Meme Coin · 6 min read

Masa Depan Dogecoin dari Meme Coin ke Proyek Besar

doge

DOGE adalah meme coin terkemuka di pasar kripto. Dibuat pada 2013, DOGE adalah salah satu meme coin yang menciptakan gelombang meme coin lainnya.

Aset kripto jagoan Elon Musk ini mencapai harga tertinggi sepanjang masa pada 2021 dan berhasil merangsek ke peringkat 10 aset kripto berdasarkan kapitalisasi pasar.

Baca juga: Mengenal Dogecoin, Meme Coin Jagoan Elon Musk

Kendati harga DOGE belum meraih harga tertingginya kembali. Tim riset alpha dari Blockcircle melihat DOGE sebagai proyek berpotensi di masa depan dengan sejumlah keunggulan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Dukungan Komunitas: Dogecoin memiliki komunitas pendukung yang besar dan aktif, yang memicu popularitasnya yang luas.
  • Pengenalan Merek: Asosiasi koin ini dengan meme “Doge” yang populer memberikan pengakuan dan daya tarik yang luas, terutama di kalangan investor muda di seluruh dunia.
  • Dukungan Selebriti: Tokoh-tokoh terkenal seperti Elon Musk telah menunjukkan dukungan untuk Dogecoin, yang meningkatkan visibilitas dan popularitasnya.
  • Pasokan Tidak Terbatas: Tidak seperti Bitcoin, Dogecoin tidak memiliki batasan total pasokan, yang menurut beberapa orang bisa membuatnya lebih cocok sebagai mata uang untuk transaksi sehari-hari.
  • DOGE Chain: Jaringan DOGE terus berkembang dalam adopsi dan kemajuan pengembangan, dengan kasus penggunaan yang semakin meningkat.

Analisis Teknikal

Gambar: Indeks meme coin DOGE dan SHIB. Sumber: Blockcircle.

Saat melihat indeks meme coin yang terdiri dari DOGE dan SHIB, ada terobosan yang baik pada April 2024. Grafik di atas menunjukkan kinerja DOGE dan SHIB terhadap Bitcoin. Jadi, jika harga naik, itu berarti DOGE dan SHIB mengungguli Bitcoin. Jika harga turun, DOGE/SHIB berkinerja buruk dibandingkan Bitcoin.

Gambar: Grafik pergerakan harga DOGE/BTC. Sumber: Blockcircle.

Berdasarkan grafik di atas, harga sebelumnya selalu diawali dengan lonjakan harga DOGE. Ini menunjukkan DOGE mengalami kenaikan di awal setiap reli harga sebelumnya.

Selanjutnya saat melihat DOGE/BTC, DOGE telah turun menuju kisaran target yang sebelumnya sudah diproyeksikan dan dibagikan ke komunitas alpha Blockcircle. Melalui informasi itu pasar kripto memang sangat “panas” pada Maret 2024 sehingga wajar jika koreksi dibutuhkan dan membuat mayoritas kripto alami penurunan harga.

Kendati mengalami koreksi, DOGE masih berpotensi untuk mengalami kenaikan harga mengingat belum lagi mencapai harga tertingginya kembali sejak 2021. Kenaikan ini berpeluang didukung dengan sentimen dan minat investor terhadap meme coin ini.

Baca juga: Arthur Hayes Prediksi DOGE akan Dapat Aplikasi ETF

Analisis Sentimen

Ada korelasi positif yang kuat antara harga DOGE dan meningkatnya minat ritel di sektor ini, yang diukur dengan tingkat lalu lintas web ke kategori “cryptocurrency” di Wikipedia.

Menurut penelitiaan Blockcircle ketika ada peningkatan minat pada Bitcoin, itu akan menyebabkan peningkatan jumlah penayangan halaman Wikipedia Bitcoin, yang kemudian menyebabkan kenaikan harga Bitcoin, Ethereum, dan DOGE beberapa minggu kemudian.

Gambar: Tampilan Wikipedia Cryptocurrency. Sumber: Blockcircle.

Peluang Akumulasi Dogecoin

Volume pencarian Google untuk Dogecoin mendekati titik terendah sepanjang masa, yang membuatnya semakin menarik. Singkatnya, waktu terbaik untuk membeli DOGE adalah ketika semua orang kehilangan minat padanya, dan ini dapat dengan mudah diukur dengan popularitas pencarian yang < 20 di Google Search Trends.

Gambar: Pencarian DOGE di Google Trends. Sumber: Google Trends.

Analisis kluster kata kunci Dogecoin menunjukkan bahwa tema pencarian yang terkait dengan topik ini sebagian besar didominasi oleh pencarian terkait harga. Hal ini biasanya terjadi ketika pasar mulai memanas. 

Gambar: Kluster kata kunci Doge. Sumber: Semrush.

Berdasarkan serangakaian analisis ini, Blockcircle memiliki keyakinan bahwa DOGE bisa bernilai beberapa dolar di masa depan.

“Kami tidak akan meremehkan kekuatan pengenalan ini dan tidak akan terkejut jika DOGE melompat ke beberapa dolar dalam dekade mendatang,” jelas tim analis Blockcircle.

Baca juga: Analisis Blockcircle Ungkap Waktu Tepat untuk Beli DOGE dan SHIB


DOGE adalah meme coin kripto asli dan belum ada yang bisa menandingi kesederhanaan dan kekuatan ekosistem Dogecoin.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang DOGE dan cara membelinya, menjualnya, atau berspekulasi tentangnya, kamu bisa bergabung dengan grup obrolan Blockcircle.

Artikel ini ditulis oleh Conor Oneill, Basel Ismail, Helena Agnes Rahangiar, Tim Baxter.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Blockcircle Indonesia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.