Berita Blockchain · 8 min read

Pendapatan Harian Tron Ungguli Ethereum Berkat Popularitas SunPump

Meme coin Sundog

Jaringan Tron yang didirikan oleh Justin Sun berhasil melampaui Ethereum dalam hal pendapatan harian, didorong oleh euforia launchpad meme coin SunPump yang memungkinkan siapa saja untuk menciptakan kreasi meme coin mereka dengan mudah.

Menurut data dari DeFiLlama, blockchain Tron menghasilkan lebih dari US$3,84 juta atau sekitar Rp59,9 miliar dalam pendapatan harian, mencapai rekor tertinggi baru dalam biaya harian karena spekulan pasar berlomba-lomba masuk ke dalam ekosistem meme coin Tron.

Pencapaian ini menempatkan Tron di atas jaringan besar lainnya seperti Ethereum, yang melaporkan pendapatan harian sebesar US$1,36 juta atau setara dengan Rp21,2 miliar. Sementara itu, Solana berada di posisi ketiga dengan pendapatan harian sebesar US$541.000 atau sekitar Rp8,4 miliar.

Baca juga: 10 Universitas Dunia yang Miliki Program Kripto dan Blockchain

SunPump Menyumbang Pendapatan Harian Tinggi di Jaringan Tron

Kenaikan pendapatan harian ini tidak lepas dari popularitas launchpad meme coin SunPump di jaringan Tron. Platform ini pertama kali diluncurkan pada 13 Agustus oleh Sun.io, sebuah platform DeFi yang memiliki hubungan erat dengan Justin Sun.

Berdasarkan data dari Dune Analytics, SunPump telah menghasilkan pendapatan lebih dari 10,5 juta TRON (TRX) atau sekitar Rp24,5 miliar sejak diluncurkan.

Baca juga: Justin Sun Luncurkan Launchpad Meme Coin SunPump

Jumlah proyek meme coin yang diciptakan melalui platform ini terus meningkat setiap harinya, dengan total 25.199 proyek tercatat hingga artikel ini ditulis.

Total pendapatan dari peluncuran token di SunPump. Sumber: Dune Analytics

Secara khusus, platform ini terus memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan harian Tron, dengan nilai tertinggi tercatat pada 21 Agustus di mana SunPump menghasilkan 3,65 juta TRX atau sekitar Rp8,5 miliar.

Peluncuran SunPump diikuti dengan likuiditas yang mengalir deras ke blockchain Tron berkat bantuan alokasi dana sebesar US$10 juta dari program insentif Meme Ecosystem Boost yang dipimpin Sun.

Adapun, penerbit stablecoin Tether juga dilaporkan telah mint 1 miliar token USDT tambahan di blockchain Tron pada 20 Agustus. Data dari DeFiLlama menunjukkan bahwa Tron kini memiliki suplai stablecoin terbesar kedua di dunia setelah Ethereum, mencapai hampir US$60 miliar yang mencakup 35% dari total pasar secara keseluruhan.

Baca juga: Sundog Meroket 67% di Tengah Popularitas Launchpad SunPump

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.