6

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Apa Itu Theta Network? Panduan untuk Pemula

Menghosting dan berbagi konten video adalah bisnis yang rumit. Masalahnya, jika semua konten disimpan di satu tempat, akan sangat lambat bagi orang di seluruh dunia untuk mengaksesnya.

Jadi, situs web berbagi video akan menggunakan banyak server di seluruh dunia sehingga mereka dapat mengirimkan konten dengan lebih cepat dikenal sebagai jaringan pengiriman konten (CDN).

Sayangnya mahal untuk membayar CDN, sebab layanan ini biasanya akan mengenakan biaya untuk jumlah data yang digunakan, yang berarti bahwa ketika situs streaming video menjadi populer, biayanya akan meningkat.

Karena masalah ini Theta Network pun hadir memberikan nuansa baru, apa itu Theta Network? Selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu Theta Network?

Theta Network bertujuan untuk memotong biaya operasi untuk layanan streaming video seperti YouTube. Ini bekerja dengan mengurangi beban pada jaringan distribusi konten dengan meletakkan sebagian di jaringan peer-to-peer Theta. Ini mirip dengan BitTorrent, di mana orang-orang berbagi konten video satu sama lain, tetapi sebenarnya membayar penggunanya untuk berbagi konten ini.

Theta Network tidak mencoba menggantikan YouTube atau platform streaming langsung Twitch. Sebaliknya, ia mencoba menyediakan infrastruktur baru untuk bisnis semacam itu yang tidak hanya terdesentralisasi, tetapi jauh lebih murah.

Jika kamu mencoba menonton video di situs streaming video yang menggunakan Jaringan Theta, kamu akan menerima data dalam kombinasi dua cara. Beberapa video akan dialirkan langsung dari platform hosting situs, tetapi kamu juga akan menerima sebagian dari rekan lokal menggunakan Jaringan Theta.

Meskipun Jaringan Theta mengklaim lebih murah daripada alternatif terpusat, ia masih memiliki beberapa biaya yang melekat dan inilah mengapa token Theta diperlukan.

Dua Token Theta

Mereka yang berpartisipasi dalam Jaringan Theta mendapatkan bayaran untuk berbagi konten video ke pengguna lain. Situs video itu sendiri yang membayar layanan ini, bukan pengguna akhir.

Untuk membayar data yang dialirkan, jaringan menggunakan token yang disebut TFUEL. Jika seseorang membagikan konten video kepada orang lain yang mencoba menonton video tersebut, situs streaming akan membayarnya dalam token TFUEL.

Perlu diperhatikan bahwa pengguna ini tidak melakukan streaming seluruh klip tetapi hanya sejumlah kecil data untuk setiap video sehingga pengguna akhir akan menerima fragmen data video dari beberapa pengguna dan menggabungkannya sendiri.

Jaringan Theta juga memiliki token kedua, yang disebut THETA. Ini adalah token tata kelola yang dirancang untuk membantu komunitas mengelola blockchain Theta dan mengontrol arahnya di masa depan. Saat ini elemen tata kelola masih dalam tahap awal, tetapi proyek berencana untuk menyerahkan lebih banyak kendali kepada pemegang THETA di masa mendatang.

Token THETA memiliki persediaan tetap sebesar 1 miliar token tanpa inflasi. Kamu dapat mempertaruhkan token THETA untuk menerima TFUEL, yang memiliki pasokan 5,2 miliar token dan tingkat inflasi tetap di 5%.

Pendukung Theta Network

Perusahaan di balik Theta Network disebut Theta Labs. Dikelola oleh CEO Mitch Liu dan memiliki situs streaming sendiri, Theta.tv, yang membayar penonton di TFUEL untuk menonton konten video (karena mereka kemudian membagikan konten tersebut kepada sesama).

Menurut Wes Levitt, kepala strategi di Theta Labs. Meskipun platform Theta TV menghasilkan beberapa pendapatan, itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ukuran blockchain Theta, jelasnya. Sebaliknya, perusahaan mengandalkan dana yang dikumpulkan dari para investornya.

Investor ini termasuk Samsung dan Sony Innovation Fund, bersama dengan sejumlah perusahaan VC. Seperti disebutkan, banyak dari investor ini menjalankan node validator di blockchain Theta.

Perusahaan ini juga memiliki penasihat dari berbagai perusahaan media arus utama, termasuk Steve Chen, salah satu pendiri YouTube, Justin Kan, salah satu pendiri Twitch, dan Jonathan Wong, direktur produk di situs web streaming video Rakuten Viki.

Masa Depan Theta

Dalam waktu dekat, Jaringan Theta akan ditingkatkan ke Mainnet 2.0-nya. Ini akan meningkatkan jaringan dan memberikan beberapa keuntungan. Peningkatan ini akan memberikan lebih banyak dukungan untuk node tepi. Ini adalah node yang mengunduh dan berbagi konten video tanpa pengguna perlu menonton video.

Ini untuk orang-orang yang ingin mendukung jaringan dan mendapatkan TFUEL. Dikutip dari Decrypt, Levitt memperkirakan bahwa pengguna bisa menghasilkan sekitar $10-15 sebulan dengan menjalankan node secara penuh waktu.

Theta Labs juga berencana untuk memperkenalkan pasar token non-fungible (NFT).  Market akan memungkinkan pembuat konten Theta TV menerbitkan NFT mereka sendiri dan menggunakannya untuk berinteraksi dengan pemirsa mereka.

Top exchange
Pintu
15 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
21 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Theta Network?

Theta Network bertujuan untuk memotong biaya operasi untuk layanan streaming video seperti YouTube yang bekerja dengan mengurangi beban pada jaringan distribusi konten dengan meletakkan sebagian di jaringan peer-to-peer Theta.

Bagaimana Theta Network Bekerja?

Jika kamu mencoba menonton video di situs streaming video yang menggunakan Jaringan Theta, kamu akan menerima data dalam kombinasi dua cara.

Apa itu TFUEL?

Jika seseorang membagikan konten video kepada orang lain yang mencoba menonton video tersebut, situs streaming akan membayarnya dalam token TFUEL.

Siapa Pendukung Theta Network?

Perusahaan di balik Theta Network disebut Theta Labs.

Bagaimana Masa Depan Theta?

Jaringan Theta akan ditingkatkan ke Mainnet 2.0-nya. Peningkatan ini akan memberikan lebih banyak dukungan untuk node tepi.

Apa itu NODE?

Yang mengunduh dan berbagi konten video tanpa pengguna perlu menonton video.

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Panduan Terkait

Blockchain

5 months ago

Cara Daftar Ethereum Kurang dari 10 Menit
Sponsor

2 months ago

Cara Beli dan Jual Aset Kripto di Triv

Blockchain

5 months ago

Apa Itu Privacy Coin?
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

15 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

21 Ulasan
Daftar