3

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

10 Koin Crypto Web 3.0 yang Patut Diperhatikan

Bear market yang saat ini sedang berlangsung bisa menjadi waktu untuk mempelajari dan mencari crypto potensial yang bisa saja jadi pilihan untuk investasi dan menyambut bull market nanti.

Salah satu jenis crypto yang diprediksi akan menarik perhatian adalah crypto yang mengusung konsep Web 3.0.

Web 3.0 adalah internet generasi ketiga, di mana aplikasi dan situs web akan memproses informasi dengan cara yang jauh lebih mirip manusia.

Teknologi seperti big data, machine learning, dan buku besar yang terdesentralisasi akan memungkinkan Web 3.0 berkembang.

Baca juga: Memahami Web 3.0, Evolusi Internet, dan Efek untuk Crypto

Berikut ini adalah 10 cryptocurrency Web 3.0 yang menarik untuk kamu simak perkembangannya dan mungkin bisa jadi wishlist untuk masuk ke dalam portfolio mu.

Polkadot

Polkadot merupakan koin crypto web 3.0 yang menempati posisi 11 dalam kapitalisasi pasar. Proyek ini memungkinkan transfer aset atau data di seluruh blockchain.

Dengan proyek ini pengguna dapat berinteraksi dengan beberapa blockchain di jaringan asli Polkadot. Hal ini dimungkinkan karena Polkadot menggunakan parachain yang unik dan independen, ini merupakan fungsi vital dan web 3.0.

Baca juga: Apa itu Polkadot? Panduan Lengkap Pemula

Chainlink adalah jaringan blockchain terdesentralisasi yang dibangun di atas Ethereum.

Ini menggunakan jaringan oracle yang memungkinkan blockchain untuk berinteraksi dengan data yang berada di luar blockhain dan berperan sebagai jembatan penghubung di antara keduanya. i.

Proyek ini menyediakan, feed harga data pasar keuangan, keacakan yang dapat diverifikasi yang diperlukan untuk game on-chain, dan bukti cadangan untuk kripto yang didukung aset seperti stablecoin.

LINK adalah token kripto yang digunakan untuk membayar operator node Chainlink untuk menyediakan layanan oracle.

Baca juga: Apa itu ChainLink $LINK ? Panduan untuk Pemula

Filecoin (FIL)

Sifat terdesentralisasi akan menjadi hal yang sanat utama di Web 3.0, termasuk untuk keperluan penyimpanan. Salah satu proyek yang menyediakan layanan penyimpanan peer to peer terdesentralisasi adalah Filecoin.

Manfaat utama Filecoin adalah dapat menyimpan aset digital, seperti seni atau musik, di balik token yang tidak dapat dipertukarkan.

Siapa pun dapat menjadi penyedia penyimpanan di jaringan Filecoin, baik seorang individu atau pusat data. Yang dibutuhkan hanyalah akses internet dan ruang disk yang cukup.

Semakin banyak penyimpanan yang diberikan ke jaringan Filecoin, semakin banyak biaya transaksi dan token yang dapat diperoleh.

Baca juga: Apa itu Filecoin? Panduan untuk Pemula

Theta (THETA)

Proyek crypto web 3.0 selanjutnya adalah Theta, ini adalah jaringan pengiriman video terdesentralisasi dan cryptocurrency yang dibuat khusus.

Platform ini memberikan solusi teknis dan ekonomi untuk masalah yang dihadapi sektor streaming. Dengan demikian, blockchain Theta dirancang untuk mendorong pembagian bandwidth di seluruh jaringan.

Secara khusus, pengguna mendapatkan kesempatan untuk menyumbangkan kelebihan bandwidth dan sumber daya komputasi mereka dengan imbalan hadiah token.

Baca juga: Apa Itu Theta Network? Panduan untuk Pemula

Helium (HNT)

Helium adalah jaringan terdesentralisasi yang didukung oleh blockchain untuk perangkat Internet of Things, atau IoT, yang menggunakan algoritma proof-of-coverage.

Dengan Helium, pengguna dapat membangun infrastruktur nirkabel terdesentralisasi untuk bisa terhubung ke internet dan melakukan geolokasi sendiri tanpa perangkat keras lokasi satelit atau paket seluler.

Jaringan ini memiliki token asli bernama HNT yang berguna untuk penyedia hotspot dan pengguna. Hotspot adalah kombinasi dari gateway nirkabel dan penambang yang menyediakan jangkauan jaringan pada radius tertentu.

Siacoin (SC)

Sia adalah platform digital peer-to-peer di mana pengguna dapat membayar host untuk menyewa ruang penyimpanan cloud. Data pengguna dienkripsi dalam 30 segmen, yang masing-masing diunggah ke host yang berbeda.

Pengembang Sia, Skynet, memiliki beberapa proyek berbasis Sia yang sedang dikerjakan, termasuk streaming media berbasis cloud, pengiriman konten, dan berbagi file.

Livepeer (LPT)


Livepeer adalah jaringan streaming video terdesentralisasi yang dibangun di atas Ethereum. Proyek ini memiliki token asli bernama LPT, di proyek ini pengembang bisa membangun dan menskalakan platform dan layanan streaming melalui akses API ke jaringan Livepeer.

Pemegang token juga dapat meningkatkan dan mengamankan jaringan Livepeer dengan memperoleh dan mempertaruhkan LPT dan mendapatkan hadiah ETH dan LPT.

The Graph (GRT)

The Graph (GRT), platform Web 3.0 yang membuat aksesibilitas data menjadi mudah, cepat, dan andal untuk seluruh ekonomi kripto.

Proyek ini menyediakan software open source yang digunakan untuk mengumpulkan, memroses, dan menyimpan data dari berbagai aplikasi blockchain untuk memfasilitasi pencarian informasi.  

Di The Graph, siapa pun dapat membangun dan menerbitkan API terbuka, yang disebut subgraf, yang dapat di kueri oleh aplikasi menggunakan GraphQL untuk mengambil data blockchain.

Basic Attention Token (BAT)

BAT mendukung platform periklanan digital berbasis blockchain yang mengirimkan konten melalui Brave Browser.

Pengiklan membayar kampanye iklan mereka menggunakan BAT, dan beberapa BAT yang mereka bayar didistribusikan kepada pengguna sebagai hadiah untuk melihat iklan.

Meskipun lingkungan BAT melindungi privasi pengguna, pengiklan dapat menargetkan iklan mereka untuk memaksimalkan efektivitasnya.

BITTORENT (BTT)

BitTorrent adalah platform berbagi file peer-to-peer terkemuka yang memiliki perangkat lunak klien torrent untuk Mac, Android, Windows, dan lainnya.

Dengan biaya tertentu, pengguna dapat meningkatkan ke keanggotaan premium untuk memanfaatkan fasilitas seperti kemampuan jaringan pribadi virtual dan penjelajahan bebas iklan.


Itu dia berbagai proyek crypto yang mengusung teknologi Web 3.0. Artikel ini bisa menjadi refrensi tambahan apabila kamu sedang mencari crypto Web 3.0, namun artikel ini bukan merupakan saran investasi dan trading.

Keputusan pembaca haruslah dilakukan sendiri dengan mengetahui segala risiko dan keuntungannya.

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Web 3.0?

Web 3.0 adalah internet generasi ketiga, di mana aplikasi dan situs web akan memproses informasi dengan cara yang jauh lebih mirip manusia.

Apa saja aset crypto yang masuk ke dalam kategori Web 3.0?

Polkadot, Filecoin, Chainlink, Theta, dan lain sebagainya.

Di mana bisa beli koin Web 3.0?

Aset crypto dengan kategori ini bisa dibeli di berbagai bursa crypto.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin