa yang memiliki token atau koin sendiri. 

NFT ART COIN

NFT Art proyek umumnya tidak memiliki blockchain sendiri karena mayoritas proyek terkait NFT bergerak pada sebuah blockchain lain.  Tapi seringkali transaksi NFT dilakukan dengan menggunakan coin atau token dari blockchain atau jaringan yang digunakan bursanya. 

Contohnya adalah Open Sea, Crypto Punks, dan Axie Infinity, dimana transaksi NFT nya digunakan dengan Ethereum. 

Ada lagi situs NFT sedang naik daun yakni Degenerate Apes yang bergerak di Solanart. Ini adalah bursa NFT resmi dari Solana sehingga transaksinya menggunakan Solana (SOL), meski begitu banyak token dan coin lain yang juga masuk ke kategori NFT.

Untuk kategori lengkap peringkat token dan coin terkait NFT, daftarnya dapat dilihat pada link berikut

Investor dapat menggunakan link tersebut untuk melihat mana coin atau token yang memiliki banyak investor untuk data tambahan dalam analisis sebelum membeli.

Cara Membuat NFT ART

Jika investor juga merupakan seorang seniman, bursa NFT Art juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menghasilkan uang. 

Buat Karya Seni

Untuk membuat sebuah NFT Art, seniman dapat membuat karya dengan tangan dan kemudian di foto atau dengan perangkat lunak digital pencipta seni. Tujuan akhir dari NFT adalah membentuk karya digital yang kemudian akan dapat diubah menjadi NFT. 

Setelah memiliki file karya digital tersebut, seniman dapat memilih salah satu bursa. Bursa yang paling umum dan memiliki banyak pembeli adalah Open Sea. 

Kunjungi OpenSea dan Sambungkan Wallet

Seniman dapat mengunjungi Opensea.io dan kemudian menekan tulisan “Create” dan menyambungkan Wallet yang dimiliki. 

Wallet yang paling umum digunakan adalah MetaMask, namun terdapat beberapa pilihan lain. Tujuan disambungkannya wallet tersebut adalah untuk menerbitkan NFT dan menerima dana saat NFT terjual. 

Unggah File Karya

Langkah berikutnya adalah mengunggah file karya seni tersebut dan mengikuti langkah yang tertera pada webiste bursa Opensea dan mengisi beberapa data. 

Bayar Biaya Minting

Terakhir adalah membayar biaya penerbitan atau minting dimana biaya tersebut berbeda tergantung bursa dan tergantung volume transaksi saat itu. 

Untuk OpenSea biaya penerbitan dibayarkan dengan menggunakan Ethereum yang juga bergantung pada kondisi gas fees saat itu.  Setelah membayar biaya tersebut nantinya pengguna sudah dapat menerbitkan dan mulai menjual NFT. 

Saat terjual, OpenSea akan mengambil biaya sebesar 2,5% dari keuntungan. Biaya ini berbeda-beda bergantung pada bursa yang digunakan. 

Jika sudah memahami tentang NFT Art, investor dan seniman dapat memanfaatkan keuntungan dari menerbitkan karya dan keuntungan investasi. 

Top exchange
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu NFT?

Token yang tidak dapat dipertukarkan karena berkas digital, identitas, dan kepemilikannya diverifikasi pada rantai blok.

Apa itu NFT Art?

NFT Art adalah NFT yang fokus pada dunia seni rupa. NFT ini umumnya adalah lukisan yang diubah dalam bentuk digital.

NFT Termaha Didunia?

NFT karya seniman bernama Beeple. Harga NFT tersebut terjual sekitar Rp999,9 Miliar dengan nama “Everyday: The First 5.000 Days”.

Bagaimana Cara Membuat NFT Art?

Untuk membuat sebuah NFT Art, kamu dapat membuat karya dengan tangan dan kemudian di foto atau dengan perangkat lunak digital pencipta seni.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar