Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 6 min read

Roaring Kitty Muncul Lagi, Harga Memecoin Melonjak

roaring kitty

Memecoin tengah menjadi sorotan kembali, terutama dengan lonjakan yang cukup mencolok dari PEPE yang berhasil mencapai harga tertinggi baru, (15/5/2024).

Tren kenaikan ini datang seiring dengan kemunculan salah satu influencer investor terkemuka, yaitu Roaring Kitty di media sosial X setelah vakum hampir tiga tahun.

Siapa sebenarnya Roaring Kitty dan mengapa pengaruhnya begitu besar terhadap memecoin? Simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Mengenal Roaring Kitty

Gambar: Foto Roaring Kitty. Sumber: Youtube Roaring Kitty.

Roaring Kitty yang bernama asli Kate Gill merupakan investor yang mendapatkan ketenarannya lewat Reddit. Semua bermula ketika ia dan pengguna di subreddit r/WallStreetBets, ketika banyak investor dan dana lindung nilai meningkatkan jumlah posisi short untuk saham GME.

Meningkatnya posisi tersebut dilihat Gill dan komunitas sebagai peluang untuk short squeeze, momen di mana ketika harga suatu aset meningkat tajam, sehingga mendorong pedagang yang bertaruh pada penurunan harga atau “shorting” untuk melikuidasi atau menjual posisi mereka.

“Orang-orang membicarakan kehancuran GameStop, namun di sini mereka akan menghasilkan [pendapatan] lebih dari US$2 miliar dalam satu kuartal di akhir siklus konsol,” Gill, menulis sebagai DeepFuckingValue di Reddit. 

Publikasi Gill itu menghasilkan tindakan kolektif investor retail yang karena semakin banyak orang yang membeli saham GME dan ketika harga saham tersebut naik para trader yang memasang posisi short harus gigit jari. 

GME, yang awalnya bernilai sekitar US$5,16 pun berhasil melonjak melebihi US$490 pada tahun 2021, yang didorong oleh pengguna dari subreddit r/WallStreetBets. Dari investasi awal sebesar US$53.000, kepemilikan Gill di GME melonjak hingga US$48 juta kala itu.

Beberapa perusahaan yang bertaruh melawan GameStop pun terpaksa menutup posisi mereka, termasuk Melvin Capital, yang kehilangan hampir US$3 miliar karena shorting GameStop. CEO SkyBridge Capital Anthony Scaramucci bahkan membandingkan tekanan singkat GameStop dengan Revolusi Perancis.

Baca juga: GameStop Bakal Luncurkan Marketplace NFT Sendiri

Saking bersejarahnya peristiwa GameStop dan Roaring Kitty, kisah ini tekah diangkat ke dalam film dokumenter maupun film layar lebar. Pada bulan September 2022, Netflix meluncurkan mini-seri streaming “Eat the Rich: The GameStop Saga,” yang diikuti pada tahun 2023 oleh film berdurasi panjang “Dumb Money”.

Apa yang dilakukan oleh Gill dan para investor retail kala itu sekaligus menjadi bukti bahwa gerakan kolektif investor retail dapat mengontrol dan mengarahkan harga pasar yang selama ini identik dengan institusi atau para investor bermodal besar. 

Baca juga: Memecoin Ungguli Performa Bitcoin Setelah Halving

Kenaikan Memecoin Usai Kemunculan Roaring Kitty

Setelah hampir tiga tahun menghilang, ia kembali muncul di X pada 13 Mei 2024. Kemunculannya pun menciptakan euforia di kalangan investor yang berspekulasi mengenai aset apa yang akan terdorong naik dengan kembalinya Roaring Kitty.

gambar dari roaring kitty
Gambar: Postingan pertama Gill di akun X setelah menghilang. Sumber: @TheRoaringKitty

Decrypt mencatat nilai saham GameStop meningkat lebih dari dua kali lipat dan koin penghargaan untuk Gill berbasis Solana melonjak 1.900%.

Kemunculannya juga membuat pasar kripto kebanjiran memecoin baru. Misalnya, koin meme Roaring Kitty (KITTY) menunjukkan aktivitas perdagangan yang luar biasa, dengan seorang pedagang mengubah investasi US$3.000 menjadi US$94.000 dalam semalam karena lonjakan harga yang tiba-tiba.

Firma analisis on-chain – Lookonchain menunjukkan bahwa investor telah memposisikan diri mereka dalam koin meme terkait kucing seperti POPCAT, MANEKI, dan KITTY.

Sementara itu, memecoin yang lebih dulu populer juga menikmati kenaikan dari kemunculan Roaring Kitty. PEPE dan Floki yang naik sebesar 35,73% dan 11,27%. Sebaliknya, Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB) mengalami lonjakan singkat sebesar 1,76% dan 1,39% dalam 24 jam terakhir. 

Kenaikan memecoin ketika Roaring Kitty muncul ini dapat mengindikasikan bahwa investor saat ini lebih fokus pada cerita spesifik daripada pada pasar secara keseluruhan.

Dalam situasi di mana pasar cenderung sepi, investor pun bereaksi berlebihan terhadap peristiwa-peristiwa tertentu, seperti lonjakan GameStop yang dipicu oleh Roaring Kitty, dengan harapan akan ada lagi lonjakan serupa, termasuk di sektor memecoin.

Baca juga: Tokoh Kripto Dunia Debat Panas Soal Memecoin di X

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.