3 Faktor Harga Ethereum Bisa Naik 100% di Kuartal Empat

Rossetti Syarief

8th October, 2021

Pada kuartal empat tahun ini, harga Etehreum (ETH) berkemungkinan besar naik hingga 100% jika pertemuan indikator teknis dan fundamentalnya mendukung.

Ethereum memiliki potensi naik dan menggandakan nilai pasarnya dalam beberapa bulan mendatang.

Harga ETH terpantau melonjak lebih dari 9% pada awal bulan ini hingga bernilai $3.300 untuk pertama kalinya dalam 10 hari. 

Cuan tersebut muncul diisukan setelah rebound harga di semua cryptocurrency teratas, termasuk Bitcoin (BTC), yang naik 9,5% hingga mencapai $48,000, level tertinggi dalam 10 hari.

Lantas apa pemicu harga Ethereum bisa naik 100% di kuartal empat ini?

Korelasi Antara ETH dan BTC Terhadap Kenaikan Inflasi AS

Ledakan pasar crypto pada awal bulan ini bertepatan dengan perilisan laporan Departemen Perdagangan Amerika Serikat tentang pengeluaran konsumen.

Data telah menunjukkan bahwa indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti di Amerika Serikat serta ukuran inflasi pilihan Federal Reserve, naik 0,3% pada Agustus dan naik 3,6% tahun-ke-tahun. 

Dengan demikian, inflasi inti telah berhasil melonjak ke level tertinggi dalam 30 tahun belakang.

Spekulan cenderung memperlakukan Bitcoin sebagai ‘pelindung nilai’ terhadap inflasi, yang menjelaskan respons terbaru benchmark cryptocurrency terhadap harga konsumen yang lebih tinggi di Amerika Serikat.

Sementara itu, korelasi rata-rata 30 hari ETH dengan BTC berada di dekat 0,89, sesuai data dari CryptoWatch. Hal ini yang kemudian mendorong ETH bergerak hampir sejajar dengan BTC.

Dan hingga saat ini, MicroStrategy telah memegang sekitar 0,5% dari total pasokan Bitcoin yang beredar, dan sudah bernilai lebih dari $6 miliar.

Pembaharuan dan Inovasi

Ethereum mengalami upgrade jaringan hard fork pada 5 Agustus silam yang berdampak pada peningkatan prospek bullish untuk koin tersebut, karena hukum klasik penawaran dan permintaan.

Dijuluki garpu keras London, pemutakhiran memperkenalkan protokol peningkatan, EIP-1559, yang memulai pembakaran sebagian dari biaya jaringan Ethereum, yang disebut biaya dasar. 

Sejauh ini, aktivasi EIP-1559 telah secara permanen menghapus 410.404 ETH (sekitar $1,32 miliar) dari pasokan aktif, menurut Watch the Burn.

Ethereum juga bersiap untuk mengubah mekanisme konsensusnya dari proof-of-work (PoW) menjadi proof-of-stake (PoS)

Akibatnya, ia telah meluncurkan staking pool yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hadiah dan menumbuhkan kepemilikan ETH.

Namun dengan syarat, mereka harus mengunci 32 ETH ke dalam smart contract PoS resmi untuk jangka waktu tertentu.

Dan menurut laporan terakhir, jumlah ETH yang disimpan dalam staking contract Ethereum 2.0 telah melonjak dari sekitar 11.500 pada November 2020 menjadi 7,82 juta ETH hari ini. 

Transisi yang dilaporkan telah secara efektif menghapus sementara 7,82 juta ETH dari peredaran.

Di sisi lain, jumlah total token ETH yang disimpan di semua bursa kripto telah turun ke rekor terendah. 

Dan menurut data yang dilansir dari CryptoQuant, pertukaran sekarang hanya memiliki 18,1 juta ETH dibandingkan dengan 23,73 juta ETH tahun lalu.

Pola ‘Cup and Handle’

Campuran antara penawaran yang lebih rendah dan permintaan yang lebih tinggi berfungsi sebagai  penghalang bullish untuk harga ETH. 

Sementara itu, lebih banyak bukti untuk penembusan sisi atas yang berasal dari pola Cup dan Handle pada grafik berjangka waktu lebih lama dari ETH.

Cup dan Handle sendiri adalah pola kelanjutan bullish, yang terdiri dari dasar pembulatan dan pengaturan saluran menurun.

Seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini, target keuntungan struktur biasanya memiliki panjang yang sama dengan tinggi maksimum Cup.

Selain mempertimbangkan level resistance Cup yang mendekati $4,000, breakout dari sana juga dapat mengirim ETH meroket ke angka $6,000, hampir dua kali lipat dari harga saat ini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik