Trading NFT, Cara Baru Dapat Untung di Crypto

Ada banyak cara dan celah mendapatkan keuntungan dari dunia digital, salah satunya adalah dengan trading NFT. Apa itu dan bagaimana caranya? Dapatkan jawabannya di artikel berikut.

Pengertian NFT

Sebelum membahas mengenai jual beli atau trading NFT, kamu harus memahami lebih dulu soal NFT sebenarnya.

NFT merupakan singkatan dari non fungible token, ini merupakan token yang unik dan memiliki nilai yang berbeda satu sama lain. Selengkapnya bisa kamu temukan di sini.

Ada berbagai jenis NFT yang bisa ditemui di marketplace, seperti  karya seni digital, memorabilia olahraga, avatar video game, dan lain sebagainya.

Setiap NFT yang dibeli dan kamu miliki tercatat di blockchain. Sebagian besar NFT saat ini banyak berada di blockchain Ethereum. Namun ada beberapa blockchain yang kini bisa digunakan untuk transaksi NFT.

Baca juga: 5 Blockchain NFT Populer

Trading NFT

Perdagangan atau trading NFT mengacu pada kegiatan jual beli aset non fungible token. Konsepnya sama dengan trading aset kripto pada umumnya, di mana saat trading NFT, kamu membeli NFT dengan harga murah, kemudian jual kembali ketika karya digital yang kamu miliki memiliki permintaan dan popularitas yang lebih tinggi. Dengan pola ini maka kamu akan mendapatkan keuntungan, karena saat dijual kembali harganya jadi lebih mahal.

Cara Trading NFT

Berikut ini adalah cara jual beli NFT yang perlu kamu pahami.  

Siapkan wallet

Wallet NFT adalah tempat di mana aset disimpan sebelum transaksi dilakukan. Kamu bisa memilih wallet sesuai dengan marketplace NFT yang ingin digunakan.

Baca juga: 5 Wallet NFT Terbaik

Dapatkan NFT

Untuk melakukan trading, maka kamu harus beli NFT lebih dulu. Cari NFT yang ingin kamu miliki, sebaiknya saat harganya masih murah. Sehingga ketika melakukan trading dan jual di harga lebih tinggi, kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Mulai Trading

Jika sudah memiliki NFT, kamu bisa mulai trading dengan membeli atau menjual karya digital yang tersedia. Trading ini bisa dilakukan di marketplace seperti OpenSea, Holaplex, Rarible, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kerugian Trading NFT

Ada beberapa kelebihan dari trading aset ini, di antaranya adalah efisiensi, transparansi, autentikasi, peningkatan royalti para kreator, dan mengurasi biaya perdagangan dari pihak ketiga.

Kerugiannya adalah masih cukup sulit dilakukan untuk yang awam, berdampak buruk dengan lingkungan karena ada gas fee yang digunakan, trading NFT ini pun masih terbilang baru sehingga rawan terjadi penipuan.

Itu dia penjelasan seputar trading NFT, sama seperti perdagangan aset lain, kamu harus melakukan riset lebih lanjut dan mengetahui segala risiko yang ada dibaliknya.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin