5 Crypto Potensial dengan Kabar Baik Pekan Ini

Naufal Muhammad

5th July, 2021

Pekan ini nampaknya Bitcoin sedang berusaha naik walau terhambat oleh batas atasnya dan sedang bergerak turun di awal pekan ini.

Namun, harapan belum hilang akibat masih ada potensi pergerakan naik bersama Bitcoin yang masih dapat menjaga batas bawahnya.

Sehingga, dengan adanya harapan untuk naik, kemungkinan besar mayoritas crypto lain akan ikut bergerak naik.

Dalam artikel ini, akan diberikan pandangan mengenai lima crypto dengan potensi kabar baik yang kemungkinan dapat mendorong harganya naik.

1. Ethereum (ETH)

Ethereum nampaknya akan menjadi crypto yang memimpin apresiasi pada pekan ini jika apresiasi tersebut terjadi.

Hal ini disebabkan momentum dari Ethereum 2.0 yang membawa apresiasi kepada Ethereum dalam beberapa hari terakhir.

Setelah ada publikasi peluncuran jaringan uji coba oleh London Hard Fork, Ethereum telah mengalami apresiasi yang cukup signifikan.

Sejak beberapa hari yang lalu, Ethereum telah bergerak naik menyentuh harga tertingginya sejak dua pekan terakhir.

Momentum uji coba London Hard Fork ini serta banyaknya proyek yang mulai masuk lagi ke Ethereum, dapat menjadi dorongan positif.

Ditambah dengan banyaknya media yang memberi kabar baik terhadap Ethereum ini, jika mayoritas crypto naik, harganya juga akan naik secara signifikan.

Dari sisi teknikal saat ini Ethereum masih terus bergerak naik walau sedang mengalmi koreksi pada hari ini.

Grafik Harian ETHUSD

Kemungkinan besar, selama Ethereum dapat menjaga batas bawahnya pada $2200 atau Rp31,8 Juta hingga $2132 atau Rp30,8 Juta harganya dapat terus naik.

Namun batas atas yang harus dilewati berada pada $2371 atau Rp34,3 Juta yang jika ditembus dapat membawa apresiasi pada pekan ini hingga $2600 atau Rp37,6 Juta bahkan lebih.

2. Ethereum Classic (ETC)

Fork dari Ethereum yang sebelumnya telah ditinggal, yaitu Ethereum Classic juga nampaknya akan bangkit dari istirahatnya dan menyaingi induknya.

Hal ini disebabkan adanya potensi sentimen positif dari pembaruan jaringannya yang akan terjadi pada pekan ini.

Sebelumnya Ethereum Classic telah ditinggal bahkan oleh developernya yang mulai reda dalam pengembangan.

Namun setelah harganya mulai naik kembali, nampaknya developernya telah hidup kembali dan akan melakukan Hard Fork bernama Magneto Hard Fork.

Awal pengembangan Hard Fork akan terjadi pada tanggal 7 Juli 2021 yang dapat menjadi sentimen positif untuk ETC mulai naik.

Dengan Hard Fork yang akan meluncur di akhir Juli 2021, kemungkinan besar menuju Hard Fork tersebut ETC dapat naik kembali.

Sehingga dengan fundamental yang dalam proses perbaikan, kemungkinan besar ETC dapat naik kembali melanjutkan apresiasi sebelumnya.

Dari sisi teknikal, ETC juga sedang berkonsolidasi setelah berhasil menembus batas atas sebelumnya, yang dapat menjadi pertanda positif.

Grafik Harian ETCUSD

Kemungkinan besar apresiasi dapat terjadi selama batas bawah pada $50,7 atau Rp734.440 dapat terus terjaga.  

Sebab jika ditembus kemungkinan besar apresiasi pada pekan ini akan hilang potensinya dan dapat membawa ETC kembali turun.

Namun jika terjaga, kemungkinan besar ETC dapat naik hingga $79,4 atau Rp1,15 Juta bahkan lebih, jika batas atas pada $63.3 atau Rp916.963 dapat ditembus.

3. Dock (DOCK)

Selain keluarga Ethereum, nampaknya ada proyek kecil yang kemungkinan akan mendapatkan sentimen positif pada pekan ini.

Crypto proyek kecil tersebut adalah DOCK yang walau tergolong relatif baru, sudah memiliki kemampuan apresiasi yang tinggi.

DOCK sendiri adalah sebuah blockchain yang khusus digunakan sebagai tempat penyimpanan dan validasi kredibilitas suatu pihak untuk mendapatkan kredit atau pinjaman.

Kegunaannya jika terus meluas dapat menjadi signifikan di dunia Decentralized Finance (DeFi) terutama dalam sektor lending atau pinjaman.

Pada tanggal 7 Juli 2021, DOCK akan meluncurkan sistem Proof of Stake yang dapat menjadi sentimen positif untuknya.

Dengan perubahan mekanisme tersebut, kemungkinan besar persebaran DOCK akan semakin langka akibat adanya mekanisme staking.

Oleh karena itu jika permintaannya terus naik, kemungkinan besar harganya juga dapat naik lebih tinggi terutama setelah terjadi perubahan mekanisme ini.

Dari sisi teknikal, saat ini DOCK sedang bergerak naik keluar dari zona descending triangle yang kemungkinan dapat membawanya terus naik pekan ini.

Grafik Harian DOCKUSD

Batas bawah yang harus dijaga berada pada $0.09 atau Rp1.303 hingga $0.078 atau Rp1.129 yang jika ditembus dapat membawa potensi pergerakan turun kembali.

Jika terus terjaga, kemungkinan besar DOCK dapat naik menuju $0.12 atau Rp1.738 hingga $0.145 atau Rp2.100 bersama dengan kabar positif pekan ini.

4. Helium (HNT)

Helium menjadi blockchain yang juga akan melakukan pembaruan jaringan yang dapat menjadi sentimen positif untuk HNT.

Pada tanggal 7 Juli 2021 juga, Helium akan melakukan peluncuran jaringan utama barunya untuk para validator dapat mulai bergerak.

Hal tersebut dapat membuat jaringan Blockchain Helium dapat mulai bergerak stabil kembali yang kemungkinan akan menjadi sentimen positif untuk HNT.

Selain itu, Helium juga menjadi salah satu crypto yang sering dibahas pada sosial media terutama Twitter dan media berita.

Beberapa media berita menganggap bahwa Helium dapat naik cukup signifikan dan menjadi salah satu crypto yang potensial.

Oleh karena itu kemungkinan besar HNT dapat menjadi salah satu crypto yang berpotensi mengalami pergerakan naik jika tidak minggu ini maka dalam jangka panjang.

Dari sisi teknikal saat ini HNT sedang berusaha bergerak naik setelah keluar dari zona descending triangle atau segitiga menurun.

Grafik Harian HNTUSD

Kemungkinan apresiasi akan terus terjadi jika batas bawah pada $12.1 atau Rp175.280 dapat terus terjaga, namun jika ditembus, potensi apresiasi kemungkinan akan hilang.

Jika terus terjaga kemungkinan besar HNT dapat naik hingga $18.1 atau Rp262.196 pada pekan ini jika juga berhasil menembus batas atas pada $14.1 atau Rp204.252.

5. Telcoin (TEL)

Terakhir adalah Telcoin crypto yang juga memiliki peran penting di dunia DeFi terutama dari sisi perpindahan dana internasional.

Telcoin menjadi salah satu crypto yang terlihat memiliki potensi tinggi akibat melihat perkembangan proyeknya yang juga masih relatif baik.

Saat ini Telcoin sedang melakukan pembaruan ke versi terbarunya yaitu versi ketiga yang dikabarkan akan meluncur pada pekan ini.

Selain itu, saat ini beberapa media juga memberikan dukungannya terhadap TEL dari sisi publikasi prediksi dan berita.

TEL sendiri sempat mengalami apresiasi hingga 1.000% lebih beberapa pekan yang lalu.

Jika mulai pulih nampaknya TEL dapat mengembalikan apresiasi tersebut.

TEL juga menjadi salah satu token yang sering dibahas di media sosial bersama Shiba Inu (SHIB), Polygon (MATIC), Aave (AAVE), dan beberapa crypto lainnya.

Oleh karena itu, kemungkinan besar TEL dapat mengalami apresiasi yang signifikan, namun TEL sangat bergantung pada sisi teknikalnya.

Dari sisi teknikalnya, saat ini TEL berada dalam daerah penentu akibat sedang berada di dalam pola segitiga simetris atau symmetrical triangle.

Grafik Harian TELUSD

Jika TEL menembus batas bawahnya pada $0,0236 atau Rp341 harganya dapat bergerak turun keluar dari zona tersebut dan menghilangkan potensi apresiasi.

Namun jika berhasil menembus batas atas pada $0,0282 atau Rp408 harganya kemungkinan besar dapat naik hingga menuju $0,0379 atau Rp549.

Melihat masih belum jelas pergerakannya, crypto ini masih memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga jangan lupa mengelola manajemen risiko.

*Disclaimer

Semua analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.