Meme Coin · 8 min read

Mark Cuban: Meme Coin adalah Skema Rug Pull

rugi karena memecoin

Mark Cuban, seorang pebisnis dan investor terkemuka asal Amerika Serikat, baru-baru ini mengungkapkan pandangan terkait fenomena meme coin, yang dianggapnya sebagai “skema rug pull”, meskipun dirinya tetap akan mendukung Dogecoin.

“Setiap meme coin adalah skema rug pull yang sedang berlangsung, bukan? Karena tidak ada alasan yang kuat bagi mereka untuk bertahan kecuali untuk kesenangan semata. Meme coin hanyalah permainan musikal,” jelas Cuban dalam sebuah podcast Rug Radio bersama Farokh Sarmad pada Kamis (3/10/2024).

Pandangan Cuban tampaknya menyoroti meme coin dengan kapitalisasi pasar rendah yang sering kali tidak memiliki dukungan dari investor besar atau perusahaan mapan—seperti Dogecoin yang didukung tokoh-tokoh terkenal seperti Elon Musk dan Cuban sendiri—sehingga rentan terhadap volatilitas harga yang ekstrem. 

Baca juga: Masa Depan Dogecoin dari Meme Coin ke Proyek Besar

Sebagian besar meme coin lainnya hanya mendapatkan perhatian sementara dari influencer di media sosial sebelum akhirnya ditinggalkan dan beralih ke koin lain. Hingga saat ini, hanya sedikit meme coin yang mengalami kenaikan harga signifikan, dan lebih sedikit lagi yang mampu bertahan dalam jangka panjang.

Cuban juga menjelaskan bahwa pasar meme coin didasarkan pada Greater Fool Theory, yang menyatakan bahwa investor dapat membeli aset tanpa memperhatikan faktor-faktor fundamental, dengan harapan menjualnya kembali kepada orang lain yang bersedia membayar lebih tinggi.

Di antara alasan lainnya, ia membandingkan meme coin dengan gambling atau perjudian, di mana keberhasilan bergantung pada waktu yang tepat untuk melakukan perdagangan, sehingga kerugian atau keuntungan akan datang secara acak.

Adapun, Cuban menekankan bahwa meski beberapa orang mengklaim bahwa meme coin tertentu merupakan investasi yang menguntungkan, pada akhirnya tidak ada yang benar-benar percaya bahwa meme coin merupakan suatu pilihan investasi jangka panjang.

Baca juga: Harga 3 Meme Coin Telegram Ini Terjun Bebas Usai Listing

Dogecoin sebagai Pengecualian

Kendati demikian, Cuban menyatakan tetap mendukung Dogecoin dan melihatnya sebagai pengecualian. Ia menganggap Dogecoin memiliki potensi penggunaan yang lebih luas dibandingkan kebanyakan meme coin lainnya. Cuban sendiri diketahui telah menerima pembayaran menggunakan Dogecoin untuk penjualan merchandise tim NBA miliknya, Dallas Mavericks.

“Dogecoin lebih dari sekadar kesenangan, ini juga tentang komunitas. Semuanya tergantung pada tujuan Anda. Saya mendukung hal ini karena saya melihat unsur hiburan, utilitas, dan bahkan potensi penyimpanan nilai. Jadi, pada akhirnya, semua tergantung pada apa yang ingin Anda capai,” tambah Cuban.

Selain membahas meme coin, Cuban juga menyoroti aset kripto besar lainnya, seperti Bitcoin yang dianggap sebagai penyimpan nilai dan pelindung terhadap inflasi mata uang fiat, serta Ethereum yang menawarkan kemampuan smart contract untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Baca juga: Elon Musk dan Tesla Menang Gugatan Manipulasi Dogecoin

Tren Meme Coin Tahun Ini

Di sisi lain, fenomena meme coin tampaknya telah menjadi salah satu tren paling mencolok di dunia kripto. Menurut data dari CoinGecko pada Juni 2024, sektor meme coin mencatatkan keuntungan tertinggi, dengan return rate mencapai 2.405,1% dalam paruh pertama tahun ini.

Sebagian besar meme coin yang menjadi sorotan berasal dari jaringan Solana. Berdasarkan data dari Step Finance, dalam sebulan terakhir saja, lebih dari 381 ribu meme coin baru diciptakan di jaringan Solana. Fenomena ini juga semakin diperkuat oleh hadirnya platform launchpad seperti Pump.fun dan SunPump, yang memfasilitasi siapa saja untuk mengembangkan proyek meme coin mereka sendiri.

Baca juga: Pendapatan Harian Tron Ungguli Ethereum Berkat Popularitas SunPump

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.