Berita Bitcoin · 8 min read

Taproot, Upgrade Terbesar Bitcoin Baru Saja Terjadi

Upgrade terbesar Bitcoin dalam empat tahun, baru saja diluncurkan dalam jaringan. Ini adalah momen konsensus yang langka di antara para stakeholder.

Upgrade yang dimaksud adalah upgrade Taproot. Taproot baru bisa diluncurkan setelah mendapat persetujuan dari penambang Bitcoin di seluruh dunia. 

Meskipun sebagian komunitas Bitcoin setuju untuk mengunci upgrade tersebut sejak bulan Juni, peluncuran Taproot baru dieksekusi pada November. 

Penundaan dilakukan untuk memberikan waktu yang cukup ketika melakukan pengujian, serta mengoptimalkan kemungkinan terjadi kesalahan.

Timeline Pengajuan Proposal Taproot hingga Resmi Diluncurkan


Upgrade Taproot mengumpulkan tiga proposal pemutakhiran terpisah, yaitu upgrade privacy, smart contract, serta menekan jaringan agar biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Berikut ini adalah penjabaran dari upgrade Taproot yang telah terjadi.

Upgrade Privacy

Salah satu tujuan dari upgrade Taproot adalah untuk meningkatkan privasi dari transaksi penggunanya.

Untuk melakukan ini, cryptocurrency menggunakan sesuatu yang disebut ‘Elliptic Curve Digital Signature Algorithm’, yang diartikan sebagai algoritma dalam pembuatan tanda tangan digital dengan menggunakan analogi kurva elips.

Signature Algorithm versi Taproot mengubah namanya menjadi Schnorr. Schnorr yang nantinya membuat transaksi multi-signature tidak dapat dibaca, untuk memperkuat keamanan wallet.

Schnorr memproses signature menggunakan private key untuk mengontrol Bitcoin wallet.

Peran upgrade Taproot di sini adalah untuk memastikan aset Bitcoin hanya dapat digunakan oleh pemilik sah.

Smart Contract

Perubahan paling penting dari Taproot adalah potensi smart contract. Dan peran Schnorr yang tadi, membantu pengguna Bitcoin untuk mengeksekusi smart contract yang lebih kompleks daripada yang digunakan saat ini.

Ini adalah pengaruh besar, karena salah satu perbedaan utama antara Bitcoin dan blockchain yang lebih baru seperti Ethereum, adalah kemampuannya mengoptimalkan penggunaan smart contract.

Upgrade ini akan mengarah pada peningkatan aplikasi Bitcoin sehari-hari, karena smart contract secara teoritis memang dapat digunakan untuk hampir semua jenis transaksi.

Saat ini, smart contract sudah dapat dibuat baik di lapisan protokol inti Bitcoin atau melalui Lightning Network, sebuah platform pembayaran yang dibangun di atas Bitcoin yang membantu transaksi dengan instan. 

Smart contract yang dieksekusi di Lightning Network biasanya menghasilkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah.

Sudah banyak pengembang yang mulai membangun Lightning untuk mengantisipasi upgrade seperti ini.

Transaksi Lebih Murah

Pembaruan Schnorr juga mempengaruhi pengurangan jumlah data yang diperlukan untuk transaksi multi-signature, karena sebelum diperbarui proses yang dilalui lebih rumit.

“Dengan lebih sedikit data yang terlibat, transaksi akan menjadi lebih hemat energi dan waktu.” Ungkap Tyrone Ross, CEO dari Onramp Invest, sebuah perusahaan yang membantu penasihat manajemen aset digital.

Pada akhirnya, proposal pemutakhiran ini sangat berkaitan. Dengan adanya smart contract, biaya yang dikeluarkan pun lebih rendah dan memperkecil ukuran di dalam blockchain.

Baca juga: Alternatif BTC Baru “Bitcoin BSC” Capai US$2,5 Juta Dalam Presale 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.