Berita Altcoins · 5 min read

Vitalik Buterin Kritik Tren Meme Coin Selebritas AS

Meme coin berbasis selebritas Amerika Serikat telah menjadi tren yang menarik minat, terutama jika selebriti tersebut memiliki basis penggemar yang besar. Tren ini membuat Co-Founder Ethereum, Vitalik Buterin, mengemukakan pendapatnya yang cenderung kurang menerima fenomena ini.

Baca juga: Remaja Usia 13 Tahun Asal Indonesia Rilis Meme Coin

Meme Coin Seharusnya Punya Tujuan yang Layak

Dalam sebuah postingan di X pada 5 Juni 2024, Buterin menekankan bahwa proyek token, terutama meme coin, seharusnya memiliki tujuan yang layak, seperti untuk perawatan kesehatan, perangkat lunak open-source, dan sejenisnya. Proyek ini juga perlu melibatkan partisipan agar merasa puas dan senang, meskipun pada akhirnya token tersebut mungkin menjadi tidak berharga.

Pernyataan Buterin ini muncul sebagai tanggapan dari diskusi tentang kemungkinan token Mother Iggy (MOTHER) milik Iggy Azalea menjadi ‘ibu dari eksperimen selebritas’ jika berhasil menciptakan nilai token yang berkelanjutan. 

“Saya merasa tidak senang dengan ‘eksperimen selebriti siklus ini,’ sejauh ini,” kata Buterin.

Buterin merujuk pada NFT Stoner Cats yang didukung oleh bintang Hollywood Ashton Kutcher dan Mila Kunis pada tahun 2021 sebagai contoh proyek yang lebih layak karena “setidaknya ada acara yang benar-benar mereka danai.”

Baca juga: Trader Untung Rp43 Miliar dari Investasi di Meme Coin MAGA

Rekomendasi untuk Proyek Kripto Selebriti di Masa Depan

Dalam utasnya, Buterin memberikan daftar fitur yang harus dimiliki oleh proyek kripto selebriti yang mungkin bisa dihargainya, misalnya proyek tersebut harus memiliki tujuan yang bermanfaat bagi publik, bukan hanya untuk memperkaya selebritas dan investor awal.

Selain itu, proyek kripto sebaiknya memiliki elemen yang lebih dari sekadar jual beli token, yang membuat partisipan merasa puas dengan partisipasi mereka, serta dirancang untuk bertahan lebih dari 10 tahun daripada hanya menjadi tren jangka pendek.

Meme coin termasuk mata uang kripto yang terinspirasi dari meme dan gambar online viral lainnya. Contoh meme coin yang populer adalah Dogecoin, yang menampilkan gambar anjing Shiba Inu yang menjadi viral sebagai meme internet.

Seiring dengan berkembangnya inovasi di sektor ini, berbagai selebritas juga telah menciptakan meme coin mereka sendiri, seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Iggy Azalea dengan peluncuran token MOTHER yang kontroversial.

Baca juga: Meme Coin MOTHER Iggy Azalea di Solana Tuai Kontroversi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.