4

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Apa Itu Scalping Crypto? Cara Cuan Jangka Pendek

Scalping crypto adalah cara atau teknik trading dengan memanfaatkan momentum pergerakan harga dalam waktu yang singkat.

Umumnya trader yang melakukan gaya trading scalping membeli dan menjual atau membuka tutup posisi hanya dalam waktu hitungan detik hingga menit.

Tujuan Scalping

Scalping bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari volatilitas crypto yang berlangsung, karena itu scalping jika berhasil umumnya akan mendatangkan profit dalam waktu cepat karena proses trading berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. 

Strategi Scalping 

Metode Selisih Harga Jual-Beli

Beberapa bursa memiliki perbedaan dalam harga jual dan harga beli dari aset crypto yang disediakannya.

Tidak jarang trader memanfaatkan perbedaan harga ini jika perbedaannya dirasa cukup signifikan untuk mendapat keuntungan.

Perbedaan harga ini disebut sebagai spread, yang bisa menjadi tempat untuk bursa mengambil keuntungan. 

Contohnya adalah harga Ripple (XRP) dimana jika salah satu bursa memasang harga beli untuk penggunanya di Rp17.050 dan harga jual di 17.100. Terdapat potensi keuntungan Rp50 akibat perbedaan harga walau harga XRP tidak bergerak. Umumnya kondisi ini dimanfaatkan saat lebih banyak pembeli dibandingkan penjual.

Trading Konsolidasi Harga

Terdapat tiga tren atau arah pergerakan harga yaitu saat harga naik atau apresiasi, saat harga turun atau depresiasi, dan saat menyamping atau konsolidasi.

Bagi trader yang sudah kenal dengan metode price action, terdapat satu metode untuk melihat pergerakan harga yaitu dengan batas bawah atau support dan batas atas atau resistance.

Pada saat harga konsolidasi, cara analisis ini dapat digunakan oleh scalper untuk scalping yaitu dengan membeli saat berada di support dan menjual saat di resistance.

Umumnya scalper memanfaatkan volatilitas di kedua batas tersebut untuk mengambil keuntungan kecil sebelum suatu aset kembali bergerak dalam satu tren jelas.

Menggunakan Bot

Terakhir adalah menggunakan bot atau algoritma untuk memberikan kemudahan membuat keputusan dalam proses menjual atau membeli. Strategi ini sering dianggap paling mudah karena trader cukup mengikuti tanda yang diberikan.

Bahkan terdapat beberapa bot atau indikator algoritma yang membuat seluruh proses terjadi secara otomatis tanpa perlu campur tangan trader, tapi perlu diingat tipe bot sangat berisiko karena banyak pihak yang mengatasnamakan bot untuk penipuan.

Jadi jika ingin menggunakan bot, ada baiknya memilih bot yang dimana trader masih memiliki kendali dalam transaksi perdagangan aset.

Keuntungan dan Kerugian Scalping

Semua strategi perdagangan memiliki pro dan kontra, dan scalping tidak terkecuali. Scalping memiliki keuntungan untuk para trader yang bisa membaca tren pasar dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membuka serta menutup posisi, dengan scalping trader bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat dengan modal yang tidak terlalu besar. 

Namun kerugiannya bagi trader scalping yang salah langkah adalah kerugian yang akan berlangsung dengan sangat cepat dan hasil keuntungannya pun tidak terlalu besar. 

Perlu diingat, metode scalping ini sangat berisiko bagi trader yang tidak bisa membaca pergerakan arah harga, sehingga metode ini cocok digunakan oleh trader yang sudah ahli.

Baca juga: 7 Teknik Trading Bitcoin untuk Mendapatkan Keuntungan

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu scalping crypto?

Scalping crypto adalah cara trading dengan memanfaatkan momentum pergerakan harga dalam waktu yang singkat.

Berapa banyak keuntungan dari scalping?

Strategi ini menghasilkan keuntungan yang relatif lebih kecil karena memiliki waktu singkat hanya hitungan menit atau jam di mana umumnya aset keuangan hanya bergerak dalam persentase yang kecil.

Kemampuan apa yang harus dimiliki trader yang melakukan scalping?

Selain itu scalper juga memiliki tiga kemampuan utama yaitu konsistensi, kecepatan dalam eksekusi posisi, dan juga kemampuan analisis teknikal yang tinggi.

Apa saja strategi scalping crypto?

Metode selisih harga jual beli, trading konsolidasi harga, dan menggunakan bot.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin