Apa itu Staking NFT? Panduan untuk Pemula

Saat ini NFT bukan hanya sekadar karya digital yang bisa diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan. Seiring perkembangan industri non fungible token, kini ada cara lain untuk menghasilkan uang dari NFT yakni melalui staking NFT.

Apa itu dan bagaimana caranya? Dapatkan jawabannya di artikel berikut ini.

Staking NFT

Sebelum membahas staking ini mari kita pahami NFT lebih dulu. NFT adalah aset digital unik yang hanya terdiri satu dan tidak ada yang bernilai sama.

Artinya NFT Indah akan berbeda nilainya dengan NFT Bayu  ini berbeda dengan crypto pada umumnya, di mana Bitcoin milik Andi sama nilainya dengan Bitcoin milik Rani.  

Baca juga: Apa Itu Staking Crypto? Panduan Lengkap untuk Pemula

Dengan keunikannya ini NFT menjadi aset spesial yang dipertimbangkan jadi aset investasi karena nilai jual belinya bisa meningkat apabila NFT yang dibeli memiliki ekosistem yang menarik.

Staking karya digital ini juga membuka peluang bagi para kolektor untuk mendapatkan untung dari koleksi NFT mereka.

Ini juga menjadi cara memperoleh pendapatan pasif dalam sistem DeFi yang lebih beragam.

Staking NFT hampir mirip dengan staking crypto dengan mekanisme proof of stake, dalam staking NFT pemilik tidak perlu melepas kepemilkan aset digitalnya.

Staker cukup mengunci karya NFT dalam periode waktu tertentu sesuai dengan ketentuan platform. Nantinya staker akan memperoleh imbalan karena mengunci NFT di platform dan berperan  melindungi jaringan.

Hadiah yang diberikan tergantung pada NFT yang distake atau nilai total yang dkunci  (TVL), periode taruhan, dan APY atau tingkat bunga tahunan.

Cara Staking NFT

Pilih platform staking NFT

Langkah pertama adalah pilih platform yang menyediakan layanan staking, ikuti ketentuan dan syarat yang diberikan. Pilih NFT yang bisa distake, sebab tidak semua karya NFT bisa stake.

Hubungkan Wallet

Kedua hubungkan wallet tempat NFT yang ingin distake ke platform staking. Apabila sudah terkoneksi kamu bisa langsung melakukan staking dengan klik tombol stake.

Mulai Staking

Jika sudah kamu tinggal menunggu imbalan dari proses staking, setelah ditransfer, NFT dipertaruhkan dan hadiah akan terakumulasi.

Hadiah Staking NFT

Hadiah yang didapatkan dalam staking NFT tergantung para platform atau proyek NFT yang digunakan.

Umumnya hadiah imbalan yang diberikan adalah crypto yang bisa diperjual belikan di bursa. Imbalan bisa diberikan per hari, per minggu, atau per bulan.

Untuk tingkatan hadiah akan tergantung oleh berbagai faktor, misalnya kapasitas aset untuk mengembangkan aliran pendapatan seperti royalti.

Saat ini, investor crypto yang mencari hadiah crypto staking terbaik dapat memperoleh APR hingga 100% (terkadang lebih).

Platform Staking NFT

Splinterland

Ini merupakan game kartu berbasis blockchain yang memiliki token asli bernama SPS. Token tersebut bisa digunakan untuk staking dalam pertempuran peringkat, kumpulan likuiditas, dan kumpulan pemungutan suara tata kelola DAO.

Baca juga: 10 Game NFT Gratis Tanpa Modal

NFTX

Platform NFTX memungkinkan pengguna untuk membuat token ERC20 yang didukung oleh koleksi NFT. Di sini, pengguna menyetor NFT ke dalam vault NFTX, yang menghasilkan token ERC20 yang dapat dikomposisi dan sama dengan rasio 1:1.

Namun, vToken ini dapat digunakan untuk memperoleh NFT tertentu dari vault atau dipertaruhkan untuk hadiah hasil.

Doge Capital

Doge Capital adalah kumpulan NFT seni 5000 piksel yang dicetak di Solana Blockchain. Namun, mereka tersedia untuk dibeli di pasar Solana mana pun.

Doge Capital memiliki skema staking yang memberi penghargaan kepada pemegang NFT dengan token DAWG harian. Di sini, token utilitas asli Doge Capital, DAWG, tersedia di beberapa bursa, termasuk Dexlab dan Raydium.

Paras Id

Paras adalah marketplace NFT asal Indonesia, di platform ini pengguna bisa melakukan staking NFT yang memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendapat $PARAS sebagai imbalan.

Baca juga: Marketplace dan Kreator NFT Indonesia

BAYC

Pemilik Bored Ape Yacth Club sekarang dapat memperoleh penghasilan pasif menggunakan sistem staking.

Hal ini dimungkinkan karena pemilik NFT tersebut dapat staking Apecoin dan menerima $APE sebagai hasilnya.

Koin Ape adalah token tata kelola ERC20 yang akan digunakan untuk membangun komunitas koleksi yang terdesentralisasi.

Monster Polychain

Polychain Monsters adalah platform berbasis blockchain untuk NFT tertagih animasi yang dikenal sebagai Polymon, yang diperoleh melalui paket penguat digital. Namun, polymon memiliki berbagai karakteristik dan kelangkaan yang beragam.

Pemiliki Polymon dapat mempertaruhkan NFT mereka dan mendapatkan PMON, cryptocurrency asli Monster Polychain, setiap minggu.

Staking NFT, Investasi yang Menguntungkan?

Staking non fungible token ini masih terbilang baru di industri, sehingga masih dalam tahap eksplorasi.

Untung atau tidaknya investasi ini akan sangat bergantung pada platform yang digunakan dan NFT yang dipertaruhkan. Semakin bagus keduanya, bisa jadi semakin menguntungkan.

Untuk kamu yang ingin melakukan staking, jangan lupa untuk melakukan riset lebih lanjut untuk memahami risiko dan keuntungannya.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin