Berita Industri · 8 min read

5 Sektor Kripto Paling Menguntungkan di Paruh Pertama 2024 

Paruh pertama 2024 berbagai sektor di industri kripto telah berlomba untuk memberikan inovasi dan keuntungan yang dapat menarik minat banyak investor.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh BitEye, CoinGecko, dan Wu Blockchain, terdapat setidaknya lima sektor kripto yang mencatatkan keuntungan tertinggi sepanjang tahun ini. Apa saja sektor kripto tersebut? Simak daftarnya di sini.

10 sektor kripto yang paling menguntungkan sepanjang paruh pertama 2024. Sumber: BitEye

Meme Coin

Meme coin telah menjadi suatu fenomena paling mencolok dalam dunia kripto pada tahun ini dengan return rate mencapai 2.405,1% dari awal Januari hingga 21 Juni 2024.

Tiga dari sepuluh meme coin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar termasuk ke dalam token yang baru-baru ini diluncurkan, seperti Brett (BRETT), BOOK OF MEME (BOME), dan DOG-GO-TO-THE-MOON (DOG). 

Di antara ketiga token itu, Brett (BRETT) mencatatkan kenaikan tertinggi dengan peningkatan sebesar 14.353,54% dari harga peluncurannya. Token lainnya seperti dogwifhat (WIF) juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 933,93% secara year-to-date (YTD). 

Popularitas meme coin semakin meningkat berkat peran jaringan Solana yang pada bulan Mei 2024 mencatatkan lebih dari 541.000 proyek token baru. Selebritas dan influencer AS seperti Iggy Azalea dan Andrew Tate turut meramaikan tren ini dengan meluncurkan meme coin mereka sendiri di jaringan Solana.

Baca juga: Harga Meme Coin Dogwifhat Anjlok, Tersingkir dari Posisi Top 50 Kripto

Real World Assets (RWA)

Konsep RWA saat ini semakin diminati para pegiat kripto, terutama dengan keterlibatan institusi besar di AS seperti BlackRock. Sepanjang tahun ini, sektor RWA telah menghasilkan return rate hingga 213,5%, dengan puncak keuntungan pada Februari 2024.

Token RWA teratas seperti MANTRA (OM) dan Ondo (ONDO) mengalami peningkatan terbesar, dengan keuntungan YTD masing-masing sebesar 1.123,8% dan 451,12%. Adapun XDC Network (XDC) berkinerja paling buruk, dengan turun 44,38%.

RWA telah dipandang sebagai inovasi berikutnya untuk aset digital. Potensi ini mencakup nilai kekayaan hingga US$874 triliun, dengan dana investasi, saham, obligasi, reksa dana, dan real estate yang berpotensi bermigrasi ke dalam teknologi blockchain.

Baca juga: Chainlink Jadi Top RWA Kripto dengan Perkembangan Paling Signifikan

Artificial Intelligence (AI)

Teknologi AI terus meluas dan menjadi sektor kripto paling menguntungkan ketiga dengan return rate sebesar 71,6%. Token AI seperti Arkham (ARKM) mencatatkan kenaikan tertinggi sebesar 215,50%, diikuti oleh AIOZ Network (AIOZ) dengan kenaikan 192,19%. 

Token lainnya seperti Render (RNDR) dan Fetch.ai (FET) juga menunjukkan performa baik dengan tingkat pengembalian masing-masing sebesar 57,47% dan 116%.

Messari memprediksi bahwa AI akan terus menjadi sektor favorit di bidang teknologi pada tahun 2024.

Baca juga: Mengenal CoScription Platform AI Generative Content di Web3

Decentralized Physical Infrastructure Networks (DePIN)

Teknologi DePIN, atau Jaringan Infrastruktur Fisik Terdesentralisasi, menggunakan blockchain dan imbalan token untuk mengembangkan infrastruktur fisik di dunia nyata. Meskipun awalnya mengalami return negatif pada kuartal pertama 2024, sektor ini berhasil bangkit sejak Maret dan mencapai return rate sebesar 58,7% sejauh ini. 

Token DePIN seperti JasmyCoin (JASMY) menunjukkan performa terbaik dengan keuntungan sebesar 323,42%, diikuti oleh Arweave (AR) dan Livepeer (LPT) dengan keuntungan YTD masing-masing sebesar 174,07% dan 116,06%.

Jika total kapitalisasi pasar DeFi tumbuh 10 kali lipat dan total kapitalisasi pasar DePIN mencapai setengah dari DeFi, total kapitalisasi pasar DePIN diperkirakan akan mencapai US$500 miliar, dengan potensi pertumbuhan minimal 20 kali lipat.

Baca juga: 5 Proyek Kripto DePIN Potensial 2024

Layer 1

Sektor Layer 1 menempati posisi kelima dengan return rate hingga 43,0%. Mata uang kripto Layer 1 seperti Toncoin (TON) dan Binance Coin (BNB) menunjukkan performa terbaik dengan keuntungan masing-masing sebesar 204,72% dan 86,10%. 

Baca juga: Ekosistem TON Marak Jadi Sasaran Serangan Phishing

Selain lima sektor teratas ini, mata uang kripto besar seperti Bitcoin dan Ethereum terus menunjukkan performa solid. Ethereum mencatatkan kenaikan year-to-date sebesar 49,65% dan Bitcoin sebesar 45,06%.

Di sisi lain, beberapa sektor seperti GameFi dan DeFi mencatatkan return rate yang lebih rendah, masing-masing sebesar 19% dan 3%. Sementara sektor Layer 2 mengalami penurunan yang cukup signifikan, dengan total kerugian rata-rata sekitar 41%.

Baca juga: Mengenal Protokol Layer 2 dalam Sebuah Blockchain

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.