Investor Positif Terhadap Ethereum 2.0, Ini Buktinya!

Naufal Muhammad

2nd June, 2021

Ethereum nampaknya masih terus mendapatkan ketertarikan terutama terhadap kabar pembaruannya Ethereum 2.0.

Ketertarikan ini tercerminkan dari beberapa hal yang nampaknya membuktikan bahwa mayoritas investor masih percaya terhadap apresiasi harga Ethereum.

Pembaruan Jaringan Menjadi Ethereum 2.0

Ethereum dikabarkan akan melakukan Hard Fork atau pembaruan  terhadap jaringannya yang dikabarkan akan terjadi pada Juli 2021.

Dikabarkan bahwa Hard Fork ini bernama London Hard Fork, yang namanya terinspirasi dari tempat konferensi pemilik proyek Ethereum, yaitu di London, Inggris.

London Hard Fork ini akan membawa Ethereum menuju versi Serenity atau yang lebih akrab dikenal sebagai Ethereum 2.0.

Nantinya Ethereum 2.0 akan memperbaiki beberapa masalah yang ada saat ini dimana permasalahan tersebut adalah penghambat pertumbuhannya.

Beberapa permasalahan yang dikabarkan akan diselesaikan adalah masalah kecepatan transaksi dan masalah interoperabilitas atau kemampuan operasional dengan blockchain lain.

Terakhir masalah yang diselesaikan adalah masalah utama yang menjadi perhatian banyak investor yaitu masalah biaya gas atau biaya transaksi yang tinggi.

Oleh karena itu, Ethereum menjadi satu proyek yang pembaruannya ditunggu-tunggu mengingat dominasinya yang mungkin dapat kembali setelah pembaruan.

Bukti Pandangan Positif

Bukti bahwa investor Ethereum terlihat positif terhadap pembaruan ini adalah jumlah Ethereum yang terkunci pada kontrak deposit untuk Ethereum 2.0.

Kontrak tersebut menandakan jumlah pihak pemilik Ethereum yang akan setuju pindah ke jaringan Ethereum 2.0 dan meninggalkan Ethereum lama.

Dikabarkan bahwa terdapat 5 Juta Ethereum yang terkunci saat ini yang merupakan sekitar 4% dari keseluruhan Ethereum yang ada saat ini.

Walau terkesan kecil angka tersebut mencerminkan partisipasi pihak developer atau pengembang proyek yang ingin pindah ke Ethereum 2.0.

Selain itu angka penguncian tersebut juga mencerminkan dukungan investor terhadap Ethereum 2.0 akibat terdapat investor proyek yang berpartisipasi.

Investor juga terlihat masih positif terhadap Ethereum yang terlihat dari produk investasi Ethereum yang mengalami apresiasi sekitar 27% sejak pasar mengalami koreksi.

Kemudian, terdapat data bahwa hasil dan partisipasi penambangan Ethereum juga terlihat mengalahkan Bitcoin pada Bulan Mei 2021.

Hal tersebut menandakan bahwa mayoritas pasar saat ini semakin percaya terhadap Ethereum yang terlihat dari sisi ekosistem dukungannya yang berkembang.

Terakhir, saat ini volume transaksi Non Fungible Token atau NFT juga masih terlihat stabil bahkan naik walau pasar crypto mengalami penurunan.

Hal ini relevan akibat mayoritas NFT dengan volume transaksi tinggi bergerak pada Blockchain Ethereum.

Hal tersebut juga mendukung pernyataan bahwa ekosistem Ethereum masih terus berkembang. Sehingga pembaruan jaringan dapat membawa sentimen positif.

Mayoritas analis di pasar memprediksi bahwa Ethereum dapat mencapai $5.000 atau Rp71,3 Juta hingga $10.000 atau Rp142,7 Juta.

Walau hal tersebut hanya merupakan sebuah opini, kabar pembaruan jaringan dapat membuat hal tersebut menjadi nyata.

Hingga saat ini, hal tersebut masih merupakan sebuah kemungkinan yang diprediksi akan terjadi pada puncak kondisi apresiasi ini atau bull run.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.