Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Kondisi Pasar Masih Positif, Simak 5 Crypto Potensial Pekan Ini

Naufal Muhammad     Monday, March 15 2021

Bitcoin baru saja mengalami apresiasi ke harga tertinggi barunya pada sekitar $61.800 atau Rp891 Juta pada 03.41 WIB, 14 Maret 2021.

Akibatnya mayoritas mata uang crypto terlihat mulai bangkit kembali bersama kondisi pasar keuangan yang mulai positif.

5 Crypto Potensial Pekan Ini

Oleh karena itu, dengan pekan yang terlihat positif ini, terdapat kemungkinan apresiasi yang cukup signifikan.

Berikut adalah analisis dari Coinvestasi mengenai lima mata uang crypto yang berpotensi untuk naik lebih tinggi bersama kondisi positif akibat Bitcoin.

1. Ethereum (ETH)

Mengingat korelasi positif yang dimiliki Ethereum dengan Bitcoin, kemungkinan besar Ethereum akan naik lebih tinggi pada pekan ini.

Mengingat kondisi pasar keuangan yang mulai mendukung Bitcoin untuk naik, Ethereum diprediksi akan mendapatkan imbasnya secara langsung.

Namun dari sisi internal, Ethereum memiliki sentimen positif akibat pendirinya, Vitalik Buterin mengenai solusi permasalahan jaringannya.

Solusi tersebut bernama rollups yang akan dilakukan melalui kerja sama dengan Optimism.

Baca juga: Pengumuman Ini Bawa Sentimen Positif untuk Ethereum dan MakerDAO

Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dan kecepatan jaringan Ethereum hingga 100 kali lipat.

Tapi, Ethereum masih memiliki banyak saingan seperti Cardano, Zilliqa, Solana, Polkadot, Binance Smart Chain, dan Holochain.

Dari sisi teknikal, Ethereum masih terus terlihat bergerak naik akibat masih berada kuat di dalam zona apresiasi.

Grafik 4 Jam ETHUSD

Saat ini harga sedang berada di sekitar batas atas pada $1.885, yang jika ditembus dapat membawa apresiasi hingga $1.950 hingga $2.000.

Batas pengaman saat ini berada pada $1.750 yang jika ditembus kemungkinan dapat membawa depresiasi hingga sekitar $1.680.

Tapi, mengingat korelasinya dengan Bitcoin, Pidato Presiden Joe Biden pada 16 Maret 2021 pukul 00.45 WIB dapat mempengaruhi prediksi ini.

2. VeChain (VET)

Crypto berikutnya yang diprediksi akan mengalami apresiasi adalah VeChain yang terlihat sebagian besar akibat sisi teknikalnya.

Dari sisi fundamental, VeChain baru saja memberikan sebuah pengumuman mengenai adopsi jaringannya untuk penggunaan bisnis secara nyata.

Salah satu bisnis yang baru saja menggunakan VeChain adalah Sino-French, perusahaan kosmetik dari Cina.

Adopsi ini meneruskan tujuan utama VeChain untuk menjadi pemimpin dalam implementasi blockchain untuk kegiatan sektor riil.

Baca juga: VeChain, Mastercard, dan Alipay Bergabung dengan Konsorsium Rantai Suplai Australia-Tiongkok

Implementasi tersebut terutama dalam bidang logistik dan rantai pemasokan (supply chain).

Sisi teknikal mendukung apresiasi bersama adanya sentimen positif ini, dan terlihat bahwa VET akan mengalami apresiasi yang cukup signifikan.

Grafik 4 Jam VETUSD

Indikator MACD masih menunjukkan potensi cross ke arah positif bersama harga yang masih berada di atas MA Cross.

Kemungkinan besar akan terjadi koreksi kecil menuju $0,73 sebelum naik kembali pekan ini menuju $0,79 dengan batas pengaman pada $0,70.

3. FTX Token (FTT)

Token dari bursa FTX juga diprediksi mengalami apresiasi yang cukup signifikan pekan ini.

Hal ini disebabkan sedang meningkatnya ketertarikan terhadap bursa perdagangan FTX.

Dengan semakin banyaknya beberapa acara yang bertujuan untuk mengayomi pengguna, bersama apresiasi volumenya yang sudah melebihi Rp93,7 Miliar bursa ini menjadi semakin dilirik.

FTT juga didukung oleh influencer bernama Kaleo yang menyatakan harganya dapat naik ke $100 bersama semakin banyaknya pengguna FTX

Hasilnya, token dari bursa ini mengalami apresiasi yang cukup signifikan sejak awal Maret 2021, dan diprediksi akan berlanjut pada pekan ini.

Grafik 4 Jam ENJUSD

Saat ini Indikator MACD dan MA Cross memberikan pertanda positif untuk apresiasi, walau Indikator RSI menandakan potensi koreksi kecil.

Jika harga berhasil menembus $43,3 kemungkinan apresiasi selanjutnya berada pada $45 hingga $47 pekan ini dengan batas pengaman pada $41.

4. Enjin Coin (ENJ)

Enjin Coin menjadi salah satu crypto yang sedang sering dibahas oleh mayoritas pasar, akibat apresiasinya sejak awal Maret 2021 yang melebihi 450%.

Apresiasi ini disebabkan keterikatannya yang kuat dengan fenomena Non-Fungible Tokens (NFT), yang sedang meledak beberapa pekan terakhir.

Enjin menjadi penyedia platform jaringan untuk transaksi NFT dengan pemberian solusi untuk permasalahan kecepatan dan kapabilitas transaksi.

Baca juga: Game Blockchain Ini Diprediksi Akan Hadir di PS5

Selain itu, Enjin juga akan menerbitkan platform bernama Efinity, yaitu blockchain terdesentralisasi untuk NFT.

Dengan banyaknya sentimen positif ini, ENJ diprediksi akan mengalami apresiasi yang cukup signifikan, dan hal tersebut didukung oleh sisi teknikal.

Grafik 4 Jam ENJUSD

Kemungkinan besar apresiasi akan terjadi setelah koreksi berupa retest berakhir pada $2,6 sebelum naik kembali menuju batas atas pada $2,8.

Jika berhasil ditembus, kemungkinan besar pekan ini akan mencapai $3 dengan batas pengaman pada $2,6.

Apa bila batas pengaman ditembus, harga dapat menuju ke $2,35 sebagai batas pengaman terakhir.

5. Phala Network (PHA)

Phala Network menjadi satu crypto yang nampaknya akan naik akibat fenomena di sekitarnya dan dorongan dari beberapa influencer.

Secara fundamental, PHA memiliki potensi yang baik akibat memberikan keamanan terhadap data privat dengan sistem yang terdesentralisasi.

Ia juga memberikan kemudahan untuk penggunanya melakukan transaksi pada jaringan yang berbeda atau cross-chain.

Phala Network juga baru saja mempublikasi hasil pembaruan sistem dan beberapa uji coba yang berjalan positif.

Baca juga: Cryptocurrency Pada Era Data Privacy

Sehingga dari sisi fundamental, nampaknya PHA dapat mengalami apresiasi yang signifikan pada pekan ini.

Sisi teknikal juga mendukung akibat pergerakan naik yang masih terlihat kuat secara garis besar walau terdapat risiko koreksi.

Grafik 4 Jam PHAUSD

Saat ini kemungkinan koreksi akan terjadi menuju $1,02 sebelum bergerak naik kembali menuju sekitar $1,19 pada pekan ini.

Namun sebelumnya, batas atas pada $1,1 harus berhasil ditembus dengan batas pengaman pada $0.94.

Saat ini pasar crypto masih terlihat positif terutama dengan banyaknya apresiasi crypto yang relatif baru sebagai inovasi.

Namun lima crypto ini menjadi pilihan utama Coinvestasi untuk pekan ini.

*Disclaimer

Seluruh pernyataan dalam artikel ini adalah pandangan dan analisis penulis pribadi dan bukan saran resmi untuk investasi atau trading. Kerugian dan keuntungan yang didapat dari analisis ini bukan tanggung jawab Coinvestasi dan merupakan tanggung jawab investor atau trader masing-masing.