Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Mengenal Bitcoin Dominance Index

Sering dengar Bitcoin Dominance Index atau indeks dominasi Bitcoin? Jika sering namun masih bingung apa artinya. Artikel ini akan menjelaskan soal Bitcoin Dominance Index.

Pengertian Bitcoin Dominance Index

Indeks Dominasi Bitcoin atau Bitcoin Dominance Indeks adalah indeks digunakan untuk melacak total kapitalisasi pasar Bitcoin relatif terhadap total kapitalisasi pasar atau market cap semua aset digital.

Tampilan Bitcoin Dominance Index
Tampilan Indeks Dominasi Bitcoin

Metrik ini dimaksudkan untuk menunjukkan sifat dasar Bitcoin ke pasar cryptocurrency, dan untuk menggarisbawahi nilainya yang sangat besar jika dibandingkan dengan mata uang digital lainnya.

Cara Menghitung Bitcoin Dominance Index

Cara menghitungnya  Kapitalisasi Pasar Bitcoin = Harga Bitcoin x Pasokan Bitcoin yang Beredar

Indeks ini sering  digunakan oleh para trader untuk memantau sentimen di dalam pasar crypto. Soalnua ini adalah indikator penting untuk mengetahui sentimen investor.  Ada beberapa faktor yang harus diingat investor saat menggunakan Indeks Dominasi Bitcoin.

Secara khusus, ada beberapa ketidaksepakatan mengenai penggunaan akhir kapitalisasi pasar sebagai metrik. Ini karena tingginya proporsi Bitcoin yang tidak aktif dengan koin yang tersimpan di dompet yang tidak terpakai atau hilang, atau pemiliknya lupa bahwa mereka memilikinya.

Kemudian masalah lainnya ketika ada lonjakan harga yang besar dan investor amatir baru membeli koin, hanya untuk melupakan kepemilikan mereka segera setelahnya.

Tingginya tingkat Bitcoin yang tidak aktif (sebanyak 30% dari semua koin yang ditambang, menurut beberapa perkiraan) membuat kapitalisasi pasar menjadi metrik yang sebetulnya tidak berpotensi untuk diandalkan, namun masih tetap digunakan.

Walau begitu, pada kenyataanya kapitalisasi pasar Bitcoin tetap menjadi ilustrasi yang kuat tentang ukuran cryptocurrency terbesar di dunia yang luas dan berkembang, dan pentingnya sebanding dengan cryptocurrency lainnya.

Ada banyak proyek yang bertujuan untuk menantang dominasi Bitcoin, beberapa di antaranya adalah Ethereum yang menawarkan aplikasi yang lebih canggih untuk teknologi blockchain daripada penciptaan koin yang hanya menyimpan nilai.

Perjalanan Bitcoin Dominance Index

Pada 2013 tidak banyak mata uang digital seperti Bitcoin, saat itu Bitcoin memiliki dominasi sebesar 94%. Kemudian pada 2017 ketika musim altcoin dimulai dominasi BTC mencapai 85,4% (ETH memiliki pangsa 5,7% dari kapitalisasi pasar cryptocurrency, sementara XRP Ripple berada di 1,1%.)

Tetapi dalam waktu empat bulan yang singkat, pangsa pasar Bitcoin jatuh secara dramatis karena serentetan penawaran koin awal (ICO) meningkatkan kapitalisasi pasar industri secara substansial.

Pada bulan Juni, dominasi BTC telah turun menjadi hanya 40% dengan likuiditas pindah ke token ERC-20 sebagai gantinya. 

Data CoinMarketCap menunjukkan bahwa, selama periode yang sama, total kapitalisasi pasar dalam USD melonjak dari $20 miliar menjadi $114 miliar, meningkat 470%.

Kemudian harga Bitcoin yang jatuh setelah mencapai all time high di 2017 membuat dominasi Bitcoin berada di titik terendah sepanjang masa sebesar 32,8%.

Selanjutnya setelah pasar kembali bullish, dominasi Bitcoin pun mencapai level tertinggi di 70% pada September 2019. Namun, kecil kemungkinan kita akan melihat BTC menembus level ini lagi.

Untuk saat ini dominasi Bitcoin belum kembali menyentuh 70%, karena semakin banyaknya crypto-crypto baru yang membuat investor tidak hanya bergantung pada Bitcoin untuk memiliki aset digital. 

Cara Trading dengan Bitcoin Dominance

Dikutip dari delta exchange, Bitcoin dominance index bisa dijadikan acuan untuk melakukan trading, hal ini dikarenakan dominasi BTC dapat memberikan wawasan tentang mata uang mana yang memiliki potensi lebih besar di antara Bitcoin dan altcoin.

Setelah tren di sekitar rasio dominasi BTC ditentukan, periksa tren harga Bitcoin dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, metodologi sederhana dapat digunakan untuk membentuk strategi.

  • Jika rasio dominasi BTC dalam tren naik dan Bitcoin dalam tren naik, belilah bitcoin.
  • Jika rasio dominasi BTC dalam tren naik dan Bitcoin dalam tren turun, maka jual altcoin.
  • Jika rasio dominasi BTC dalam tren turun dan Bitcoin dalam tren naik, maka belilah altcoin.
  • Jika rasio dominasi BTC dalam tren turun, dan Bitcoin dalam tren turun, maka jual Bitcoin.

Setelah strategi ditentukan, investor dapat mengidentifikasi peluang perdagangan.

Bitcoin Dominance Index Terhadap Altcoin

Hal terpenting tentang Dominasi Bitcoin adalah dapat membantu kamu memahami apakah altcoin berada dalam tren turun atau tren naik terhadap BTC.

Ketika Dominasi BTC meningkat, altcoin, secara keseluruhan akan kehilangan nilai terhadap BTC. Ketika Dominasi BTC menurun secara keseluruhan mereka mendapatkan nilai terhadap BTC.

Ini berarti dalam banyak kasus, jika ingin membeli Bitcoin ketika Dominasi Bitcoin dalam tren naik, dan kemudian jika ingin masuk  ke altcoin dengan kapitalisasi pasar, menengah atau kecil bisa dilakukan ketika Dominasi Bitcoin sedang dalam tren turun.

Dalam kebanyakan kasus, tren turun yang tajam dan konsisten dalam dominasi terjadi di pasar bull crypto, karena pasar bull yang intens cenderung mendorong kapitalisasi alt lebih tinggi daripada Bitcoin.

Demikian juga, mundurnya tren ini biasanya merupakan tanda pasar yang sedang bearish. Tapi perlu diingat jika Dominasi Bitcoin dapat memiliki implikasi yang berbeda pada kerangka waktu yang berbeda, dan pada akhirnya ini hanya salah satu indikator dan yang lainnya untuk bisa mengetahui Bitcoin di masa depan. 

Baca juga: Mengenal Bitcoin Rainbow Chart dan Cara Membacanya

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin