Berita Altcoins · 5 min read

Vitalik Buterin Bahas DeFi di EthCC, Ajak Developer Berinovasi

Vitalik Buterin baru saja berbicara dalam konferensi EthCC dimana ia membahas tentang perlunya inovasi di Blockchain Ethereum.

Ia juga membahas mengenai pentingnya inovasi lebih dalam menyangkut Sektor Decentralized Finance atau DeFi. 

Vitalik Buterin Bahas Urgensi Inovasi di EthCC

Dengan semakin tumbuhnya teknologi lapisan kedua pada Blockchain Ethereum, Vitalik menyatakan bahwa inovasi juga perlu untuk terus bertumbuh.

Ia menyatakan pandangannya saat menjadi pembicara utama pada konferensi EthCC yang digelar secara langsung di Paris.

Developer utama Ethereum ini menyatakan bahwa komunitas terutama developer yang bergerak pada Blockchain Ethereum perlu fokus untuk inovasi terutama di Sektor DeFi.

Urgensi ini menurutnya muncul akibat dominasi aplikasi keuangan yang bergerak terdesentralisasi pada Blockchain Ethereum.

Nampaknya ia ingin memanfaatkan dominasi proyek DeFi pada Blockchain Ethereum untuk membuat Ethereum terus maju. Ia menyatakan,

“Untuk dikenal melalui DeFi itu jauh lebih baik daripada tidak dikenal. Namun ada urgensi untuk berkembang lebih tinggi.”

Walau terjadi dominasi ini, Buterin tetap menyadari keberadaan aplikasi non-finansial yang berada pada Blockchain Ethereum.

Beberapa aplikasi terdesentralisasi (DApps) yang ia maksud adalah seperti aplikasi sosial media, pengaturan identitas, dan aplikasi menyangkut sektor riil. Terdapat pernyataan,

“Berkembang di luar DeFi bukan berarti melawan DeFi. Saya merasa bahwa nantinya aplikasi terbaik di Ethereum adalah aplikasi campuran keuangan dan non-keuangan. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan banyak inovasi menarik. Tidak hanya pada Blockchain Ethereum namun lebih besar lagi.”

Saat ini Vitalik Buterin juga sedang dalam rencana untuk membangun dan mengembangkan beberapa proyek dalam Ethereum.

Dalam publikasi 21 Juli 2021, Vitalik Buterin menuliskan bahwa saat ini sedang terjadi pengembangan pada proyek Optimism.

Selain itu, saat ini mayoritas developer Ethereum sedang bekerja untuk memperbaiki beberapa masalah sebelum peluncuran London Hard Fork.

Peluncuran tersebut dikabarkan masih sesuai publikasi terakhir yaitu pada 4 Agustus 2021, sehingga nampaknya developer Ethereum akan terus sibuk.

Selain itu peluncuran ini kemungkinan juga dapat menjadi sentimen positif untuk Ethereum akibat akan membawa beberapa pembaruan seperti membuat jumlahnya terbatas.

Mengajak Fokus Kepada DeFi dan Dasarnya

Dalam sesinya di EthCC, Vitalik Buterin menyatakan dua alasan mengapa saat ini ia sangat antusias untuk mengajak fokus kepada Sektor DeFi.

Alasan pertama adalah ia merasa bahwa saat ini teknologi di sektor keuangan tradisional sangat buruk, yang membuat potensi DeFi untuk naik. Ia menambahkan,

“Saya bisa mengirim surat elektronik dalam hanya satu detik dan mungkin beberapa pihak akan membacanya. Tapi sayangnya perpindahan uang melalui bank secara internasional tidak bekerja seperti itu.”

Pernyataan tersebut mereferensikan bahwa perpindahan uang secara internasional butuh waktu yang cukup lama, mendorong urgensi DeFi.

Vitalik Buterin juga menyadari bahwa saat ini salah satu masalah yang dihadapi adalah biaya transaksi yang tinggi di Ethereum.

Namun, ia menyatakan bahwa seluruh masalah sedang dalam penanganan, dan saat ini adalah saat tepat untuk memaksimalkan kegunaan Ethereum.

Oleh karena itu, walau ia mendorong DeFi, ia juga mengajak developer untuk fokus mengambangkan sektor lain dalam ekosistem Ethereum.

Ia mengajak developer juga untuk mengembangkan dan melakukan inovasi pada jaringan untuk menampung DeFi.

Karena jika hanya fokus pada proyeknya, kemungkinan ada beberapa kekurangan yang berujung mengurangi potensi DeFi itu sendiri.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.