10 Proyek NFT Ramah Lingkungan di Blockchain Tezos

Tezos menjadi salah satu blockchain pilihan bagi seniman atau kreator yang ingin mencetak karyanya menjadi aset digital NFT.

Desain Proof of Stake jaringan yang digunakan cukup hemat energi, memiliki perkiraan konsumsi energi tahunan sekitar 0,001 TWh.

Baca juga: Apa Itu Tezos (XTZ)? Blockchain Ramah Lingkungan 

Ini berarti mencetak NFT di Tezos tidak hanya lebih baik untuk lingkungan tetapi juga lebih hemat biaya bagi pembuat konten.

Untuk mengenalkan blockchain yang ramah lingkungan ini, Tezos pun meluncurkan kampanye Clean NFT yang juga digunakan oleh proyek NFT yang bekerja di jaringan Tezos.

Apa saja proyek Clean NFT di Tezos yang menarik untuk diperhatikan? Selengkapnya di artikel berikut ini.

OneOf.com

OneOf menggunakan lebih dari 2 juta kali lebih sedikit energi per NFT dibandingkan platform lain.

Hal ini juga memberikan kesempatan bagi penggemar budaya pop dan olahraga untuk menawar atau membeli musik digital atau sejarah olahraga.

Platform OneOf
Platform OneOf

Beberapa NFT yang tersedia di platform ini adalah Sports Illustrated 2016 Muhammad Ali, ‘Gravity’, NFT langka dari karya seni Ben Ditto yang menampilkan arahan kreatif bintang pop Pia Mia, dan gitar listrik akustik hitam Gibson ES-335 gloss yang ditandatangani oleh Legenda Rolling Stones, Keith Richards.

Red Bull Racing

Red Bull Racing, merk olahraga ternama yang kini sudah masuk ke aset digital.

Red Bull Racing Tezos
Red Bull Racing Tezos

Koleksi yang diberikan adalah para pembalap Red Bull yang berhasil meraih juara, misalnya adalah Juara Dunia Formula 1 Max Verstappen.

Ubisoft Quartz

Ubisoft Quartz adalah NFT marketplace untuk game, salah satu game yang tersedia adalah Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint dengan edisi terbatas dan menyediakan fitur terbaru yang dapat digunakan untuk berain gam, jual, beli, dan penukaran.

Mike Shinoda – Ziggurats

Mike Shinoda adalah artis Amerika yang berprofesi sebagai penyanyi, penulis lagu, musisi, rapper, produser rekaman  dan pencipta Ziggurats, mixtape NFT generatif pertama yang diluncurkan di Tezos. Ia membuat koleksi 5.000 NFT audio dan visual unik yang langka berasal dari seni dan musik Shinoda.

McLaren

McLaren Racing Collective memungkinkan penggemar Formula 1 untuk mengetahui dan membangun jejak digital dari Grand Prix Monaco 2021 klasik mereka.

Pengalaman ini melibatkan pengumpulan 22 keping digital NFT dan membuat mobil secara virtual dari awal. Rilis kedua dari jenisnya, ini berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan pembuatan mobil virtual.

Baca juga: McLaren Racing Bentuk Platform Digital Koleksi NFT di Tezos

GAP

Dengan misi sederhana untuk membantu Gen X menemukan celana jeans yang tepat, label fesyen ikonik ini menjangkau Gen Z dengan Gap Threads NFT-nya.

NFT GAP

Tema NFT yang dihadirkan oleh GAP adalah’jadilah dirimu sendiri’, dengan menggunakan animasi Brandon Sines yang disebut Make your Mark, dibintangi oleh Frank Ape, dan The Buffer yang berbicara tentang kebebasan berekspresi.

Baca juga: Kolaborasi dengan Tezos Gap.inc Luncurkan Koleksi NFT

DOGAMÍ

DOGAMÍ adalah game seluler AR play-to-earn NFT Petaverse, dengan mengusung konsep adopsi  dan merawat anjing 3D.

Ilustrasi NFT Dogami

Dogami merilis 8.000 NFT pada akhir Februari, yang sekarang terjual habis, dan baru-baru ini proyek tersebut mengumumkan kemitraan dengan ‘The Sandbox’ untuk membawa avatar DOGAMÍ ke dalam metaverse The Sandbox.

Baca juga: DOGAMÍ, Petaverse di Tezos Raih Pendanaan dari Ubisoft

Cleveland Cavaliers

Tim bola basket NBA Cleveland Cavaliers telah meluncurkan platform NFT bersih yang memungkinkan penggemar membuat loker digital mereka sendiri, dan mengumpulkan potongan digital.

Para penggemar diundang untuk membuka loker NFT My Cavs virtual, yang juga membuka akses ke lebih banyak koleksi digital, seperti operan sensasional Kevin Love kepada Cedi Osman untuk lemparan tiga angka.

Nantinya akan lebih banyak hadiah untuk penggemar dan koleksi bernilai tinggi dirilis untuk menjaga keterlibatan penggemar di platform.

Kia dan Robo Dog

Kia America merilis peluncuran NFT pertamanya berdasarkan Robo Dog, karakter yang ditampilkan dalam iklan Super Bowl LVI raksasa otomotif.

Sepuluh ribu NFT Anjing Robo dengan ras, usia, ukuran, jenis kelamin, panjang bulu, dan warna yang telah ditentukan sebelumnya dan dirilis pertama kali pada Februari 2022.

Papa Johns Pizza

Salah satu gerai pizza paling terkenal di dunia telah meluncurkan seri NFT sendiri di Tezos. Ada lebih dari  19.840 koleksi NFT ‘hot bags’ diberikan gratis ke wallet Tezos pelanggan yang  memesan pizza Papa Johns.

Baca juga: Cara Minting NFT Mudah dan Murah di Hic et Nunc

Dapatkan informasi terbaru soal Tezos dengan bergabung di grup telegram Tezos Indonesia atau Discord Tezos.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin