Pengumuman Ini Bawa Sentimen Positif untuk Ethereum dan MakerDAO

Naufal Muhammad

10th March, 2021

Pengumuman “jembatan” penghubung antara Optimism dan Dai akan menjadi salah satu sentimen positif untuk MakerDAO dan Ethereum.

Pengumuman Kerja Sama Optimism-Dai

Dengan adanya “jembatan” penghubung tersebut, dikabarkan bahwa akan terjadi proses penarikan dana yang lebih cepat.

Sistem kerja sama ini akan diterapkan pada Tahun 2021, jika mengacu pada pengumuman yang disebarkan.

Stablecoin Dai yang diterbitkan oleh MakerDAO akan diperkuat melalui kerja sama pembaruan pada Layer-2 (L2) ini dari sisi kecepatan dan biaya.

Baca juga: Apa itu DAI dan Cara Kerjanya di MakerDAO

Optimism, platform pendukung Ethereum, akan memberikan teknologi pembaruan tersebut.

Dukungan teknologi ini disampaikan pada pengumuman 9 Maret 2021 di forum MakerDAO.  

Salah satu pendiri perusahaan Bellwood Studios, Sam MacPherson, menjelaskan, MakerDAO akan menerbitkan Dai di platform L2 Optimism.

Ia menambahkan,

““Jembatan” penghubung melalui kerja sama antara Optimism dan Dai akan memberikan peningkatan kualitas dalam implementasi beberapa hal.”

Ia menyatakan juga bahwa saat ini Optimism mewajiibkan periode dana terkunci selama tujuh hari saat ingin menarik dana kembali ke Layer-1 (L1) Ethereum.

Dengan adanya kerja sama dengan protokol MakerDAO, periode ini dapat dipersingkat sehingga membuat waktu penarikan dana menjadi lebih cepat.

Hal ini disebabkan adanya mekanisme yang membuat penarikan dana lebih cepat dengan mengunci Dai di L1 untuk menambang Dai di L2.

Selain itu di saat yang bersamaan, mekanisme tersebut memberikan akses agar stablecoin tersebut dapat dihapus atau burn untuk akses cepat kepada Dai di L1.

Positif untuk MakerDao dan Ekosistem Ethereum

Mekanisme menciptakan dan memverifikasi dua jenis Dai ini dijelaskan secara rinci pada forum MakerDAO.

Setelah penjelasan tersebut, MacPherson menambahkan,

“Semua ini akan menjadi “game changer” bukan hanya untuk protokol Maker namun juga ekosistem Ethereum karena adanya penyediaan pintu keluar yang cepat, anonim, dan terdesentralisasi dari optimistic rollups (sistem konstruksi pada L2).”

Dengan “jembatan” ini, MakerDAO memiliki kesempatan untuk menjadi pintu keluar utama dari Optimism.

Optimism sendiri menjelaskan bahwa solusi melalui kerja sama ini adalah cara yang “keren dan anggun”.

Pengumuman tersebut menyatakan bahwa implementasi akan terjadi dalam waktu dekat.

Baca juga: DaoMaker Kembali Hadirkan SHO Baru My Neighbor Alice!

Namun sistem penarikan dana yang cepat baru akan terjadi pada kuartal tiga hingga empat Tahun 2021.

Optimistic Rollups, salah satu sistem konstruksi pada L2, telah diuji oleh Synthetix yang baru saja juga mengumumkan transisi ke L2 pada pertengahan Januari 2021.

Uniswap juga dikabarkan akan mengikuti mayoritas protokol DeFi untuk menggunakan sistem Optimistic Rollups pada pembaruan V3 tahun ini.

Optimism telah mengumumkan pendanaan $25 Juta oleh Perusahaan Venture Capital, Andreessen Horowitz pada akhir Februari 2021.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.