3

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

APY dan APR di Crypto: Definisi, Jenis, dan Perbedaanya

Apabila kamu baru memulai trading cryptocurrency, kamu akan dihadapkan oleh beberapa istilah yang membingungkan dua di antaranya adalah APY dan APR.

Dua istilah ini mungkin tidak asing di industri perbankan, tetapi bagaimana istilah ini diterapkan di crypto? Artikel berikut akan menjelaskan lebih dalam mengenai dua istilah tersebut.

Pengertian APY

Annual percentage yield atau APY adalah metode untuk menghitung jumlah uang yang diperoleh dari rekening pasar uang selama setahun. Dengan kata lain, ini adalah teknik untuk melacak bagaimana bunga terakumulasi dari waktu ke waktu.

Metode ini bertindak sebagai rekening tabungan cryptocurrency yang mirip dengan akun tingkat persentase tahunan. Investor dapat menyetor kripto dan menerima tingkat pengembalian atau bunga tetap selama periode waktu tertentu.

Bunga yang diperoleh di APY ini disebut sebagai bunga majemuk atau compounding rates. Jumlah ini mengacu pada jumlah yang diterima baik dari jumlah pokok (uang yang dimasukan ke rekening) dan bunga yang dihasilkan.

Hal ini membuat compounding rate menjadi instrument investasi yang cukup menjanjikan apabila calon investor mengerti cara memanfaatkannya.

Cara Menghitung APY

Untuk bisa menghitungnya kamu perlu memahami compound interest. Secara singkat compound interest adalah bunga yang diakumulasikan berdasarkan periode waktu tertentu.

Untuk menghitung APY secara manual adalah sebagai berikut.

APY= (1 + r/n )^n – 1

r = interest rate

n = periode compound interest (pada APY, biasanya n = 12 bulan)

Pengertian APR

Annual percentage rate atau APR adalah tingkat bunga tahunan yang dibebankan kepada peminjam untuk dibayarkan kepada investor.

APR juga dinyatakan sebagai presentase yang mewakili biaya tahunan selama jangka waktu pinjaman atau pendapatan yang diperoleh dalam periode investasi.

Ia juga termasuk sebagai biaya tambahan yang berhubungan dengan biaya transaksi dan tidak menghitung bunga majemuk seperti APY.

Cara Menghitung APR

Rumus APR
Rumus APR

Berikut cara menghitung apr :

P — investasi pokok

R — tingkat bunga (tahunan)

T — waktu (biasanya, jumlah tahun)

Jenis Investasi APY Crypto

Ada berbagai jenis investais yang memberikan APY crypto, di antaranya adalah sebagai berikut.

Staking

Pertama adalah staking, ini adalah metode penguncian aset kripto dalam periode waktu tertentu dan sebagai imbalan investor akan mendapatkan bunga.

Beberapa aset yang bisa distaking adalah Ethereum, Algorand, Cosmos, dan lain-lain.

Setiap aset dan platform yang digunakan memiliki presentase pendapatan bunga yang berbeda, jadi investor perlu melakukan riset lebih lanjut untuk menentukan tingkat bunga yang ingin didapatkan.

Baca juga: Apa Itu Staking? Panduan Lengkap untuk Pemula

Crypto Lending

Cara kerja crypto lending adalah investor meminjamkan asetnya kepada pengguna lain, sebagai imbalan investor akan mendapatakan bunga.

Crypto lending ini hampir mirip dengan pinjaman bank atau instrument tradisional lainnya, tetapi lending crypto biasanya memiliki imbal hasil yang lebih besar.

Baca juga: Apa itu Crypto Lending? Panduan Lengkap untuk Pemula

Yield Farming

Metode ini adalah meminjamkan kripto untuk mendapatkan lebih banyak kripto.

Yield farming bisa mendapatkan keuntungan lebih besar sesuai dengan risiko yag diberikan, sebab yield farming mengacu pada volatilitas harga, apabila kripto yang dipinjamkan turun jauh dari harga awal investor bisa mengalami kerugian.

Baca juga: Apa sih Yield Farming Itu? Panduan Untuk Pemula!

Perbedaan APY dan APR

APY mengacu pada bunga yang akan diperoleh, sedangkan APR mengacu pada bunga yang akan dibayar.

Annual percentage year memberikan tingkat presentase dari bunga yang diperoleh dalam setahun, sedangkan Annual Percentage rate adalah tingkat biaya kredit yang harus dibayarkan dalam satu tahun.

Memahami keduanya sangat penting untuk mengelola investasi yang dilakukan, termasuk di crypto.

APY dan APR ini seringkali diberikan oleh platform crypto misalnya untuk staking, earn, DeFi compound atau lending dan lain sebagainya.

Setiap platfrorm memiliki perbedaan untuk tingkat bunga yang diberikan dan dibebankan, sehingga investor perlu cermat untuk memilih agar bisa mengatur dana yang akan dikeluarkan dan didapatkan dalam berinvestasi.

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu APY?

Annual percentage yield atau APY adalah metode untuk menghitung jumlah uang yang diperoleh dari rekening pasar uang selama setahun.

Apa itu APR?

Annual percentage rate atau APR adalah tingkat bunga tahunan yang dibebankan kepada peminjam untuk dibayarkan kepada investor.

Apa perbedaan utama APY dan APR?

APY mengacu pada bunga yang akan diperoleh, sedangkan APR mengacu pada bunga yang akan dibayar.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin