5 Crypto dengan Kabar Potensial Saat Pasar Koreksi: FET, ONE, CAKE, HNT, ADA

Naufal Muhammad

20th September, 2021

Pasar crypto saat ini sedang mengalami koreksi akibat adanya potensi sentimen negatif dari Bank Sentral Amerika terkait Tapering.

Tapering merupakan kegiatan perubahan kebijakan moneter untuk mengubah jumlah uang beredar dan sekaligus mengubah nilainya.

Kondisi tersebut dapat membuat perubahan dalam nilai aset berisiko seperti crypto, dimana jika Dolar Amerika naik, maka crypto berpotensi turun.

Pergerakan koreksi ini memberi kesempatan untuk membeli beberapa crypto potensial akibat dapat membuat potensi beli di harga yang relatif murah.

Dalam artikel ini akan diberikan analisis mengenai lima crypto potensial dengan kabar positif yang akan terjadi pada pekan ini.

Fetch.ai (FET)

Pertama adalah Fetch.ai salah satu proyek yang baru saja meluncurkan blockchainnya sendiri dengan basis mekanisme konsensus Proof of Stake.

Fetch.ai baru saja melakukan perpindahan dari Blockchain Ethereum menuju jaringannya sendiri dengan mekanisme Proof of Stake.

Akibat perpindahan tersebut, saat ini FET sedang melakukan beberapa publikasi untuk membuat lebih banyak pelaku pasar mengenalnya.

Salah satu publikasi tersebut adalah adanya StakeDrop dari Mobix_Ai (MOBX) yang merupakan salah satu proyek baru di ekosistem FET.

StakeDrop adalah pembagian imbalan gratis dengan melakukan staking. Tujuannya adalah mempromosikan staking dari proyek baru.

Dalam ekosistem FET saat ini, akibat baru transisi ke jaringan Proof of Stake sendiri, pihak FET sedang mendorong peningkatan staking FET.

Sehingga dengan melakukan staking FET, nantinya para staker atau yang melakukan staking tersebut akan mendapatkan imbalan MOBX di luar nilai tambah dari FET.

Oleh karena itu kemungkinan besar kondisi ini dapat mendorong pembelian untuk melakukan staking dan juga kemudian membuat FET lebih langka.

Jika permintaan naik, melihat jumlah FET yang juga terbatas, kemungkinan besar harganya juga akan naik kembali.

Dari sisi teknikal, saat ini FET sedang bergerak koreksi bersama mayoritas crypto akibat adanya beberapa sentimen negatif.

Grafik Harian FETUSD

Kemungkinan besar koreksi dapat berlanjut menuju $0.655 hingga $0.557 yang dapat dijadikan area baik untuk membeli.

Tujuan apresiasi jika berlanjut adalah pada $0.815 hingga $0.99. Namun, jika pasar kembali pulih, kemungkinan besar harga dapat terus naik membentuk harga tertinggi baru.

Harmony (ONE)

Berikutnya adalah Harmony yang merupakan salah satu blockchain yang sedang mendapatkan ketenaran baru akibat rendahnya biaya jaringannya.

Rendahnya biaya ini telah dimanfaatkan oleh beberapa penggiat Non Fungible Token (NFT) untuk melakukan transaksi pada bursa NFT DaVinci.

Namun, sentimen positif yang akan datang pada pekan ini nampaknya merupakan adanya beberapa pembaruan fitur.

Fitur yang dimaksud adalah hasil dari kerja sama dengan beberapa proyek crypto lainnya, dimana salah satunya adalah Chainlink (LINK).

Dikabarkan bahwa saat ini ONE sedang dalam tahap peresmian kerja sama dengan Chainlink untuk penyediaan “jembatan” akses data dari blockchainnya.

Tujuannya adalah agar data dari blockchainnya dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna jaringan ONE.

Selain itu, terdapat beberapa peresmian jembatan antar blockchain yaitu dengan blockchain Ethereum dan juga Bitcoin.

Terakhir, ONE juga sedang dalam rencana untuk penciptaan fitur cross chain atau jembatan antar blockchain untuk transaksi NFT.

Dari sisi teknikal, saat ini ONE sedang mengalami koreksi namun kemungkinan akan tertahan pada batas bawah di harga $0.133.

Grafik Harian ONEUSD

Batas bawah berikutnya terlihat berada pada $0.115 hingga $0.09, namun jika kembali naik, kemungkinan besar tujuan selanjutnya berada pada $0.15 hingga $0.18.

Pancakeswap (CAKE)

Ketiga adalah Pancakeswap yang dikabarkan akan meluncurkan bursa NFT dan juga beberapa koleksi baru proyeknya.

Dikabarkan bahwa pada 22 September 2021 nantinya koleksi tersebut dapat resmi diterbitkan dan kemudian dapat diperjualbelikan.

Kemungkinan besar transaksi tersebut akan terjadi pada bursa NFT baru dari Pancakeswap tersebut, sehingga dapat menjadi sentimen positif baru untuk CAKE.

Peluncuran bursa NFT Pancakeswap ini akan terjadi juga pada 22 September 2021, sehingga dapat menggerakkan harga CAKE.

Dari sisi teknikal saat ini CAKE masih terlihat bergerak turun akibat mengikuti pergerakan pasar crypto saat ini.

Grafik Harian CAKEUSD

Kemungkinan besar batas bawah kuat masih berada pada $20.8 hingga $18.9, yang jika tertahan dapat membawa CAKE kembali naik.

Apa bila kembali bergerak naik, kemungkinan besar CAKE dapat kembali naik menuju $22.7 hingga $24.5 sebelum naik kembali lebih tinggi.

Helium (HNT)

Selanjutnya adalah Helium yang merupakan salah satu crypto dengan fokus saat ini untuk menyediakan “sinyal” untuk jaringan komunikasi.

Nantinya HNT akan bergerak secara desentralisasi untuk menyediakan sinyal 5G untuk mayoritas handphone dan smartphone.

Penggerak jaringan nantinya akan menggerakkan penyediaan sinyal 5G tersebut untuk mendapatkan imbalan melalui HNT.

Dikabarkan bahwa proyek ini akan diluncurkan pada 22 September 2021, yang dapat menjadi sentimen positif baru untuk HNT.

Hal ini disebabkan implementasi ini adalah implementasi crypto untuk sektor riil sehingga dapat digunakan dan lebih dikenal lebih banyak orang.

Dikabarkan bahwa walau akan meluncur 22 September 2021, kemungkinan besar penyesuaian dan pemasangan seluruh jaringan akan terjadi hingga 28 September 2021.

Oleh karena itu, kabar ini dapat menjadi insentif baru untuk Helium karena dapat meningkatkan permintaan terhadapnya.

Dari sisi teknikal, saat ini HNT terlihat masih bergerak dalam koreksi namun masih tertahan oleh batas bawah pergerakannya.

Grafik Harian HNTUSD

Kemungkinan besar salam batas bawah pada $18.38 hingga $15.73 masih dapat terjaga, HNT masih memiliki kesempatan untuk naik.

Jika kembali bergerak naik, kemungkinan besar HNT dapat kembali naik hingga menuju $24.3 apa bila $21.42 berhasil dilewati.

Cardano (ADA)

Terakhir adalah Cardano yang dikabarkan akan memiliki sentimen positif pada 25 dan 26 September 2021 yaitu acara konferensi terkait Cardano.

Dikabarkan bahwa dalam acara tersebut, Cardano akan membahas mengenai rencana blockchain ke depannya dan juga potensi dan prediksi pertumbuhan ekosistemnya.

Jika terdapat kabar positif, ada kemungkinan ADA dapat kembali bergerak naik, melihat koreksinya yang sudah cukup signifikan.

Melihat Blockchain Cardano yang baru saja meluncurkan pembaruan, kemungkinan besar acara ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi dasar awal pertumbuhan ekosistem.

Sehingga ada kemungkinan kabar0kabar positif yang dapat membuat ADA naik dalam jangka panjang.

Dari sisi teknikal, saat ini ADA sedang bergerak dalam koreksi bersama dengan mayoritas crypto lainnya.

Grafik Harian ADAUSD

Kemungkinan besar saat ini batas bawah pada $2.164 hingga $2 masih dapat terjaga yang membuat adanya potensi pergerakan positif.

Apa bila kembali bergerak naik, kemungkinan besar ADA dapat naik menuju $2.7 hingga $3 dengan target jangka menengah pada sekitar $5 yang tepat dengan titik 161,8% Fibonacci Extension.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan resmi untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.