Analisis · 8 min read

Analisis Blockcircle Ungkap Waktu Tepat untuk Beli DOGE dan SHIB

Blockcircle Shiba Inu Doge

Kinerja Bitcoin memberikan pengaruh besar terhadap semua altcoin. Termasuk di dalamnya dua koin meme terbesar yaitu DOGE dan SHIB.

Aset-aset yang sangat volatil ini telah menunjukkan kinerja yang kurang baik dibandingkan Bitcoin sejak puncaknya pada musim altcoin terakhir di 2021.

Kendati demikian, seorang analis di Tradingview, Abmoon memberikan pandangannya mengenai hal ini. Abmoon tertarik pada Shiba Inu dan memutuskan untuk berinvestasi pada token meme ini meski harganya tengah terpuruk.

Analisisnya mengungkap enam target harga utama SHIB, mulai dari US$0,00000755 hingga US$0,00001018. Target pertama memprediksi kenaikan moderat hingga 163%, yang mengawali serangkaian kenaikan harga bertahap.

Artikel ini akan menyajikan pembaruan pasar Bitcoin terkini, kemudian mengkaji hubungan antara Bitcoin dan koin-koin meme DOGE dan SHIB.

Baca juga: Strategi Alpha Blockcircle Ungkap Potensi Proyek Kripto Octopus Network

Analisis Bitcoin

Harga Bitcoin masih sangat volatil dan terpantau tengah mengalami koreksi ke level US$65.800 di tengah situasi ganti rugi exchange kripto Mt. Gox.

Gambar: Pergerakan harga Bitcoin.

Analisis DOGE dan SHIBA

Di sisi lain, meme coin terkemuka, DOGE dan SHIBA juga tak menunjukan pergerakan harga mengesankan. Keduanya justru menunjukan kinerja yang kurang dibandingkan dengan Bitcoin sejak mencapai puncaknya pada tahun 2021.

Gambarr: Pergerakan harga DOGE/BTC.

Grafik di atas menunjukkan perbandingan DOGE/BTC dari Mei 2021 hingga saat ini. Dari grafik tersebut, terlihat jelas bahwa DOGE memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan Bitcoin.

Menurut analisis dari tim Blockcircle, harga DOGE telah berkinerja menurun 24% dibandingkan dengan BTC sejak akhir Mei. Ini berarti bahwa hanya dengan memegang Bitcoin saja, nilai yang didapatkan akan 21% lebih tinggi daripada memegang DOGE. Hal yang sama juga terlihat pada SHIB.

Gambar: Pergerakan harga DOGE/BTC.

Melihat tren menurun yang jelas sejak Oktober 2021. Grafik tersebut menunjukkan level dukungan historis dan mengindikasikan bahwa jika level ini hilang, kemungkinan besar akan kembali ke titik terendah dari Februari 2024. Pola ini sangat mirip dengan yang terjadi pada DOGE/BTC.

Gambar: Pergerakan SHIB/BTC.

Tim Blockcircle melihat penurunan serupa untuk SHIB/BTC seperti yang terjadi pada DOGE/BTC.

“Grafiknya membentuk sebuah segitiga terdefinisi, menurun 65% sejak puncak lokal di Maret 2024, dan indikator momentum di bawah grafik mendekati level resistensi historis. Waktu keputusan segera tiba, apakah harga akan bertahan atau terus menurun,” jelas tim Blockcircle.

Baca juga: Mengenal Fitur Alpha Hunter Blockcircle untuk Investasi Kripto

Investor SHIB dan DOGE Tak Perlu Khawatir

Melihat penurunan yang terjadi di SHIB dan DOGE, tim Blockcircle berpendapat bahwa ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

“Analisis kami menunjukkan bahwa meme coin hanya akan mengungguli Bitcoin ketika dominasi Bitcoin mulai menurun. Dominasi Bitcoin adalah ukuran nilai Bitcoin dibandingkan dengan semua aset kripto lainnya,” jelas mereka.

Gambar: Dominasi BTC.

“Dari grafik di atas, kita dapat melihat sejak tahun 2017 bahwa area kunci untuk Dominasi Bitcoin mencapai 62% hingga 73% sebelum terjadi kejatuhan,” kata tim analis Blockcircle.

Blockcircle menjelaskan setelah level tersebut tercapai, itulah saatnya altcoin menjadi menarik untuk diinvestasikan, karena kita tahu harga kemungkinan akan mencapai titik terendah sebelum musim altcoin. Untuk terjadinya musim altcoin, jenis aksi grafik yang ingin dilihat kembali adalah seperti ini:

Gambar: BTC Dominance.

Grafik di atas menunjukkan tren penurunan besar dalam Dominasi Bitcoin dari Januari 2021 hingga Juli 2021, yang mengarah pada dominasi BTC yang berkelanjutan di bawah 47%. Per 24 Juli 2024, dominasi Bitcoin tengah berada di level 54,3%.

Baca juga: Bitcoin Dominance Turun, Pertanda Alt Seasons?

Waktu Masuk untuk DOGE, SHIB, dan Altcoin

Dalam grup anggota Blockcircle, Basel Ismail menggambarkan level ideal untuk dominasi BTC yang harus dicapai.

Grafik Dominasi Bitcoin di atas diposting di Blockcircle pada awal Juni 2023.

“Jika level dominasi ini melebihi 57% dan Bitcoin mulai menembus di atas rekor tertinggi sebelumnya, ini bisa menjadi skenario ideal untuk mulai mengumpulkan altcoin seperti SHIB dan DOGE,” ungkap Basel Ismail.

Informasi lebih lanjut tentang topik ini, kunjungi Blockcircle.

Artikel ini ditulis oleh Conor Oneill, Basel Ismail, Helena Agnes Rahangiar, Tim Baxter

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Blockcircle Indonesia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.