Berita Blockchain · 8 min read

Justin Sun Luncurkan Launchpad Meme Coin SunPump

Justin Sun

Justin Sun, pendiri blockchain Tron, meluncurkan SunPump, sebuah platform launchpad yang dirancang khusus untuk mempermudah pembuatan meme coin di jaringan Tron. 

SunPump diluncurkan pada 13 Agustus oleh Sun.io, platform DeFi yang memiliki keterkaitan erat dengan Sun. Platform ini memungkinkan pengguna menciptakan meme coin mereka sendiri hanya dengan beberapa klik, tanpa memerlukan keahlian coding.

Menurut dokumentasi resminya, SunPump menggunakan mekanisme Bonding Curve untuk pembelian token, di mana harga token akan naik seiring dengan setiap pembelian, berdasarkan formula yang telah ditentukan sebelumnya.

Mekanisme ini menjamin ketersediaan likuiditas bagi para pengguna, serta menawarkan opsi perdagangan yang fleksibel, yang memungkinkan pengguna untuk menjual token mereka kapan saja guna mengunci keuntungan atau meminimalkan kerugian.

Untuk menggunakan launchpad ini, pengguna harus membayar biaya pembuatan sebesar 20 TRON (TRX) serta dikenakan biaya transaksi sebesar 1%.

Setelah proyek mencapai 100% dari Bonding Curve senilai US$69.420, smart contract akan secara otomatis memasukkan sekitar 100,000 TRX dan 200 juta token lainnya ke dalam liquidity pool SunSwap V2. Adapun sekitar 3.000 TRX akan dipotong dari Bonding Curve  untuk menutup biaya likuiditas.

Harga TRX mengalami peningkatan sebesar 0,9% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada harga US$0,13 menurut data dari CoinMarketCap. Secara mingguan, harga TRX telah naik sebesar 5%.

Baca juga: Tron Bakal Rilis Fitur Transfer Stablecoin Bebas Gas Fee

Meme Coin di SunPump Meningkat Pesat

Peluncuran SunPump telah menarik perhatian dari para pencipta meme coin. Misalnya, Sundog (SUNDOG) berhasil mencetak kapitalisasi pasar sebesar US$53,4 juta hanya dalam waktu delapan jam setelah diluncurkan, sementara Suncat (SUNCAT) mencatat kapitalisasi pasar sebesar US$2,2 juta pada hari peluncurannya.

Berdasarkan data dari Dune Analytics, sebanyak 7.347 meme coin telah diluncurkan di Tron melalui SunPump dan telah menghasilkan keuntungan lebih dari 2,6 juta TRX. 

Pada 17 Agustus, Tron mencatat pendapatan tertinggi dalam satu hari sejak peluncuran SunPump, dengan lebih dari 1.066 juta TRX dihabiskan untuk pembuatan dan perdagangan token meme tersebut.

Dalam sebuah postingan X, Sun mengumumkan bahwa SunPump sedang meningkatkan kapasitas servernya hingga sepuluh kali lipat untuk menangani lalu lintas yang semakin padat. 

Selain itu, Tron dan SunPump juga meluncurkan program insentif khusus meme coin senilai US$10 juta untuk mendukung token-token yang diluncurkan di platform ini.

Baca juga: Justin Sun Bagi-bagi Airdrop TRX Senilai Rp156 Juta

Muncul di Tengah Kontroversi Pump.fun

Di tengah antusiasme peluncuran SunPump, komunitas kripto juga diguncang oleh skandal yang melibatkan Pump.fun, sebuah platform launchpad meme coin serupa di jaringan Solana. K

Komunitas Pump.fun mengkritik platform tersebut karena dianggap merusak esensi dari meme coin serta banyaknya proyek rug pull yang melibatkan Pump.fun.

Pump.fun juga diketahui terlibat dalam skema pump-and-dump yang dipimpin oleh Sahil Arora, seorang investor yang berbasis di Dubai. Ia diduga memanipulasi harga token melalui media sosialnya yang memiliki pengaruh besar. Akibatnya, banyak investor yang mengalami kerugian besar.

Menanggapi hal ini, SunPump menegaskan komitmennya untuk meningkatkan proses peninjauan, memperkenalkan pengawasan komunitas, serta mempromosikan transparansi guna memastikan keamanan bagi pencipta token dan investor. 

Seperti yang dikutip dari CoinDesk, salah satu langkah yang diambil adalah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kreator dan proyek sebelum diluncurkan di platform, untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar integritas yang telah ditetapkan.

Baca juga: Launchpad Meme Coin Pump.fun Dikecam Komunitas Kripto, Ini Alasannya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.