Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

Apa itu PancakeSwap? Panduan Lengkap untuk Pemula

PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkan kamu untuk memperdagangkan mata uang kripto dan token tanpa perantara terpusat. Layanan ini dibangun di atas kontrak pintar otomatis yang digunakan di Binance Smart Chain, platform blockchain yang dijalankan oleh pertukaran crypto Binance.

Meskipun Binance mengoperasikan layanan pertukaran terpusat, perlu diketahui jika bursa tidak mengontrol atau mengoperasikan PancakeSwap yang dibagun oleh pengembang anonim. Layanan ini terlihat dan terasa sangat mirip dengan Ethereum DEX yang populer, Uniswap.

PancakeSwap digunakan secara khusus untuk token BEP-20 yang berjalan di Binance Smart Chain.

Seperti banyak DEX lainnya, PancakeSwap dibangun di atas sistem pembuat pasar otomatis (AMM), yang bergantung pada kumpulan likuiditas user-fueled untuk memungkinkan perdagangan kripto.

Daripada berurusan dengan buku pesanan dan menemukan orang lain yang ingin menukar token yang kamu miliki dengan yang kamu inginkan, pengguna mengunci token mereka ke dalam kumpulan likuiditas melalui kontrak pintar.

Itu memungkinkan pengguna  untuk melakukan pertukaran yang diinginkan, dan pengguna yang menyimpan koin mereka di kumpulan mendapatkan hadiah sepanjang waktu.

PancakeSwap adalah bagian dari gelombang naik layanan DeFi dan merupakan salah satu DEX terbesar di Binance Smart Chain. PancakeSwap pun beberapa kali mengungguli Uniswap untuk menjadi DEX paling populer berdasarkan volume perdagangan.

Cara kerja PancakeSwap

Seperti dijelaskan di atas, pertukaran token terjadi melalui kumpulan likuiditas antara pasangan token. Pengguna dapat menukar satu jenis token dengan yang lain tanpa perantara, sementara pengguna lain yang mempertaruhkan token mereka di kumpulan likuiditas mendapatkan bagian dari imbalan yang dihasilkan oleh transaksi.

Namun, itu hanya satu bagian dari keseluruhan pengalaman PancakeSwap. DEX juga memungkinkan pengguna untuk melakukan staking ke pool yang disebuty syrup pool yang akan memberikan hadiah.

Misalnya, kamu dapat mempertaruhkan CAKE, token asli PancakeSwap, dan mendapatkan lebih banyak CAKE hanya dengan membiarkannya ada di Syrup Pools dari waktu ke waktu. Bahkan ada opsi auto-stake yang akan mempertaruhkan ulang CAKE yang dimiliki setidaknya sekali per jam, dan hadiah akan teruis bertambah.

PancakeSwap menawarkan pengalaman seperti permainan, seperti bertaruh apakah harga Binance Coin (BNB) akan naik atau turun dalam jangka waktu terbatas.

Ini juga memiliki fitur lotere yang memungkinkan pengguna membeli tiket dengan harapan memenangkan rejeki nomplok besar CAKE, ditambah DEX menawarkan beragam token non-fungible (NFT) bertema kelinci untuk dibeli.

Ada juga penjualan Initial Farm Offering (IFO) yang memungkinkan kamu membeli koin baru dari proyek pemula. PancakeSwap adalah yang terbaru dari deretan panjang proyek crypto bertema makanan, termasuk SushiSwap, Yam Finance, BakerySwap, dan Kimchi Finance.

Keistimewaan PancakeSwap

Layanan ini memotong perantara pertukaran terpusat, membiarkan pengguna lain menuai hasilnya. Jika Anda ingin mengunci token Anda untuk sementara waktu, hadiahnya bisa sangat banyak, terutama dengan beberapa kumpulan likuiditas dan opsi staking. 

Seperti halnya DEX lainnya, pemula crypto kemungkinan akan kesulitan untuk menavigasi PancakeSwap dan memahami berbagai fiturnya. Namun, kamu bisa menemukan cara menggunakan PancakeSwap di sini.

Masa depan Pancakeswap

Binance Smart Chain berkembang pesat karena pengembang memanfaatkan biaya rendah dan transaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan Ethereum.

Pada April 2021, Binance mengungkapkan bahwa platform tersebut telah mengeksekusi sekitar 4,9 juta transaksi dalam satu hari, atau tiga kali lipat jumlah yang pernah dikelola Ethereum dalam sehari.

PancakeSwap tidak memiliki tingkat volume harian rata-rata yang sama dengan Uniswap atau SushiSwap, dua DEX kelas berat terbesar Ethereum, tetapi sudah sangat populer mengingat usia Binance Smart Chain yang relatif muda.

Jika platform aplikasi (dapp) terdesentralisasi Binance terus tumbuh dan menarik lebih banyak pengembang dan pengguna  dan biaya gas Ethereum yang melonjak dan kemacetan jaringan terus berlanjut  maka PancakeSwap mungkin akan melakukan pertarungan yang lebih kuat melawan pertukaran saingan pada waktunya.

Top exchange
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Pintu
14 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar