Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Yuk! Mengenal Token NFT

Token Non Fungible (NFT) adalah jenis khusus dari token kripto yang didukung oleh suatu aset.

Mereka tidak dipertukarkan satu sama lain dan tidak dapat dibagi. Ini dapat digunakan dalam game dan koleksi crypto.  

Token Non-fungible (NFT) mewakili berbagai macam barang berwujud dan tidak berwujud yang unik, dari kartu olahraga yang dapat dikoleksi hingga real estat virtual dan bahkan sepatu kets digital.

Standar token non-fungible yang populer adalah ERC721, ERC1155, ERC20, dan TRC721. NFT sebagian besar disimpan di dompet digital yang sesuai seperti dompet MyEtherWallet dan Ledger Hardware. Mereka dapat disesuaikan dan diperdagangkan di pasar dengan mudah.

Salah satu manfaat utama memiliki koleksi digital versus koleksi fisik seperti kartu Pokemon atau koin langka adalah bahwa setiap NFT berisi informasi pembeda yang membuatnya berbeda dari NFT lainnya dan mudah diverifikasi.

Hal ini membuat pembuatan dan peredaran barang koleksi palsu menjadi tidak berguna karena setiap barang dapat dilacak kembali ke penerbit aslinya. Tidak seperti cryptocurrency biasa, NFT tidak dapat langsung dipertukarkan satu sama lain. Ini karena tidak ada dua NFT yang identik  bahkan yang ada di platform, game, atau koleksi yang sama.

Anggap saja sebagai tiket festival. Setiap tiket berisi informasi spesifik termasuk nama pembeli, tanggal acara, dan tempat. Data ini membuat tiket festival tidak mungkin untuk diperdagangkan satu sama lain.

Sebagian besar token NFT dibangun menggunakan salah satu dari dua standar token Ethereum (ERC-721 dan ERC-1155)  blue print yang dibuat oleh Ethereum yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk dengan mudah menyebarkan NFT dan memastikan mereka kompatibel dengan ekosistem yang lebih luas.

Termasuk pertukaran dan layanan dompet seperti MetaMask dan MyEtherWallet. Eos, Neo dan Tron juga telah merilis standar token NFT mereka sendiri untuk mendorong pengembang membangun dan menghosting NFT di jaringan blockchain mereka.

Karakteristik Token NFT

Non-interoperable: CryptoPunk tidak dapat digunakan sebagai karakter di game CryptoKitties atau sebaliknya. Ini berlaku untuk barang koleksi seperti kartu perdagangan, juga; kartu heroes Blockchain tidak dapat dimainkan dalam permainan kartu perdagangan Gods Unchained.

Tak terpisahkan: NFT tidak dapat dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil seperti satoshi bitcoin. Mereka ada secara eksklusif sebagai satu kesatuan.

Tidak bisa dihancurkan: Karena semua data NFT disimpan di blockchain melalui kontrak pintar, setiap token tidak dapat dihancurkan, dihapus atau direplikasi. Kepemilikan token ini juga tidak dapat diubah, yang berarti gamer dan kolektor benar-benar memiliki NFT mereka, bukan perusahaan yang membuatnya.

Hal ini berbeda dengan membeli hal-hal seperti musik dari iTunes store di mana pengguna sebenarnya tidak memiliki apa yang mereka beli, mereka hanya membeli lisensi untuk mendengarkan musik tersebut.

Dapat diverifikasi: Manfaat lain dari menyimpan data kepemilikan historis di blockchain adalah bahwa barang-barang seperti karya seni digital dapat ditelusuri kembali ke pencipta aslinya, yang memungkinkan potongan diautentikasi tanpa perlu verifikasi pihak ketiga.

Beberapa Proyek NFT Populer di Pasar

Rarible – Ini adalah pasar yang terorganisir dan sepenuhnya terdesentralisasi di mana koleksi digital dapat dengan mudah dibuat dan dijual. Pengguna mendapatkan pembayaran royalti yang fleksibel.

Mereka dapat membuka item baru, berpartisipasi dalam lelang terkemuka, dan menerima hadiah menarik. Ini juga memiliki token tata kelola bernama RARI yang dapat digunakan untuk memberikan suara pada masalah tata kelola platform. Semua pencipta diverifikasi secara ekstensif dan diberi lencana khusus untuk memastikan keaslian tingkat tinggi.

GRAP Finance – Grap. Platform ini sering membuat token baru sesuai permintaan yang disaksikan di pasar. Ini berisi daftar merek anggur yang berbeda dan pengguna akan mendapatkan persentase bagian dari keuntungan tergantung pada permintaan anggur dari pengguna lain di platform.

Aavegotchi – Ini adalah platform DeFi yang dimiliki oleh Aave di mana pengguna dapat mempertaruhkan koleksi kripto dengan mudah. Ini memiliki token tata kelola yang disebut token GHST. NFT yang didukung oleh DeFi dipertaruhkan dengan token yang menghasilkan minat. Token dapat disimpan dengan aman dengan menghubungkan dompet yang kompatibel ke platform.

Token Non Fungible (NFT) diprediksi memiliki masa depan yang menjanjikan di masa depan dengan lebih banyak jumlah pengguna dan peningkatan adopsi teknologi blockchain.

Koleksi kripto, game, dan karya seni adalah NFT yang paling umum digunakan sekarang. Ini membawa banyak inovasi dan meningkatkan operasi berbagai industri secara bersamaan dengan memberikan manfaat ekonomi digital. Lebih banyak kesadaran akan meningkatkan penggunaannya di tahun-tahun mendatang.

Pertanyaan penting

🔍 Apa itu token NFT ?

Token NFT (Non-Fungible Token) berarti tidak bisa diganti/ditukar. NFT menawarkan karakter unik yang membuat mereka berbeda dan langka secara digital.

👯‍♀️ Apa bedanya dengan Token fungible ?

Token fungible bisa diganti dengan sesuatu yang serupa, sedangkan NFT merupakan token unik.

🙋‍♀️ Apakah token NFT bisa dibeli secara sebagian ?

Token NFT dengan ERC-721 tidak bisa dibagi-bagi dan harus dibeli atau dijual secara utuh.

🐈 Apa itu CryptoKitties ?

Pelopor awal NFT. CryptoKitties sebuah platform blockchain di mana pemainnya memiliki kesempatan mengumpulkan dan mengembang biakkan kucing digital dengan token NFT.

🐱 Apa saja kegunaan token NFT ?

Selain sebagai koleksi, token NFT bisa menjadi cara yang aman dan kekal untuk menyimpan akta lahir, sertifikat, dll.

💵 Berapa harga jual cryptokittiesa ?

CryptoKitty paling mahal dilaporkan terjual sebesar $120.000.

🔍 Apa itu dApps ?

Merupakan kependekan dari Decentralized Applications, aplikasi terdesentralisasi, tidak dimiliki oleh siapapun, tidak dapat dimatikan, dan sistem tidak dapat down.

💁‍♀️ Cryptokitties diperjual belikan dalam platform apa ?

Mereka bisa dibeli dan dijual menggunakan Ethereum.

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Hash Rate