Berita Bitcoin · 7 min read

Memecoin Kalahkan Bitcoin dalam Pencarian Google

meme coin Binance

Volume pencarian Bitcoin di Google telah mencapai level terendah sepanjang tahun 2024, sementara perhatian publik kini semakin terfokus pada tren memecoin yang semakin populer dan menjadi salah satu sektor paling diikuti tahun ini.

Berdasarkan data dari Google Trends, dalam skala 0-100, minat pencarian global terhadap istilah “Bitcoin” turun hingga 32 pada periode 6-12 Oktober 2024. Sebaliknya, volume pencarian terkait “Memecoin” di Google terus menunjukkan minat yang signifikan, dengan skor mencapai 78 dari 100 pada periode yang sama.

Minat pencarian memecoin di Google. Sumber: Google Trends

Menurut Ki Young Ju, CEO CryptoQuant, volume pencarian Google untuk memecoin diprediksi akan terus meningkat dan berpotensi mencapai rekor tertinggi baru pada bulan Oktober ini. Sebelumnya, tren memecoin telah mencapai skala 100 pada awal November 2023.

Baca juga: ZachXBT Ungkap Wallet Memecoin Murad Mahmudov, Picu Kontroversi

Meme Coin Menjadi Sektor Paling Diminati Tahun Ini

Tren memecoin terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat sejak awal tahun 2024 dan tampaknya tidak akan melambat hingga akhir tahun. Menurut data dari CoinGecko, memecoin telah menjadi salah satu sektor kripto dengan return rate atau tingkat pengembalian investasi yang paling tinggi mencapai hingga 2.405% pada paruh pertama tahun ini.

Popularitas meme coin ini terutama banyak didorong oleh jaringan Solana. Data dari Step Finance menunjukkan bahwa sekitar 495.500 token baru telah dibuat di jaringan Solana dalam sebulan terakhir. Hal ini sebagian besar difasilitasi oleh platform launchpad Pump.fun yang memungkinkan siapa saja untuk menciptakan token meme mereka sendiri dengan antarmuka pengguna yang sederhana, biaya transaksi rendah, dan akses likuiditas yang cepat melalui exchange terdesentralisasi (DEX) seperti Raydium.

Tren ini juga semakin diperkuat dengan keterlibatan sejumlah selebritas dan influencer asal AS, seperti Iggy Azalea dan Andrew Tate, yang ikut meramaikan dunia memecoin dengan meluncurkan token mereka sendiri di jaringan Solana.

Baca juga: Launchpad Memecoin Pump.fun Diretas, Rp30 Miliar Raib

Kritik terhadap Memecoin

Kendati mendapat banyak sorotan dari komunitas kripto, perdagangan memecoin sejatinya membawa risiko yang lebih besar bagi para trader yang kurang berhati-hati. Risiko ini juga yang telah mendatangkan kritik dari para pelaku dan pengamat industri.

Misalnya, Mark Cuban, investor dan miliarder AS terkemuka, baru-baru ini menganggap bahwa memecoin adalah “skema rug pull yang tengah berlangsung”. Pandangan Cuban ini menyoroti memecoin berkapitalisasi rendah yang rentan terhadap volatilitas harga yang ekstrem. 

Vitalik Buterin, Co-Founder Ethereum, juga mengkritik tren memecoin yang khususnya diluncurkan oleh para selebritas. Ia berpendapat bahwa memecoin seharusnya memiliki tujuan yang jelas dan melibatkan partisipan untuk merasa puas dan senang, bukan sekadar alat eksperimen atau jual beli token semata.

Baca juga: Vitalik Buterin Kritik Tren Meme Coin Selebritas AS

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.