Berita Altcoins · 5 min read

Transaksi Terus Naik, Cardano Pimpin Volume Altcoins!

Cardano jadi pemimpin Altcoins, setelah volume transaksi yang positif terus masuk ke dalam jaringan, selama 13 minggu berturut-turut.

Total inflows yang masuk pada Cardano untuk minggu ini saja, telah mencatat $16 juta volume transaksi dari total keseluruhan $151 juta. Sementara untuk total inflows year-to-date market saat ini, mencapai rekor $9 miliar.

Jumlah tersebut memecahkan rekor tahun lalu, yang hanya mencapai volume transaksi $7 miliar.

Sederet Altcoins yang Juga Merasakan Positif Inflows

Cardano bukan satu-satunya altcoins yang merasakan positif inflows. Menurut laporan CoinShares, Ethereum juga melanjutkan inflow positifnya dalam market. 

Inflow yang masuk dalam jaringan Ethereum, juga menunjukkan pandangan positif dari investor institusional, terutama terhadap platform smart contract-nya. 

Hal itu kemudian diimbangi dengan asset under management (AUM) di jaringan Ethereum, yang telah menembus $21 miliar untuk pertama kalinya. 

Altcoin lain yang selalu bersaing dengan koin ADA, Solana, juga mencatat volume transaksi yang cukup besar sekitar $9,8 juta masuk kedalam jaringan.

Diikuti Polkadot dan XRP, yang masing-masing menerima $5,2 juta dan $3,1 juta. Namun memang, Cardano lah yang memimpin mereka di sini.

Bagaimana dengan Bitcoin?

Meskipun Cardano memimpin inflow yang masuk minggu lalu, Bitcoin masih tetap mempertahankan keunggulannya. 

Dari total $151 juta inflows yang tercatat, Bitcoin merupakan mayoritas di antara semua Altcoin dengan total $98 juta volume transaksi. Inflow Bitcoin juga mencapai 99% dari total inflow institusional. 

Ini menunjukkan eksistensi Bitcoin yang terus memperkuat posisinya sebagai aset crypto raksasa.

Jika ditinjau, inflow senilai $16 juta yang masuk dalam jaringan Cardano, menghasilkan kurang dari 20% dari total inflow yang masuk pada Bitcoin. Namun jumlah tersebut merupakan angka yang signifikan untuk ‘sebuah altcoin’. 

Inflow Bitcoin sebagian besar disumbangkan oleh perdagangan dana ETF yang telah disetujui oleh SEC.

Dengan ETF VanEck yang memulai perdagangan pada 16 November kemarin, jumlah ini diperkirakan akan semakin bertambah di minggu yang akan datang.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.