Bos Solana Labs Sebut Koin SOL bukan Ethereum Killer

Rossetti Syarief

13th November, 2021

Bos Solana Labs, Raj Gokal, berpikir bahwa membandingkan Ethereum dengan Solana, bahkan sampai menyebut koin SOL sebagai “Ethereum Killer” itu tidak diperlukan.

Solana sering disebut sebagai versi lebih baiknya Ethereum, dan bisa menjadi pembunuh jaringan tersebut di masa depan.

Dengan biaya lebih rendah serta waktu transaksi lebih cepat yang ditawarkan, menjadi sebuah alasan investor mengunggulkan SOL.

Salah satu co-founder dari venture capital firm Placeholder, Chris Burniske, membuat cuitan dilaman Twitternya yang seolah-olah menyindir jaringan lain yang terlihat begitu berambisi untuk bersanding dengan Ethereum.

Tak lama dari cuitan tersebut, Gokal pun menulis komentarnya di sana.

Gokal ingin semua pihak berhubungan baik tanpa perpecahan, meski jaringan mereka sedang bersaing satu sama lain di papan cryptocurrency. 

Setelah mengutarakan pendapatnya, Gokal meminta maaf karena memang twit tersebut tidak ada kaitannya dengan Solana.

Namun, Gokal tetap menuliskan kekecewaannya di sana. Ia hanya tidak suka jika setiap kali chain non-ethereum seperti Solana tengah meraih kesuksesan yang lebih besar, jaringan tersebut justru di-cap berambisi menjadi Ethereum Killer.

Ekspansi Solana 

Awal pekan ini, Solana Foundation menjadi tuan rumah konferensi Solana Breakpoint 2021 di Lisbon, Portugal, yang menampilkan sederet tamu berkelas.

Sebut saja beberapa petinggi Solana Labs, salah satu pendiri Reddit bernama Alexis Ohanian, Jeremy Allaire, hingga Sam Bankman-Fried sebagai CEO FTX.

Pada hari pertama acara, Gokal menyatakan bahwa ekosistem Solana telah meledak dengan peningkatan yang signifikan sepanjang tahun 2021 di setiap vertikalnya, termasuk use case. 

Co-founder juga menyoroti data yang menunjukkan 2,2 juta NFT dicetak di blockchain Solana hanya dalam waktu tiga bulan.

Pendapatan yang tercipta bernilai lebih dari $15 miliar, yang terkunci di DeFi berbasis Solana sebanyak $14,47 miliar pada saat penulisan.

Ekosistem Solana per Oktober

Dustin Teander Research juga mencatat bahwa, Solana telah menerima perhatian lebih dari investor selama kuartal terakhir ini.

Hal itu menjadikan SOL masuk ke dalam daftar long list of promising untuk sebuah proyek dengan suntikan dana yang positif mengalir pada jaringan.

“Dalam berbagai hal, Harga koin SOL telah didorong secara sehat di berbagai sektor, seperti dana game senilai $100 juta yang diumumkan, investasi sebesar $100 juta dari Reddit untuk Media Sosial, dana $40 juta yang dikumpulkan oleh Neon Labs untuk membawa menyelesaikan EVM, Hingga meluncurkan NFT di Solana dan ekosistem DeFi pada jaringan yang telah melihat ekspansi TVL 4x sejak September.” Rinci sang peneliti.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik