Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Hack dan Scam · 7 min read

Launchpad Memecoin Pump.fun Diretas, Rp30 Miliar Raib

PUMP FUN

Platform launchpad memecoin di jaringan Solana, pump.fun, mengklaim bahwa mantan karyawan mengeksploitasi platform sebesar US$1,9 juta setara dengan Rp30 miliar melalui serangan bonding curve.

Pelaku Eksploitasi Pump.fun Diduga Mantan Karyawan

Mantan karyawan yang diklaim melakukan eksploitasi ini menggunakan “posisi istimewa” dirinya untuk mengakses withdrawal authority dan mengompromi sistem internal protokol, demikian yang diklaim oleh pump.fun dalam sebuah postingan di platform X pada 16 Mei 2024.

Sebanyak US$1,9 juta dicuri dari total US$45 juta yang dipegang dalam kontrak bonding curve pump.fun. Platform tersebut menghentikan sementara perdagangan setelah serangan terdeteksi, tetapi telah kembali beroperasi per artikel ini ditulis (17/5/24).

Smart contract pump.fun aman dan pengguna yang terkena dampak insiden akan menerima “100% likuiditas” yang sebelumnya dimiliki dalam waktu 24 jam berikutnya,” jelas keterangan dari pump.fun.

Baca juga: Roaring Kitty Muncul Lagi, Harga Memecoin Melonjak

Sebelum postingan pump.fun, Igor Igamberdiev, kepala riset di market maker kripto Wintermute, mengklaim bahwa peretasan itu terjadi akibat kebocoran private key internal, yang diduga pelakunya adalah pengguna X dengan username STACCoverflow.

Pump.fun mengatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan penegak hukum. Mereka tidak menyebutkan mantan karyawan tersebut dan tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

“Pelaku diduga menggunakan pinjaman kilat (flash loan) pada protokol lending Solana, Marginfi untuk meminjam Solana (SOL), yang kemudian digunakan untuk membeli sebanyak mungkin token yang ada,” kata pump.fun.

Setelah token mencapai 100% pada bonding curve masing-masing, pelaku eksploitasi dapat mengakses likuiditas bonding curve dan melunasi flash loan yang dipinjam sebelumnya.

Baca juga: GameFi Solana, Aurory Kena Hack Rp13 Miliar

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.