Mining Ethereum Mudah Pakai Aplikasi Desktop Terbaru

Rossetti Syarief

24th September, 2021

Thorg namanya. Ini adalah aplikasi mining Ethereum gratis untuk PC di Jaringan Golem. Pengguna dibayar bukan dalam ETH, tetapi dalam token GLM Golem.

Pada satu waktu, ada jutaan mesin yang menambang Ethereum kemudian berkontribusi pada keamanan jaringan. Keamanan itu lah yang memvalidasi transaksi dengan imbalan kesempatan untuk mendapatkan beberapa Ethereum. 

Tetapi untuk membuat penambangan menjadi sebuah keuntungan, kebanyakan orang membutuhkan perangkat keras yang mahal dengan banyak daya komputasi.

Golem Network, platform berbasis Ethereum ini akan berbagi daya komputasi yang tidak digunakan kepada pengguna.

Mereka memberikan solusi kecil bagi siapa saja yang ingin berkontribusi ke jaringan tanpa harus ‘berusaha keras’.

Meskipun dibuat untuk para gamer atau penambang yang memang sudah memiliki komputer rumah dengan jaringan kuat, Golem menjanjikan aplikasinya akan menjangkau lebih banyak pengguna dengan mendukung lebih banyak jenis mesin dalam waktu dekat.

Meskipun ada cara lain untuk mining ethereum secara pasif di komputer rumah, memanfaatkan Golem Network dapat membantu pengguna dengan cepat meningkatkan sumber daya tanpa harus mengisi ruangan mereka dengan perangkat keras. 

“Karena ini bukan penambang atau skema penambangan biasa, tetapi proposal yang berbeda terhadap mesin yang tidak digunakan dan daya komputasinya, sejauh ini tidak ada pesaing langsung,” Ungkap CEO Golem Network, Piotr Janiuk.

Ada juga inovasi lain yaitu Golem analog dengan Filecoin. Ini adalah jaringan terdesentralisasi yang memungkinkan orang untuk menjual dan membeli penyimpanan komputer melalui token FIL. 

Hanya saja, alih-alih penyimpanan, Golem lebih memfasilitasi pembelian dan penjualan daya komputasi yang seharusnya tidak digunakan. 

Jika pengguna seorang gamer di malam hari dan memiliki kekuatan ekstra untuk berbagi di siang hari, mereka bisa mendapatkan kompensasi dalam token Golem, GLM, untuk menyewakannya.

Thorg juga menggunakan opsi Polygon, sebuah solusi penskalaan layer-2 yang digunakan untuk memfasilitasi pembayaran, sehingga menghindari biaya tinggi yang terkait dengan Ethereum. 

Dan seperti yang dicatat oleh halaman produk, jika pengguna ingin memindahkan GLM dari Polygon ke Ethereum, mereka harus membayar biaya dalam token MATIC asli Polygon untuk menutupi biayanya.

Namun, itu tidak masalah bagi mereka yang tidak ingin menerima ETH dan hanya menginginkan cara berintensitas rendah untuk menghasilkan pendapatan kripto. 

“Thorg meningkatkan platform Golem karena kasus penggunaan penambangan ini membuka cara baru dan menarik untuk menciptakan pasar yang sehat dan efisien dengan menyediakan alat tambahan untuk mengoptimalkan pendapatan pasif.” Kata Janiuk dalam siaran pers.

Dan sampai saat ini, kapitalisasi pasar Golem telah meningkat lebih dari empat kali lipat pada tahun lalu dan hanya mencapai $500 juta. Tokennya dihargai mendekati $0,50.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik